Mengerti Lebih Banyak Tentang Local SEO
Agustus 27, 2014
Top 3 Hal Dalam Memilih Web Hosting
September 9, 2014
Show all

Pengertian SEO – Apa Itu SEO?

pengertian seo

Di jaman yang modern ini, kegiatan pemasaran tidak hanya melulu seputar iklan billboard, iklan televisi, atau event. Pemasaran sudah merambah hingga dunia digital, menciptakan yang namanya Digital Marketing. Disini Anda bisa mendapatkan perhatian publik melalui 2 cara. Bisa dengan cara yang berbayar seperti iklan digital atau cara yang ttidak perl mengeluaran biaya yang besar bahkan gratis. Cara ini disebut dengan SEO atau search engine optimization. Akan menjadi sebuah kerugian jika Anda tidak memanfaatan cara yan satu ini untuk menarik minat calon konsumen atau klien Anda. Bagi yang belum mengenal apa itu SEO, mari kita sama-sama mempelajri apa itu SEO.

Mengenal Apa Itu SEO, Cara Mudah Mendapatkan Organic Traffic

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda.

Penggunaan strategi yang tepat dapat meningkatkan bisnis Anda, namun apabila salah, bisnis anda tidak akan dapat di temukan dalam mesin pencari.

Sebagai contoh, untuk bisnis ‘toko bunga’, apabila ingin berada di halaman pertama saat pengguna internet mencari kata ‘toko bunga’ di mesin pencari (seperti Google, Yahoo, atau Bing), bisnis tersebut harus menggunakan SEO. Sama hal nya untuk toko online.

Masalahnya adalah, tempat di halaman pertama hasil pencarian (Search Engine Result Page – SERP) terbatas. Kurang lebih terdapat 10 tempat. Sedangkan setiap pemilik bisnis ingin agar bisnis mereka mendapatkan posisi teratas di halaman 1 hasil pencarian mesin pencari. Di sini adalah bagian penerapan strategi SEO. Jadi jika ada yang bertanya apa itu SEO, jawaban simpel nya adalah cara agar bisa dicari di google. Tujuan SEO yang ingin Anda dapatkan adalah website bisnis yang mudah ditemukan dan bisa membantu Anda untuk berjualan.

Sasaran utama Anda dalam pelaksanaan strategi pemasaran ini adalah untuk mendapatkan organic traffic, sebuah traffic yang didapatkan tanpa mengeluarkan biaya, dan juga mampu mendatangkan konversi jika di manfaatkan dengan baik. Dan tentu saja Anda ingin mendatangkan traffic yang tepat sasaran untuk bisnis Anda.

Untuk bisa mengeksekusi strategi ini dengan baik, alangkah lebih baiknya jika kita mempelajari fatktor apa saja yang bisa mempengaruhi kegiatan search engine optimization Anda. Sebelum itu, mari kita perhatikan jenis-jenis dari SEO berikut ini.

Jenis-Jenis SEO

Ada 3 jenis SEO yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis Anda, ketiganya adalah:

SEO On Page

SEO On page merupkan bentuk optimasi SEO yang dilakukan di dalam website Anda. Beberapa langkah optimasi SEO On page meliputi: permalink, judul konten, struktur konten, heading, kecepatan website, tema responsif, hingga internal linking. SEO On page adalah langkah yang sangat penting dalam menjalankan strategi pemasaran menggunakan search engine optimization.

SEO Off Page

Bila SEO On page akan mengoptimasi segala hal yang ada di dalam website, SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website. Karena ada faktor di luar website yang bisa berpengaruh terhadap kualitas SEO Anda lakukan. Salah satunya adalah backlink atau inbound link. Backlink akan menunjukan bahwa konten Anda menjadi rujukan website lain. Semakin banyak tentu semakin baik dengan catatan kalau website tersebut adalah website yang berkualitas. Google menilai website Anda sebagai website yang kredibel dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan peringkat pada hasil pencarian mesin pencari.

Technical SEO

Technical SEO merupakan proses optimasi website pada fase crawling dan indexing, yang akan menolong search engine untuk crawl, interpret dan meng-index website Anda. Sehingga dapat mengoptimalkan hasil SEO yang didapat. “Technical” karena tidak ada hubungan nya sama sekali dengan konten dan promosi website anda. Tujuan utama dari Technical SEO adalah mengoptimalkan infrastruktur website. Dengan SEO On page , SEO Off page, dan Technical SEO, 3 pilar inilah yang membangun dan memaksimalkan sebuah website. Contoh dari technical SEO adalah Robot.txt, Sitemaps, dan masih banyak lagi.

Bagaiamana Proses SEO Bekerja?

Algoritma mesin pencari adalah hal yang sangat penting dalam kegiatan peoptimalan SEO. Algoritma mesin pencari inilah yang akan menentukan konten mana yang layak mendapatkan ranking teratas dari hasil pencarian. Setiap macam mesin pencari pasti memiliki algoritma untuk menetukan hal ini. Proses yang akan dilakukan oleh search engine untuk bisa menentukan layaknya suatu konten adalah:

Crawling

Crawling adalah proses untuk mengumpulkan informasi dari seluruh website – dari satu halaman ke halaman lain, dari satu link ke link lainnya. Mencari sebanyak mungkin informasi dari sebuah website.

Indexing

Informasi yang terkumpul tadi akan disimpan dalam entry list: index.

Ranking

Setelah melewati dua proses di atas, saatnya algoitma mesin pencari menentukan apakah sebuah konten layak mendapatkn peringkat teratas ataupun muncul pada halaman hasil pencarian mesin pencari, terutama muncul di halaman pertama.

Mesin pencarai paling populer ,Google akan selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian yang relevan dan solutif bagi para penggunannya. Jika Anda ingin selalu unggul dari para pesaing, Anda harus selalu update mengenai algoritma Google ini. Trik lama tidak akan bisa bekerja jika diterapkan pada update algoritma mesin pencari yang terbaru. Jadi jika Anda ingin optimisasi mesin pencari yang baik, maka selalu perhatikan algoritma terbaru yang sedan digunakan oleh mesin pencari. Jangan sampai Anda ketinggalan, karena akan sangat rugi.

Yang perlu diperhatikan dalam SEO

Dalam pengaplikasian SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

Kompetisi

Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi untuk bisa meuncul pada hasil pencarian google, terutama di halamana pertama akan semakin tinggi.

Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi. Akan semakin sulit untuk mendatangkan pengunjung website.

Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

Website

Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, Anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF). Ataupun mengoptimasi website dengan baik, yang tidak hanya sekedar bisa mengakomodasi kebutuhan untuk mendatangkan pengunjung/traffic dari mesin pencarian, namun juga bisa menambah tingkat konversi.

Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari, atau mendapatkan peringkat halaman 1 di hasil pencarian google.

SEO Strategy

Banyak yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana mengaplikasikan strategi SEO. Tetapi perlu anda ketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.

Mereka yang menyalahgunakan pengertian SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO. Salah satu contohnya adalah keyword stuffing.

Keyword stuffing adalah praktik SEO yang akan memasukkan keyword sebanyak-banyaknya kedalam sebuah artikel. Taktik ini cukup efektif pada jaman dahulu, banyak sekali konten yang jelek serta singkat dan tidak relevan sama sekali namun tetap dimasukan keyword sebanyak mungkin. Bahkan yang membaca pun akan kebingungan dengan konten yang mereka baca. Jika saat ini Anda melakukan praktik black-hat SEO yang satu ini, maka bisa dipastikan bahwa Anda akan mendapatkan penalti dari Google.

Anda HARUS mengaplikasikan teknik SEO White-Hat. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa seo professional terpercaya.

fyi, White-hat-SEO tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan.

Lebih baik anda mendiskusikan penggunaan dan pengertian SEO kepada mereka yang telah mempelajari SEO sebelumnya atau kepada kami. Karena dalam melakukannya, akan ada beberapa hal yang perlu anda mengerti hingga anda mendapatkan hasil yang baik juga. SEO jika diterapkan dengan baik dan benar akan memberi dampak besar bagi bisnis Anda yang berkelanjutan. Maksimalkan potensi traffic untuk mendorong konversi pada website, pelajari selengkapnya Ilmu SEO bersama tim kami.

Ryan Kristomuljono
Ryan Kristomuljono
Internet Marketing & Website Consultant. Untuk membantu bisnis berkembang di dunia internet adalah tujuan saya dalam setiap meeting, conference, workshop, dsb. Get connected with me.

11 Comments

  1. rikosatrio berkata:

    Saya baru bikin blog tapi saya tidak tahu cara mendapatkan trafic

  2. Msy nur aini berkata:

    Ok

  3. Abdus Shomad berkata:

    Bener gan, white-hat SEO lebih aman, Pengalaman ane pake Black-hat gak lama nyungsep lagi rankingnya, padahal softwarenya mahal-mahal.

  4. sarif berkata:

    Bagus informasi singkatnya tentang SEO langsung mengenai dan mudah untuk difahami.

  5. Surya berkata:

    Keywordondomain itu termasuk seo apa bukan sih?

  6. Zanuar Rifai berkata:

    ssudha tobat menggunkan black hat, google semakin pinter, sedang mencoba white hat, butuh proses yang lumayan lama dan effort yang luar biasa

  7. rakhulaf berkata:

    jadikan netijen yang bijak

  8. diazM berkata:

    Sangat bermanfaat

    terima kasi

  9. charles jansens berkata:

    informasi SEO yang sangat bagus dapat membantu siapa saja yang ingin mengenal SEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *