Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website
Barisan Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website
Mei 6, 2020
Mockup Website Adalah
Mengenal Mockup Website dan Elemennya
Mei 6, 2020
Show all

Apa itu cPanel Website? Mengapa Harus Digunakan?

Apa itu cPanel Website

Apa itu cPanel Website

Ketika Anda memikirkan bagaimana sebuah website bisa bekerja dengan baik, sudah pasti itu bukanlah hal yang mudah. Dalam satu website, banyak sekali aspek dan elemen yang harus dipenuhi agar bisa membuat website bisa bekerja dengan optimal. Tidak hanya itu saja, berbagai hal yang harus ada untuk menunjang website yang memang tidak bisa diakses atau dilihat semua orang pun juga menjadi sangat penting. Salah satunya adalah cPanel. Sebenarnya apa itu cPanel website?

cPanel memang menjadi bagian yang sangat penting di dalam keberadaan website. Tanpa adanya cPanel, maka website tersebut tidak akan berjalan sempurna. Selain itu, cPanel juga menawarkan beragam kemudahan lainnya yang pasti tidak mungkin dilewatkan oleh siapapun.

Jadi, apa itu cPanel website? Mengapa harus menggunakan cPanel? Untuk menjawab dua pertanyaan ini, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Apa itu cPanel Website

Pada dasarnya, cPanel adalah sebuah pusat kontrol yang diberikan oleh web hosting agar bisa mengelola persoalan domain, hosting, hingga website itu sendiri. Hebatnya, cPanel bisa memudahkan proses hosting di dalam sebuah website. Selain itu dengan tampilan menu yang nyaman digunakan dan tidak membingungkan penggunanya, inilah yang membuat cPanel menjadi terkenal dan wajib digunakan pada hari ini.

cPanel juga bisa dijelaskan sebagai satu program yang bisa membantu Anda dalam mengurus website seorang diri. Merupakan kependekan dari Control Panel, cPanel bisa mengontrol hampir semua bagian di dalam website. Bahkan urusan domain hingga hosting pun bisa dilakukannya. Apalagi tampilan dashboard yang mudah dimengerti membuat cPanel memiliki keunggulan tersendiri.

Setelah mengetahui apa itu cPanel, pertanyaan selanjutnya adalah mengapa harus menggunakan cPanel?

Alasan Menggunakan cPanel

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cPanel menyimpan berbagai macam kemudahan yang bisa didapatkan ketika sudah dipakai. Selain itu masih ada lagi alasan utama untuk mau menggunakan cPanel, seperti:

                Bisa Mempermudah Dalam Mengurus Website

Alasan pertama mengapa harus menggunakan cPanel adalah bisa mempermudah dalam mengurus website. Siapa yang tidak ingin lebih mudah dalam menjalankan pekerjaan? Pasti semuanya ingin mendapatkan kemudahaan itu. Nah, untuk mengurus website, maka cPanel adalah salah satu alat atau bantuan yang bisa menunjang hal tersebut. Urusan domain, hosting, hingga website, sudah pasti bisa diurus oleh cPanel. Inilah mengapa cPanel menjadi alat yang sangat terkenal dan dibutuhkan pada hari ini.

                Mudah Dimengerti

Selain memudahkan pekerjaan, cPanel juga mudah dimengerti. Dengan sistem dashboard yang rapi dan teratur, maka lebih mudah dalam menggunakannya juga. cPanel memang ingin menjadikan pekerjaan yang awalnya sulit dan rumit ini menjadi lebih mudah. Selain itu, update yang terus dilakukan secara berkala juga memberikan kemudahan dan keamanan juga.

                Mampu Mendukung Berbagai Aplikasi

cPanel memang sudah bisa mendukung berbagai macam aplikasi. Dimulai dari PHP, Apache,, Postgres, Perl, Python, mySQL, serta BIND. Selain itu, layanan email seperti POP3, IMAP, sekaligus layanan-layanan SMTP juga bisa mendukung cPanel. Dengan fungsionalitas yang lebih bisa diterima oleh banyak aplikasi membuat cPanel lebih banyak digunakan oleh orang juga dibandingkan pesaing lainnya.

Baca Juga: Barisan Fungsi cPanel Dalam Penggunaan Website

Sekarang Anda sudah tahu penjelasan apa itu cPanel website. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *