SEO Report yang Baik untuk Klien Anda
Cara Membuat SEO Report yang Baik untuk Klien Anda
Maret 31, 2020
Cara Penggunaan Google Assistant
Cara Penggunaan Google Assistant Untuk Pemula
April 1, 2020
Show all

Barisan Aplikasi Untuk Online Meeting di Rumah

Aplikasi Untuk Online Meeting

Aplikasi Untuk Online Meeting

Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah sedang menjadi tren dalam beberapa minggu terakhir. Khususnya ketika pandemi Corona atau Covid-19 mulai muncul di berbagai negara secara masif, termasuk Indonesia. Akhirnya demi menghindari virus ini, maka diputuskan untuk bekerja di rumah. Padaha ada aktivitas dalam pekerjaan Anda yang mengharuskan meeting atau rapat dengan klien atau antar pegawai di kantor. Untungnya, sekarang sudah ada bantuan teknologi karena telah tersedia barisan aplikasi untuk online meeting di rumah.

Aplikasi untuk online meeting yang banyak tersedia pada saat ini sudah bisa Anda manfaatkan dengan baik asalkan Anda tahu apa saja namanya. Saat ini tersedia beberapa aplikasi yang bisa Anda pakai secara gratis. Walaupun ada yang versi berbayar juga, namun versi gratisnya sendiri sudah cukup membantu Anda. Apalagi tidak hanya bisa digunakan di laptop/PC saja, tetapi juga sudah bisa dipakai di smartphone.

Jadi apa saja aplikasi untuk online meeting yang bisa Anda optimalkan ketika harus kerja dari rumah seperti saat ini? Berikut ulasannya.

Zoom

Aplikasi untuk online meeting yang pertama adalah Zoom. Dari semua nama aplikasi yang ada di daftar ini, bisa dibilang Zoom menjadi yang paling terkenal. Untuk bisa menggunakan Zoom, Anda hanya perlu mengunduh software di laptop/PC atau aplikasi di smartphone secara gratis. Anda juga bisa menggunakan secara gratis juga dari awal tanpa perlu membayar sepeserpun.

Hebatnya lagi, Zoom bisa menampung hingga 100 orang di dalam satu conference call atau panggilan video. Selain itu, ada fitur lainnya yang sangat bermanfaat dalam pekerjaan, seperti membagikan layar Anda (screen sharing), membagi dokumen via Dropbox, Box, dan Google Drive, serta fitur untuk mengundang menggunakan e-mail ataupun nomor telepon. Memang untuk penggunaan secara gratis hanya maksimal 40 menit saja, tetapi habis itu tinggal membuat room yang baru lalu sudah bisa kembali melanjutkan aktivitas meeting.

Baca Juga: Aplikasi Zoom Meeting Untuk Online Meeting

Google Meet

Selain menggunakan Zoom, Anda juga bisa menggunakan Google Meet atau biasa disebut Hangouts Meet. Berbeda dengan Zoom, maksimal orang yang melakukan online meeting bisa menembus angka maksimal 250 orang. Selain itu, integrasi dengan berbagai produk Google lainnya, seperti membagikan dokumen lewat Google Drive, fitur text-to-speech yang mampu memunculkan caption, serta penjadwalan meeting  via Google Calendar juga bisa dipakai dengan Google Meet.

Fitur screen sharing juga tetap ada di Google Meet. Jadi ketika Anda ingin menunjukkan beberapa dokumen secara langsung kepada orang lain, mereka juga bisa membaca dengan jelas melalui fitur ini. Google Meet sudah tersedia di PC/laptop dan smartphone berbasis Android serta iOS.

Skype

Siapa yang tidak kenal Skype? Pada masanya, Skype menjadi aplikasi video call yang paling terkenal, sebelum munculnya Zoom dan Google Meet. Di dalam kondisi WFH pada saat ini, maka Skype juga bisa digunakan untuk melakukan online meeting. Maksimal diisi oleh 25 orang dalam satu kali panggilan, Skype bisa digunakn di laptop/PC, smartphone, hingga TV yang mendukung aplikasi Skype. Skype juga bisa digunakan sebagai media untuk berbagi pesan teks dan mendukung layanan telepon.

Itulah barisan aplikasi untuk online meeting di rumah yang bisa Anda gunakan. ToffeeDev juga sadar bahwa sekarang saatnya menggunakan layanan aplikasi ini untuk online meeting dengan klien, termasuk Anda. Pada saat WFH seperti ini, Anda tetap bisa berkonsultasi dengan kami melalui aplikasi di atas.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *