cara tingkatkan SEO pada wordpress
10 Cara Ampuh Meningkatkan SEO pada WordPress
September 16, 2019
Meeting To Discuss New Ideas
In-House VS Agency, Mana Yang Lebih Efektif Untuk Menjalankan SEO?
September 23, 2019
Show all

SEO atau SEM? Mana yang Lebih Efektif?

Perbandingan SEO atau SEM

SEO dan SEM, dua hal ini adalah bagian penting dari dunia internet marketing. Keduanya, SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah bagian dari search marketing.

SEO adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan anda, dengan cara yang organik.

Sementara itu SEM adalah strategi agar website anda mendapat trafik yang tinggi, melalui cara berbayar.  Seperti melakukan iklan PPC (pay per-Click) atau Sponsored ads.

Jka kita membicarakan mengenai penggunaan biaya, SEM tentu akan memakan biaya lebih banyak biaya. Terutama jika anda menggunakan Ads atau iklan, contohnya GoogleAds.

GoogleAds adalah salah satu cara untuk beriklan di internet yang paling dikenal orang awam. Dan juga memiliki cara pembayaran yang gampang, yaitu hanya bayar iklan yang mendapat interaksi saja.

Kita juga bisa mendapatkan spot khusus di SERP, dimana website kita dapat muncul di halaman awal dan bagian atas dari SERP.

Namun apakah SEM adalah cara yang paling efektif untuk mengiklankan website anda?

Disisi lain, SEO dapat dilakukan melalui cara-cara yang organic. SEO yang efektif terdiri dari 3 hal yaitu,

  • On-page SEO
  • Off-page
  • Technical SEO

On-page SEO adalah cara dimana anda memaksimalkan konten anda agar dapat di kenali oleh search engine, Off-page SEO adalah bagaimana kita mencoba mendapatkan backlink dari situs lain, sedangkan Technical SEO adalah  proses mengoptimalkan website anda pada fase crawling dan indexing.

SEO atau SEM? Mana yang Bisa Memberikan ROI yang Lebih Baik?

Kembali membicarakan mengenai biaya, Iklan berbayar atau sponsored ads akan men-charge anda untuk setiap klik. Namun, SEO yang efektif juga tidak gratis, terutama jika anda memiki target market tertentu.

Anda dapat dengan mudah menghitung Return of Invesment (ROI) dari strategi SEM, karena anda tahu mengenai biaya yang anda keluarkan. Hasil dari SEM juga bisa dirasakan dampak secara cepat.

Walaupun SEO membutuhkan waktu agar kita bisa merasakan hasilnya, tetapi kita dapat mengoptimalkan strategi kita dari waktu ke waktu tanpa harus kehilangan banyak hal.

sumber: lyfemarketing.com

Menurut Lyfe Marketing, SEO bisa memberikan return of invesment yang lebih baik. Karena kita bisa menyesuaikan beberapa hal agar SEO kita semakin efektif, seperti meningkatkan kualitas dari konten, desain dari website anda, atau menambahkan gambar untuk menarik perhatian dari pengguna internet.

Strategi Mana yang Memiliki Higher Sustainability?

Sebuah bisnis yang dibuat untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama, sangat butuh strategi marketing yang baik dan dapat dipercaya.

Bisnis dengan sustainabiity yang baik tentu akan memilki lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pengunjung yang akan mengunjungi website atau blog mereka. Yang berarti akan menambah conversion rate, dan berakhir menjadi valuable customer.

Menggunakan SEO adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan sustainability yang baik.

Strategi Mana yang Memiliki Performa Terbaik dalam Jangka Waktu Tertentu? SEO atau SEM ?

SEM akan memberikan anda beberapa keuntungan dalam waktu singkat.

Seperti brand awareness dan juga brand recognition yang instan, dapat menghasilkan revenue dengan cepat, dapat menumbuhkan bisnis anda dengan cepat, dan juga beberapa keuntungan yang lain

Namun setiap keuntungan ini akan bisa anda dapatkan selama anda membayarnya. Dalam jangka waktu yang panjang, hal ini akan sedikit memberatkan anda.

Sumber: wordstream.com

Sedangkan SEO, dalam jangka waktu yang pendek kemungkinan tidak akan memberikan keuntungan dengan instant.

Anda harus mengoptimalkan SEO anda untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Dalam jangka waktu yang panjang, SEO adalah solusi yang terbaik.

Bila anda sudah trending untuk sebuah keyword, anda hanya perlu melakukan on-page SEO untuk mempertahankannya.

SEO akan membantu anda untuk mendominasi pasar tanpa harus khawatir mengenai uang anda.

sumber: lyfemarketing.com

Kualitas Click-Through Rate Serta Cakupan yang Luas, Strategi Mana yang Harus Anda Pilih?

Bila kita melihat SERP, hasil dari ads akan berada bada bagian atas, dan memenuhi 30% dari halaman SERP. Sedangkan 70% nya diisi oleh hasil pencarian organic SEO.

Menjadi yang teratas dalam SERP belum tentu memberikan jaminan bahwa link anda akan mendapat klik. Banyak pengguna web yang cenderung memilih hasil dari SEO. Terlebih lagi halaman yang memiliki title tag yang lebih baik dan menarik dibanding hasil dari ads.

Tentu saja ada banyak faktor yang harus dilakukan untuk mendapatkan CTR yang tinggi, namun SEO akan memberikan kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan klik.

Tidak mudah untuk memprediksi apa yang akan pengguna tulis di search engine untuk menemukan website anda. Namun SEO dapat menyelimuti berbagai macam interest dari pengguna.

Competitive Advantage yang Bisa Didapatkan

Apabila anda memilih untuk fokus dengan SEO, anda dapat mengoptimalkan konten anda untuk dapat menarik perhatian pengguna. Berbeda dengan SEM, anda tidak akan dibatasi oleh budget yang anda miliki.

Namun SEO juga memiliki beberapa kelemahan seperti, waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil cukup lama, cukup kompetitif, konten yang berkualitas, dan backlink yang regular.

SEM akan memastikan iklan anda muncul di atas dari SERP. Dan juga memberikan anda kontrol penuh akan ads anda dan bagaimana iklan mereka muncul.

Ads juga akan memberikan anda kemudahan untuk menampilkan produk-produk anda. Terutama ketika anda menggunakan Google Product Listing PPS Ads.

Kelebihan SEM yang lain adalah feedback yang didapat secara Real-time. Yang akan memberikan anda informasi secara cepat tentang apa yang harus diperbaiki.

Namun tentu saja SEM membutuhkan biaya yang besar.

Bila kita membicarakan mengenai efektifitas dari kedua strategi, maka akan ada positif dan negatif dari kedua strategi.

Strategi mana yang akan anda gunakan tergantung dari berapa banyak budget yang akan anda keluarkan. Dan bagaimana hasil yang anda ingin dapatkan. Alangkah lebih baik jika anda memanfaatkan dua jenis strategi tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana menurut anda? Startegi mana yang kira-kira akan anda optimalkan? berikan pendapat anda pada kolom komentar dibawah ya.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *