Content writer adalah profesi yang dibutuhkan industri
Apa Tugas dan Fungsi Seorang Content Writer?
Maret 2, 2020
Organic Traffic Adalah
Apa itu Organic Traffic & Kenapa Website Membutuhkannya?
Maret 2, 2020
Show all

Social Media Marketing Adalah Strategi Penting Dalam Bisnis

Social media marketing adalah strategi penting bisnis

Social media marketing adalah strategi penting bisnis

Social media marketing merupakan salah satu bagian dari digital marketing. Yang bisa Anda jalankan untuk menggaet audiens yang lebih luas di social media. Karena saat ini adalah zamannya social media.

Tersedianya beragam social media adalah salah satu tanda dari betapa pentingnya social media saat ini. Anda dapat memanfaatkan hal ini untuk mengekspos konten-konten Anda kepada audiens yang lebih luas. Dengan memanfaatkan social media marketing tentunya.

Namun apa itu Social Media Marketing?

Social media marketing adalah bagaimana Anda mempromosikan produk atau layanan yang disediakan pada platform media sosial,dan  Anda akan memerlukan strategi tertentu untuk bisa berhasil.

Jadi bukan hanya sekedar membuat media sosial dan memposting saja, akan ada strategi yang harus dilakukan agar usaha Anda bisa efektif dan memberikan hasil yang maksimal.

Hal yang Penting dalam Social Media Marketing

Konten yang tepat

Membuat konten dalam social media marketing tentu saja harus sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Jadi tentukan apa tujuan dari social media marketing Anda, dan buatlah konten-konten yang bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan tersebut.

Rencanakan konten yang matang

Pastikan Anda membuat perencanaan yang matang untuk konten-konten apa saja yang akan diposting. Salah satunya adalah konten-konten holiday greetings. Pastikan Anda sudah membuat rencana yang matang, sehingga ketika hari spesial datang, Anda sudah memiliki konten yang bisa diposting di hari itu.

Konsistensi

Konsistensi adalah kunci utama dari social media marketing yang berhasil. Pastikan Anda memposting konten sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya, dan pastikan kualitas dari konten Anda tidak pernah menurun.

Analisa kompetitor

Bagaimana aktivitas sosial media dari kompetitor Anda? Konten seperti apa yang mereka posting kepada audiens mereka? 

Hal-hal ini menjadi poin penting yang bisa diperhatikan, karena pasti ada alasan di balik  setiap aktivitas marketing yang mereka lakukan. Anda bisa saja menemukan strategi konten yang jauh lebih menarik dibanding kompetitor Anda.

Analisa aktivitas sosial media Anda

Followers, likes, dan comments merupakan indikator yang standar dalam social media marketing yang harus Anda perhatikan setiap waktu. Angka-angka ini akan menunjukan keberhasilan dari campaign yang Anda jalankan.

Baca Juga: Facebook SEO: Cara Terbaik Memanfaatkan Media Sosial

Keuntungan dari Social Media Marketing

  1. Biaya yang lebih hemat

Membuat akun sosial media untuk bisnis bisa Anda lakukan secara gratis, namun Anda pasti akan membutuhkan team yang handal dalam membuat konten yang berkualitas. Dan Anda bisa mendapatkan audiens yang organik melalui social media marketing

  1. Kemudahan paid advertising

Selain audiens organik, Anda juga bisa mendapatkan audiens melalui cara paid advertising. Semuanya tergantung pilihan Anda, bila Anda memiliki budget yang lebih Anda dapat melakukan keduanya secara berdampingan. Facebook Ads adalah salah satu platform yang menyediakan pengaturan yang fleksibel untuk Anda.

  1. Social media presence

Social media presence saat ini sangatlah dibutuhkan oleh bisnis, karena konsumen akan mencari informasi mengenai suatu produk atau servis melalui social media dan menggabungkannya dengan pencarian dengan menggunakan mesin pencari. Oleh karena itu akan sangat baik jika brand atau bisnis Anda memiliki presence di social media.

  1. Customer relationship management tool.

Akun social media bisa Anda dapat dimanfaatkan sebagai sebuah tool untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Dengan menampung berbagai macam keluhan, saran, dan apapun yang konsumen rasakan, Anda akan tahu apa saja yang perlu diperbaiki secepatnya.

Apakah Anda ingin memanfaatkan social media marketing untuk bisnis Anda? Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *