Zero-Clik Dalam SEO
Optimasi Website untuk Mendapatkan Zero-Click Dalam SEO
Juli 10, 2020
Sekelompok orag mendiskusikan strategi Digital Marketing B2C
5 Jenis Strategi Digital Marketing B2C untuk Jangka Panjang
Juli 21, 2020
Show all

5 Strategi Digital Marketing B2B yang Efektif untuk Meningkatkan Konversi

2 Pria Menyusun strategi digital marketing B2B

Photo by Scott Graham on Unsplash

Ketika Anda memikirkan strategi digital marketing B2B, awalnya mungkin Anda langsung berpikir tentang mengirimkan pesan promosi langsung ke calon klien. Meskipun kemungkinannya berhasil, tetapi Anda juga perlu memikirkan strategi digital  marketing B2B untuk mendatangkan klien baru. Klien pada B2B cendering melakukan pencarian melalui Google untuk menemukan solusi kebutuhan mereka. Dengan demikian, diperlukan strategi digital marketing B2B yang efektif untuk menjaring klien-klien tersebut. Lalu, apa saja strategi digital marketing B2B yang cocok untuk diterapkan? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Riset dan Penargetan Secara Demografis

Salah satu kelebihan dari strategi digital marketing B2B adalah target pasar yang lebih mudah didefinisikan dan disempurnakan daripada B2C marketing. Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui siapa target pasar Anda, apa yang mereka cari atau butuhkan, bagaimana mereka berkomunikasi, apa minat mereka, perilaku pembelian, besaran uang yang biasa dikeluarkan, dan seterusnya.

 

Setelah riset dilakukan, Anda dapat membuat keputusan yang lebih berdasar sebagai pemilik bisnis, bukan hanya untuk menjalin hubungan baik target audiens, tapi juga untuk memberikan Anda dasar yang objektif dalam mengukur hasil pemasaran. Anda juga dapat mempersempit target pasar jika ingin menghemat waktu dan biaya dalam proses strategi digital marketing B2B.

 

Bangun Website yang Efektif

Website B2B ibarat katalog online yang dapat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam melakukan transaksi. Maka dari itu, Anda perlu membuat website yang efektif, baik dari segi kenyamanan pengunjung maupun ketika digunakan untuk melakukan tes, evaluasi, dan optimasi.

 

Untuk membangun website B2B yang efektif, Anda disarankan untuk melakukan hal-hal sebagai berikut:

  • Gunakan tools yang dapat melacak feedback pengunjung website;
  • Optimasi user experience (UX) website;
  • Review tools terbaru yang akan digunakan untuk menunjang content marketing website:
  • Manfaatkan tools analytic seperti Funnels, Google Analytics, dan sejenisnya.

 

Search Engine Optimization (SEO)

SEO menjadi salah satu teknik marketing UTAMA yang perlu diterapkan dalam B2B. SEO dapat membantu postingan dalam website Anda menempati urutan teratas pada hasil pencarian search engine berdasarkan keyword research yang telah Anda lakukan. Menjalankan SEO membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra, karena hasilnya tidak bisa dirasakan saat itu juga. Bahkan, Anda mungkin membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan.

 

SEO termasuk investasi jangka panjang. Ketika website Anda dapat ditemukan dengan mudah melalui mesin pencari, maka potensi Anda menghasilkan konversi juga semakin besar.

 

Jika Anda sekiranya memerlukan bantuan dalam mengoptimasi SEO website Anda, Toffeedev digital marketing agency Jakarta menyediakan Jasa SEO berkualitas untuk segala jenis bisnis Anda. Kami siap membantu Anda meningkatkan peringkat website Anda pada mesin pencari dan memberikan konversi terbaik bagi bisnis Anda.

 

Content Marketing

Sekitar 49% dari B2B meningkatkan konten marketing dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu tujuan dari konten marketing adalah agar target pasar Anda dapat memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan. Berikut beberapa cara yang dapat Anda gunakan:

  • Menetapkan channel primer dan sekunder yang akan digunakan sebagai media konten marketing;
  • Membuat studi kasus B2B;
  • Membuat blog pendukung;
  • Menggunakan jasa digital marketing, influencer maupun iklan.

 

Email Marketing

Email marketing memang bukanlah sesuatu yang baru, namun cara ini masih memberikan potensi keberhasilan yang cukup tinggi. Dengan email marketing, Anda dapat berkomunikasi langsung dengan mereka yang secara sukarela mendaftarkan email-nya di website Anda.

 

Dengan mendaftarkan email, artinya mereka tertarik dengan bisnis Anda dan sedang menunggu tawaran atau konten dari Anda. Jika Anda berhasil memanfaatkan kondisi ini, keberhasilan Anda sudah di depan mata.

 

Itu dia beberapa strategi digital marketing B2B yang dapat Anda terapkan. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda? Tuangkan ide Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *