Dua orang mendiskusikan Apa Itu SEO dalam Digital Marketing
Memahami Apa Itu SEO dalam Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis
Juli 27, 2020
Salah satu bentuk Model Bisnis Subscription adalah netflix
Kunci Kesuksesan Model Bisnis Subscription
Juli 27, 2020
Show all

Strategi Link Building SEO Berkualitas Terbaru 2020

Sesorang Merancang Strategi Link Building SEO

Photo by NeONBRAND on Unsplash

Membangun strategi link building SEO  merupakan hal yang paling sering disarankan oleh pakar dalam meningkatkan visibilitas dan traffic website. Strategi link building SEO adalah suatu proses untuk mendapat backlink dari website lain menuju website Anda sendiri. Lalu, bagaimana cara menerapkan strategi link building SEO yang berkualitas? Berikut penjelasannya.

 

Perbaiki Semua Kesalahan Teknis Website

Error teknis yang biasa terjadi bisa membuat user experience Anda buruk. Jika terjadi seperti itu, Google akan membatasi pertumbuhan organic traffic Anda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghindarinya agar backlink Anda bisa berfungsi maksimal. Bayangkan jika Anda sudah berhasil meraih pengunjung dari backlink yang mereka klik di website lain, namun mereka mengalami kendala dalam mengakses page di website Anda, tentunya semua usaha Anda akan sia-sia. Beberapa isu teknis yang biasa dialami adalah kecepatan loading, tampilan yang kacau karena website tidak mobile friendly, konten yang ganda, dan 404 error. 

 

Anda dapat mengetahui penyebab mengapa link website Anda tidak bisa dibuka di sini.

 

Perkokoh Site Architecture

Site architecture yang kuat sangat berdampak positif pada bagaimana link equity Anda didistribusikan ke website Anda. Semakin baik site architecture Anda, sebenarnya makin sedikit pula backlink yang Anda butuhkan. Hal ini biasa disebut sebagai “reverse silo”. 

 

Bagaimana cara kerjanya? Posisikan bagian-bagian backlink Anda dengan strategis sesuai prioritas yang mana yang lebih besar kemungkinannya untuk diakses orang. Misal, dibandingkan klik category page, pengunjung website akan lebih tertarik klik judul atau gambar post-nya langsung. Maka tempatkan latest post atau other post Anda di tempat-tempat yang mudah dilihat dan diakses pengunjung website Anda.

 

Hasilkan Konten Berkualitas

Bagaimana Anda mendefinisikan konten yang berkualitas? Tentunya syarat pertama harus dipenuhi adalah konten yang mendalam dan unik soal suatu topik . Misalkan, Anda ingin membuat review mengenai suatu film pada blog post Anda. Jika Anda hanya mengulas film tersebut secara garis besar atau seperti pada ulasan umumnya, konten Anda pasti singkat, tidak bernilai dan tidak unik. 

 

Cobalah untuk menambahkan nilai personal pada konten Anda dan dukung dengan banyak multimedia yang menarik untuk dibaca. Anda bisa membagi pembahasan ulasan film tersebut menjadi beberapa bagian mendetail semacam “Efek CGI pada Film”, “Kemampuan Akting Para Aktor”, dan “Plot Film”.

 

Terapkan Guest Blogging

Website-website yang sudah populer di mesin pencarian dan memiliki domain authority tinggi harus Anda jadikan teman. Membangun koneksi dengan high authority site bisa jadi sangat menguntungkan bagi website Anda. Nilai authority mereka bisa turut mendongkrak nilai authority website Anda lewat backlink-backlink yang ada. Inilah yang dinamakan dengan guest blogging. Istilahnya, Anda menjadi “tamu” bagi website orang lain yang memiliki nilai DA lebih tinggi.

 

Bagaimana caranya? Cobalah untuk meminta mereka membuat link ke page atau konten-konten yang ada di website Anda atau sebaliknya. Sebenarnya, dengan membuat konten yang berkualitas saja, website atau orang lain akan secara natural ingin membuat link ke website Anda. Mengapa? Karena orang tentunya mengutip atau menyarankan hal-hal yang bagus dan berkualitas kepada orang-orang lainnya.

 

Pastikan Backlink Anda Bersih

Poin terakhir ini tak kalah penting. Anda perlu meninjau kembali apakah website yang menghasilkan backlink pada Anda memiliki riwayat website yang baik atau bersih. Sebab, website yang kerap kena penalti dari mesin penelusur semacam Google bisa turut menurunkan peringkat Anda di mesin penelusuran. Jadi, bagaimana bila ada website buruk yang membuat backlink terhadap website Anda? 

 

Cobalah mencari cara untuk mengontak mereka dan memohon dengan baik-baik agar mereka meniadakan link tersebut. Biasanya, pengelola website melakukannya dengan email. Soal website yang bersih itu sendiri, sebenarnya bisa dilihat dari mana saja? Biasanya berupa website yang konten-kontennya memuat link-link buruk semacam click bait. Website dimana pengunjung akan segera keluar dari page sesaat setelah mereka mengetahui mereka ditipu atau dipancing, sehingga bounce rate-nya tinggi. Bounce rate yang dimaksud diukur dari waktu singkatnya sebuah seorang web visitor tetap pada suatu page (mengakses page tersebut). 

 

Selain itu, Anda juga bisa mencari faktor lain apa saja yang biasa menjadikan sebuah website dikenakan penalti oleh mesin penelusur semacam Google. Bila suatu website memenuhi faktor-faktor penalti tersebut, maka website tersebut tidak datang dari lingkungan yang bersih dan Anda perlu segera memberhentikan adanya link ke website tersebut. Koneksi Anda layaknya pada kehidupan sosial di dunia nyata Anda, di mana Anda didukung oleh relasi-relasi yang membangun demi reputasi dan kesuksesan Anda sendiri.

Nah, itu dia beberapa cara membangun strategi link building SEO yang berkualitas. Apakah Anda memiliki ide lainnya? Tuangkan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *