faktor seo on page
6 Faktor Penting dalam SEO On Page
Oktober 2, 2019
cpc adalah
Segala Hal yang Perlu Anda Tahu tentang Cost Per Click
Oktober 3, 2019
Show all

Temukan Cara Untuk Menarik Traffic Selain dari Google

Setiap pemilik website menjadikan Google sebagai sumber traffic mereka. Ini bukan hal yang salah, mengingat jumlah pengguna Google yang kini mencapai 1.17 miliar pengguna di seluruh dunia.

Ketergantungan dengan traffic ini dapat menjadi hal yang cukup riskan, mengingat Google tidak kebal dari yang namanya isu ataupun masalah.

Seperti bug dalam Google Indexing bulan April lalu. Bug yang terjadi akibat Medic update, sebuah update yang mempengaruhi core dari algoritma secara luas dengan target website-website medis.

Masalah dari update ini adalah beberapa website tidak di index oleh Google dan juga adanya masalah di search console.

Masalah ini sudah diatasi per agustus. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa di masa depan, masalah ini akan dapat terjadi lagi.

Oleh karena itu, anda harus memiliki sumber traffic diluar dari hasil pencarian Google.

 

Coba Produksi Video Content & Promosikan di Youtube

Video content yang baik adalah yang dapat menarik perhatian dan menarik traffic menuju situs anda.

Youtube memiliki lebih dari 1 miliar pengguna, anda tidak bisa meremehkan Youtube sebagai sumber traffic. Youtube memang dimiliki oleh Google, namun apabila terjadi sebuah perubahan dalam algoritma di Google, traffic yang menuju website anda dari youtube tidak akan terpengaruh.

Berpindah dari konten tertulis menuju konten video (atau melakukan keduanya.) akan membantu anda menarik traffic.

Anda bisa membuat konten video berdasarkan konten yang sudah ada sebelumnya di situs anda, dan mengemasnya dengan baik dalam bentuk video. Dan mencoba untuk mengalihkan para penonton video menuju situ anda.

 

Traffic dari Search Engine yang Berbeda.

Dengan banyaknya situs yang berfokus ke Google, tentu hal ini menjadi sangat kompetitif. Mengingat jumlah website yang akan semakin bertambah seiring berkembanya zaman.

Oleh karena itu kita harus mencoba untuk mendapatkan traffic dari search engine yang berbeda. Seperti Bing atau Yahoo.

Bing sendiri memiliki jumlah unique search sebanyak 524 juta di seluruh dunia. Bing merupakan default search engine untuk produk microsoft, Amazon kindle, dan Apple Siri.

Yahoo search juga menggunakan Bing sebagai engine pencarian mereka. Dengan memaksimalkan SEO di Bing, maka anda juga mendapatkan keuntungan di Yahoo search.

Google memang lebih pintar dari pada BIng. Bing masih menggunakan cara kuno dan bergantung terhadap keyword dibandingkan Google yang memprioritaskan user intent. Walaupun kuno, Bing lebih mudah untuk dimanfaatkan.

 Gunakan Keyword anda di URLs, title tags, headlines, meta descriptions, dan di dalam konten anda maka anda sudah siap untuk mengoptimalkan Bing. Meta tags adalah hal yang sangat penting di Bing.

Kompetitor di Bing juga tidak terlalu banyak, dan anda harus memaksimalkan keuntungan ini.

 

Konten Audio, Cara Baru untuk Menarik Traffic

Konten audio sebelumnya bukanlah hal yang baru, kita tentu sudah mengenal yang namanya radio dan juga cukup sering menggunakan nya. Namun konten radio jaman dulu kurang spesifik dalam membahas sesuatu.

Seiring dengan berkembangnya internet, maka konten audio juga berubah. Kini banyak siaran radio melalui internet dibanding gelombang radio yang kualitasnya terkadang kurang bagus. Lalu ada juga yang namanya podcast.

Podcast bersifat rekaman (ada juga yang bersifat live) dan memiliki topik yang spesifik dan dapat di download melalui internet.

Anda bisa mengubah konten tulisan anda menjadi konten audio.

Podcast memiliki kompetisi yang tidak terlalu besar, dan sangat engaging dengan para pendengarnya. Popularitas yang semakin tinggi dan sifat dari podcast yang mobile friendly juga menjadi poin utama bagi anda untuk menggunakan konten audio untuk menarik traffic.

 

Sumber Traffic dari User-Generated Content.

Ada banyak bentuk dari user-generated content seperti forum diskusi, dan komen blog yang tidak spam. Untuk strategi ini dasar nya dengan memanfaatkan segala bentuk organic traffic yang akan datang dari konten yang dibuat user, seperti situs yang mereview sesuatu.

Contohnya adalah :

  • Yelp.com
  • Google My Business
  • Amazon.com
  • TripAdvisor.com
  • Yellowpages.com
  • BBB (Better Business Bureau)
  • Manta.com
  • Foursquare.com

Situs-situs yang memberikan review seperti ini akan dapat menarik traffic, karena ketika orang-orang melihat review yang diberikan untuk situs ataupun sesuatu yang anda tawarkan melalui website anda kemungkinan akan menarik perhatian orang-orang yang melihatnya, dan akan membuat mereka memiliki keinginan untuk melihat informasi secara lebih lanjut.

Cara-cara diatas dapat anda gunakan untuk menarik traffic menuju website anda tanpa bergantung dari Google. Namun bukan berarti anda harus mengabaikan traffic yang datang dari Google.

Bagaimana pendapat anda? Apakah ada cara-cara lain yang anda ketahui? Silahkan bagikan di kolom komentar.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

1 Comment

  1. Jens Z berkata:

    Bner banget ni mas, hanya bergantung pada satu search engine terlalu riskan, terlebih seperti google dengan algoritmanya yang selalu dinamis dan diluar dugaan..
    Terima kasih tips nya.. salam sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *