Bisnis Plan
Bisnis Plan Terbaru untuk Adaptasi Menghadapi New Normal
Juli 6, 2020
Cara Mengembangkan Bisnis
4 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal dengan SEO
Juli 6, 2020
Show all

Terapkan SEO yang Tepat Untuk Target Pasar Tanpa Batas

Target Pasar

Target Pasar

Digital marketing bisa disebut sebagai jawaban dalam bisnis online. Ketika bisnis Anda ingin mendapatkan eksposur yang lebih besar di dunia maya, maka digital marketing harus Anda lakukan sejak awal. Ada satu strategi dalam digital marketing yang bisa Anda lakukan, yaitu SEO (Search Engine Optimization). Dengan SEO, Anda bisa mendapatkan target pasar yang besar dan bahkan tanpa batas. Tapi bagaimana caranya?

Bagi yang belum tahu, SEO adalah salah satu strategi dalam digital marketing. Dalam beberapa waktu terakhir, semakin banyak pebisnis yang sadar bahwa mereka bisa mengoptimalkan SEO untuk bisa membuat brandnya lebih dikenal di dunia maya. Apalagi setiap bisnis memiliki target pasar masing-masing. Dengan SEO, maka target pasar yang diinginkan bisa lebih mudah untuk ditargetkan.

Namun dalam perjalanannya, apa saja seluk beluk dalam SEO? Bagaimana cara memaksimalkan SEO? Simak jawaban lengkapnya di bawah ini.

Pemikiran yang Salah Dalam SEO

Ketika banyak orang melihat bahwa SEO bisa menaikkan nilai bisnis menjadi lebih tinggi, banyak yang berpikir bahwa semua itu bisa didapatkan dengan cepat. Memang, semua orang ingin mendapatkan hal yang diinginkan dengan lebih cepat. Namun pada kenyataannya, itu semua tidak bisa didapatkan secara cepat kalau apa yang dilakukan tidaklah tepat.

Di dunia maya, banyak pihak yang menjanjikan bahwa website bisnis Anda bisa muncul di halaman pertama Google Search Engine dengan secepat mungkin. Namun sebenarnya apa yang mereka jual bisa dibilang benar dan salah juga. Ya, halaman website Anda bisa cepat berada di halaman pertama Google Search Engine asalkan kompetisi dari keyword yang dioptimasi itu bernilai kecil. Begitu juga dari sisi negatifnya. Tidak semua bisa didapatkannya secara cepat dalam SEO. Semua butuh proses. Namun hasil yang didapatkan bisa lebih long lasting dan selalu progresif.

Jenis Bisnis yang Cocok Untuk SEO

Melihat betapa bergunanya SEO, bisa dibilang semua jenis bisnis cocok untuk menggunakan SEO. Dimulai dari bisnis B2B, service company, B2C, e-Commerce, retail, teknologi, dan lainnya. Bahkan tidak ada batasan untuk penggunaan SEO dalam industri apapun. Semua bisnis bisa mendapatkan manfaat besar dari SEO. 

Namun biasanya bisnis yang menggunakan SEO itu lebih ke bisnis yang masih merintis dan ingin menjadi lebih besar lagi. Selain itu, grup bisnis besar juga sering memanfaatkan dalam menaikkan awareness produk dari lini bisnis mereka. Intinya apa? Tidak batasan bisnis yang cocok untuk SEO. Semuanya bisa dioptimalkan dengan SEO. Semakin awal Anda menerapkannya, maka exposure Brand Anda semakin tinggi dalam masyarakat. 

Cara Memaksimalkan SEO

Fokus utama SEO adalah menaikkan brand awareness di internet sehingga semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda. Tapi bagaimana cara memaksimalkannya? Anda bisa mengkombinasikan SEO dengan iklan online yang biasanya menggunakan Google Ads. 

Jika ternyata keyword yang Anda optimalkan dengan SEO yang tepat memiliki CPC yang tinggi, maka Anda sangat beruntung dibanding kompetitor lainnya. Anda tidak perlu membayar mahal untuk muncul di halaman pertama dengan keyword tersebut. Bayangkan jika Anda mengoptimalkannya dengan beberapa kampanye marketing Anda, maka kualitas Brand Anda semakin kuat, karena eksistensi dalam halam pertama Google maupun iklan pada platform lainnya. 

Itulah berbagai pengertian mendalam tentang SEO yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan target pasar secara optimal. Jika Anda yang ingin mengetahui SEO lebih dalam, Anda bisa belajar di kelas SEO Fundamental Course bersama Ryan Kristo Muljono, CEO & Founder dari ToffeeDev. Dengan banyaknya pengalaman dalam dunia digital marketing, maka ilmu yang diberikannya bisa Anda terapkan menjadi strategi digital marketing dalam bisnis. Untuk informasi lebih lengkap terkait kelas ini, klik di sini.

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *