Offline Conversion
Offline Conversion: Mengukur Efektivitas Bisnis di Dunia Nyata
Februari 6, 2020
APLIKASI SEO UNTUK MENINGKATKAN TRAFFIC WEBSITE
5 Aplikasi SEO Untuk Meningkatkan Traffic Website
Februari 7, 2020
Show all

Tertarik Punya Blog? Ini Cara Membuat Blog Di WordPress 

Cara Membuat Blog di Wordpress

Cara Membuat Blog di Wordpress

Meluapkan kreativitas Anda pada saat ini bisa dilakukan di mana saja. Dari kehidupan nyata hingga kehidupan maya, Anda bisa membuat suatu hal demi bisa menumpahkan rasa kreativitas Anda. Biasanya ada dua format yang sering digunakan oleh sebagian besar orang, yaitu gambar dan tulisan. Untuk gambar, Anda bisa menggunakan Photoshop sebagai medium. Untuk tulisan sendiri, blog menjadi medium yang paling sering digunakan. Dengan membuat blog, Anda bisa menulis berbagai macam artikel yang sesuai dengan pilihan Anda sendiri. Bisa tentang kuliner, fashion, beauty, teknologi, dan sebagainya. Salah satu platform blog yang sering digunakan adalah WordPress. Tapi sebenarnya, bagaimana cara membuat blog di WordPress?

WordPress adalah salah satu platform blog yang saat ini menjadi pilihan orang untuk membuat blog. Dalam WordPress sendiri ada versi gratis dan versi berbayar. Keunggulan dari WordPress adalah untuk versi gratis sendiri tetaplah terlihat bagus dan mudah untuk digunakan. Keberadaan Dashboard yang menjadi manajemen konten dan sistem dari WordPress bisa membuat Anda lebih kreatif dalam membuat tulisan di blog. Bagi yang tertarik untuk mempunyai blog sendiri, inilah cara membuat blog di WordPress.

1. Buka WordPress.com di Browser Anda

Di dalam halaman tersebut, akan ada tombol “Buat Situs Web” atau “Start Your Website”. Klik tombol tersebut untuk membuat website Anda. Namun sebelum itu Anda harus memiliki akun WordPress terlebih dahulu. Jika belum ada, buatlah terlebih dahulu.

2. Masukkan Nama Blog Anda

Anda diharuskan untuk mengisi domain dari blog Anda. Gunakan kreativitas anda untuk mengisi domain ini. Jika nama tersebut ditolak, itu artinya sudah ada pihak yang terlebih dulu menggunakan nama tersebut.

3. Isi Form Sesuai Informasi yang Diminta

Setelah sudah membuat nama domain blog Anda, selanjutnya Anda bisa mengisi alamat email, username, dan password. Alamat email yang digunakan haruslah aktif karena WordPress akan mengirimkan email konfirmasi pendaftaran ke sana. Username pun harus berbeda dibandingkan yang lain karena jika ditolak oleh WordPress, berarti sudah ada yang menggunakan nama tersebut. Terakhir gunakan password yang kuat agar blog Anda tidak mudah dimasuki oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Mixed Content Akan Diblok oleh Google Chrome

4. Pilih Paket Blog

Setelah itu, Anda akan diminta memilih paket dari WordPress. Ada tiga paket yang ditawarkan yaitu WordPress Pemula, WordPress Premium, dan WordPress Business. Masing-masing memiliki keunggulan. Untuk bisa membuat blog gratis, maka pilihlan WordPress Pemula.

5. Atur Blog Anda

Selanjutnya Anda diminta untuk mengisi judul blog, slogan, dan bahasa yang akan digunakan untuk mengisi blog Anda nantinya. Kemudian pilih tema yang sesuai. WordPress menyediakan berbagai macam tema gratis yang bisa Anda pilih. Terakhir, Anda bisa menghubungkan blog tersebut ke media sosial yang Anda miliki. Dengan memanfaatkan media sosial, maka postingan blog Anda bisa lebih banyak dibaca orang.

6. Konfirmasi Email

Langkah terakhir adalah konfirmasi email Anda. Setelah itu, selamat! Blog di WordPress milik Anda telah jadi dan sudah bisa digunakan sekarang juga.

Itulah cara membuat blog di WordPress yang bisa Anda lakukan saat ini juga. Mudah, bukan? Memang WordPress memang salah satu Content Management System (CMS) terbaik saat ini karena mudah dalam membuat blog di sana dan mudah juga untuk digunakan sehari-hari. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.

 

 

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *