Strategi Social Media Holiday
5 Langkah Membangun Strategi Social Media Holiday
Februari 3, 2020
Search Network Campaign
5 Fokus Area Untuk Tingkatkan Search Network Campaign
Februari 3, 2020
Show all

Inilah Tren-Tren SEO yang Akan Mengisi Tahun 2020

Tren SEO Tahun 2020 1

Tren SEO Tahun 2020 1

Tahun baru tentu akan memunculkan tren-tren baru yang akan membawa dampak yang baru dan berbeda untuk Anda. Maka, akan lebih baik jika Anda mulai mempelajari ataupun mengenal tren-tren ini, berikut adalah beberapa tren SEO tahun 2020 yang diprediksi akan sangat berguna.

1. BERT & User-Focused Optimization

BERT adalah algoritma yang diluncurkan oleh Google di tahun 2019 dan membawa banyak perhatian bersamanya.

BERT akan sangat penting untuk perangkingan, ditambah dengan algoritma featured snippet menunjukan bahwa Google akan semakin memfokuskan hasil pencarian berdasarkan user intent.

Oleh karena itu optimasi yang berfokus pada user adalah pilihan yang tepat. Konten-konten akan dikostumisasi sebisa mungkin untuk memenuhi user intent. 

Seperti memperhatikan suggested queries dibandingkan memanfaatkan keyword research tool, sesuai dengan yang disampaikan oleh Eli Schwartz seorang growth consultant dan advisor.

Ada baiknya jika Anda semakin memfokuskan waktu dan resource Anda untuk membuat sesuatu yang berfokus terhadap user.

2. High-Quality, Optimized Content

Konten tidak akan bisa dipisahkan dengan SEO, khususnya dalam tren SEO tahun 2020. Konten tetap akan mempengaruhi seluruh yang ada di SEO.

Relevan dan valuable adalah kriteria konten yang akan sangat berguna di tahun 2020. Mengikuti poin pertama mengenai user-focused optimization, maka konten yang relevan dan valuable bagi user akan menghasilkan hubungan yang mutualisme.

Jesse McDonald, Global SEO Strategist, IBM, dan Jessica Levenson, SEO & Content Strategy Consultant mengatakan bahwa 2020 adalah saatnya meninggalkan obsesi terhadap keyword.

Berhenti mengejar pageviews, menjadikan individual keyword sebagai target, dan menyebarkan konten yang tidak memiliki value apapun.

Salah satu poin lainnya yang harus Anda perhatikan adalah kanibalisasi konten. Lakukan konten audit untuk dapat memastikan tidak adanya konten yang saling mengkanibalisasi satu sama lain.

3. E-A-T

E-A-T tetap menjadi salah satu poin penting yang menjadi perhatian penting dari Google.

Perusahaan dengan reputasi yang buruk, atau memiliki isu dengan servis akan sangat sulit bersaing.

Trust akan menjadi isu yang penting, masalah trust ini tidak hanya memanifestasikan diri sebagai ulasan dan feedback mengenai merek Anda, tetapi juga berupa masalah teknis atau keamanan di situs Anda.

Terutama untuk website yang membuat konten dengan YMYL (Your Money, Your Life) queries akan sangat membutuhkan E-A-T. Akan dibutuhkan expertise yang baik serta kredensial untuk menulis topik YMYL.

Maraknya konten yang palsu ataupun fake news juga menambah tingkat kepentingan dari E-A-T.

Baca juga: Realita yang Sering Dihadapi Seorang SEO Profesional

4. UX & Technical SEO

UX merupakan tren yang harus diberikan fokus yang lebih oleh para SEO profesional. Experience mulai dari halaman SERP hingga experience di landing page, ditambah dengan experience setelah meninggalkan website Anda adalah hal yang penting di tahun 2020.

Technical SEO adalah salah satu bagian penting dari UX.

Faktor yang selalu berperan penting dari dahulu adalah site speed dan pagespeed, dan tidak akan ada bedanya di tahun 2020. 2 faktor di atas akan berperan penting dalam meningkatkan kualitas dari UX Anda.

Akan terjadi perubahan dalam ekosistem SEO yang lebih teknikal, mulai dari penggunaan frameworks Javascript, PWAs, dan SEO automation untuk website yang besar.

5. Mobile SEO

Mobile-First strategy sudah mulai menjadi bagian yang penting dalam beberapa tahun terakhir, tentu saja pengoptimalan SEO untuk mobile akan menjadi hal selanjutnya.

Website yang mobile friendly sekaligus dioptimasi dengan baik adalah langkah pertama Anda, lalu Anda dapat membuat website untuk desktop Anda.

Pelajari juga mobile SERP untuk dapat memahami tren ini dengan lebih baik.

6. Structured Data

Konten yang berkualitas tinggi memang penting, namun search engine masih sulit untuk memahami konteks dari sebuah konten.

Salah satu “hint” yang bisa Anda berikan untuk memahami user intent yaitu dengan menstruktur data dengan baik agar dapat dimengerti oleh search engine dengan baik. 

Struktur data yang semakin baik dapat meningkatkan analitik, sehingga dapat mengukur bagian mana dari konten yang akan mendorong hasil dan dapat menggunakan data ini untuk strategi lainnya.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan 5 SEO Tools Gratis Untuk Website Anda

7. Entity dan Knowledge Graph Optimization

Salah satu bentuk entity yang bisa dimanfaatkan adalah lokal SEO Anda. Karena di tahun 2020 trend pencarian akan lebih banyak ke arah real-world object.

Anda dapat mengoptimasi untuk Google Knowledge Graph, dan memastikan bahwa akan muncul di knowledge panel.

Akan sangat baik jika Anda menggunakan konten untuk membuat website Anda menjadi sebuah entities. Tulisan semantic akan memberikan user journeys yang lebih baik, dan juga akan membuat Google melihat konten Anda sebagai konten yang bagus.

8. Link Building dan Brand Building

Link building yang berguna adalah link building yang mementingkan konsumen terlebih dahulu.

Link building dengan Editorial yang direncanakan seperti black friday akan menjadi salah satu fokus yang penting di 2020.

Carrie Rose, Co-founder / Creative Director, Rise at Seven juga memberikan insight bahwa di 2020 ink building akan lebih mengarah ke brand building, dimana setiap link yang dibuat akan berusaha untuk memberikan traffic sekaligus mendorong brand.

9. Focus pada Visibilitas

Kehadiran pencarian zero-click di 2019 telah merubah landscape dari SEO, dan hal ini akan tetap berlanjut di 2020.

Meningkatkan optimasi pada featured snippet adalah salah satu pendekatan yang bisa dilakukan, ataupun menggunakan schema terbaru seperti FAQ dan HowTo, ataupun image targeting juga cara yang bisa dilakukan.

10. Programming

Ada baiknya jika Anda mulai belajar bahasa pemrograman di tahun 2020. Phyton dan R bisa menjadi awal yang baik.

Automation SEO dapat membebaskan Anda dari task-task yang cukup memakan waktu, menurut Britney Muller, Senior SEO Scientist, Moz.

10 tren ini di atas akan menjadi hal yang harus Anda perhatikan di tahun 2020, ada baiknya jika Anda mulai mengkostumasi strategi Anda dengan menjadikan tren-tren di atas sebagai patokan untuk mendapat hasil yang baik di 2020.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda tentang tren SEO tahun 2020? Atau ada masukan untuk artikel ini? Silahkan tulis dalam kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Habiburachman
Habiburachman
Digital Marketing - Providing best practice to your business

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *