Cara Menambahkan Metode Pembayaran
Cara Menambahkan Metode Pembayaran di Google Play
Juni 28, 2020
Belajar Marketing Funnel
Pengertian dan Belajar Marketing Funnel 
Juni 29, 2020
Show all

Tugas Marketing Executive & Kemampuan yang Harus Dimiliki

Tugas Marketing Executive

Tugas Marketing Executive

Dalam dunia marketing, cukup banyak jabatan yang terdapat di dalamnya. Salah satunya adalah marketing executive. Sebenarnya apa itu marketing executive? Mungkin Anda termasuk jarang mendengar jabatan ini. Biasanya untuk urusan marketing, jabatan yang dikenal itu ada community officer, product manager, project manager, account manager, dan lainnya. Namun sebenarnya tugas marketing executive juga sangatlah penting.

Ya, dalam marketing, tugas utama yang pastinya ada di setiap jabatan di dalam divisi ini adalah menjalin hubungan baik dengan klien, instansi, atau perusahaan yang memang penting untuk bisnis Anda. Salah satu tanggung jawab tersebut juga menjadi bagian dari marketing executive. Namun selain itu, masih ada penjelasan mendalam tentang jabatan ini dan juga kemampuan yang harus dimiliki agar bisa menjadi marketing executive handal. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Tugas Marketing Executive

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, marketing executive adalah menjalin hubungan baik dengan klien. Apapun bentuk kliennya. Dimulai dari instansi pemerintahan hingga perusahaan. Selain itu, marketing executive juga bertugas untuk memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnisnya sendiri. Inilah mengapa seorang marketing executive harus bisa menjalin hubungan baik setiap waktu kepada para klien. Jika tidak bisa, maka masalah bisa muncul dan pastinya berbahaya untuk kerja sama yang sudah dijalankan. 

Pentingnya posisi marketing executive juga membuatnya dinilai sebagai ujung tombak perusahaan untuk bisa terus maju. Jika kinerja marketing executive cenderung buruk, maka perusahaan bisa  mengalami kemunduran. Hal inilah yang dinilai dari seberapa hebat seorang marketing executive bisa mencapai target penjualan yang sudah dibuat sejak awal oleh pihak manajemen perusahaan.

Kemampuan Marketing Executive

Untuk bisa menjadi marketing executive yang baik, tentunya diperlukan beragam kemampuan yang wajib dimiliki. Tanpa adanya beberapa kemampuan di bawah ini, maka kinerja seorang marketing executive bisa menjadi kurang baik dan akan merugikan pihak perusahaan. Apa saja kemampuan yang wajib dimiliki marketing executive?

  • Kemampuan Berkomunikasi

Tentu saja kemampuan utama yang harus ada di dalam diri seorang marketing executive adalah kemampuan berkomunikasi. Dengan kemampuan berkomunikasi yang baik, maka marketing executive bisa menjalin hubungan yang baik untuk setiap klien yang ada. Inilah mengapa dalam setiap hubungan, apapun bentuknya, komunikasi menjadi nilai yang sangat penting. Tanpa adanya kemampuan berkomunikasi, maka kerja sama yang dijalankan bisa rusak di tengah jalan.

  • Kemampuan Negosiasi

Tidak hanya harus memiliki kemampuan negosiasi, marketing executive itu juga harus memiliki kemampuan negosiasi. Dengan jago negosiasi, maka kerja sama yang dijalin bisa menghasilkan pundi uang yang menguntungkan bagi perusahaan sendiri. Jadi dari segi biaya, sudah pasti akan sesuai dengan pekerjaan yang nantinya dilakukan.

  • Kreatif

Seorang marketing executive harus memiliki kemampuan berpikir secara kreatif. Dengan begitu, dari sisi komunikasi, analisa, strategi untuk memasarkan produk, hingga cara negosiasi yang baik juga bisa lebih jago lagi.

Itulah penjelasan tentang tugas marketing executive dan kemampuan yang harus dimiliki agar bisa memberikan dampak yang besar di dalam perusahaan. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *