200 Faktor Ranking Google yang Perlu Anda Ketahui (Part 4)
September 10, 2019
cara tingkatkan SEO pada wordpress
10 Cara Ampuh Meningkatkan SEO pada WordPress
September 16, 2019
Show all

Yuk, Kenalan dengan 5 SEO Tools Gratis Untuk Website Anda

flat design illustration concept for seo. concept for web banner and promotional material.

SEO telah menjadi sebuah kewajiban jika Anda ingin menggunakan internet untuk mempromosikan usaha Anda. Dengan SEO, Anda akan mendapatkan trafik yang potensial serta peningkatan awareness untuk brand Anda.

Untuk dapat mengungguli para pesaing anda, strategi SEO yang optimal sangat dibutuhkan. Namun jika Anda belum paham cara, serta belum tahu tools apa saja yang digunakan untuk mengoptimalkan sebuah strategi SEO. Bagaimana anda bisa melaksanakan stategi yang sudah dirancang dengan baik dan lancar?

Saat ini tools SEO yang bisa anda manfaatkan berjumlah 190 tools, gratis ataupun berbayar. Namun anda tidak perlu menggunakan seluruh tools yang ada. Apalagi jika anda baru mengenal dan belajar SEO.

Berikut adalah 5 tools yang bisa anda gunakan secara gratis, untuk belajar ataupun membantu anda dalam menjalankan strategi SEO anda:

Technical SEO

Sumber: technicalseo.com

 

Technical SEO adalah proses mengoptimalkan website anda yang akan memberikan dampak secara langsung ataupun tidak langsung kepada crawling, indexing, dan juga ranking. Contohnya pada page elements, HTTP header responses, XML Sitemaps, redirects, meta data, dan lain-lain.

Beberapa tools yang bisa digunakan adalah:

  • txt tester

Robots.txt adalah sebuah ketentuan untuk mencegah web crawler atau bot lainnya, dalam mengakses seluruh atau sebagian website dan memiliki pengaruh terhadap visibilitas situs anda.

Tools ini akan memeriksa apakah URL anda diblok, statement bagian mana yang diblok, dan untuk user agent yang mana. Anda juga dapat memeriksa apabila resource ( CSS, JavaScript, images) di halaman anda tidak diperbolehkan.

  • Hreflang Tags Testing Tool

Hreflang adalah sebuah script yang dietakan pada sebuah website. Dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada search engine bahwa website anda memiliki alternatif bahasa selain bahasa standar yang telah digunakan.

Tools ini akan dengan mudah dan cepat memerikas apabila hreflang tags pada sebuah halaman (HTML dan HTTP header), atau XML sitemaps-nya sudah benar.

  • Schema Markup Generator (JSON-LD)

Gunakan Schema.org structured data generator untuk menciptakan JSON-LD markups dengan segala item dan properti yang dibutuhkan.

Anda bisa menciptakan berbagai skema JSON-LD untuk artikel, breadcrumb, event, FAQ page, dan How-to dengan mudah.

 

Neil Patel – SEO Analyzer

Sumber: neilpatel.com

 

Anda bisa menggunakan tools ini untuk melakukan beberapa hal seperti:

  • SEO Analysis

Anda bisa mendapatkan laporan analisis website, yang akan menunjukan segala SEO error yang harus anda perbaiki untuk meningkatkan peringkat anda.

  • SEO Checker

Dapatkan list yang komplit mengenai hal-hal yang menghambat anda untuk mencapai spot teratas di Google.

  • Site Speed

Cek kecepatan situs anda yang akan berpengaruh terhadap convension rate dan seberapa tinggi posisi yang anda dapatkan di SERP.

  • SEO Audit Report

Audit report untuk SEO anda. Yang akan memberikan laporan yang membantu untuk meningkatkan SEO anda. Serta instruksi bagaimana melakukannya.

  • Backlink Cheker

Analisa backlink anda untuk mendapatkan informasi mengenai domain score dan keseluruhan traffic metric anda. Dan ketahui juga mengenai backlink kompetitor anda.

 

Yoa.st/json

 

Sumber: https://yoa.st/json/

 

Tools ini akan membantu anda dalam membuat skema dari script JSON-LD yang akan di input ke Google Tag Manager melalui custom HTML.

JSON-LD (JavaScript Object Notation for Linked Data) akan memberikan data dari website yang dapat dibaca dengan mudah oleh search engine untuk mempromosikan website anda di SERP.

 

SEO Review Tools

Sumber: seoreviewtools.com

 

Adalah tools yang bisa digunakan untuk memeriksa konten duplikat dan canonical tag.

Canonical tag adalah cara untuk memberithukan search engine bahwa sebuah URL secara spesifik merupakan halaman yang asli dari halaman-halaman duplikat lainnya. Ini akan mencegah konten yang anda buat adalah konten yang duplikat.

Tools ini gratis namun memiliki beberapa keterbatasan.

 

SEOquake (Extension)

Sumber: seoquake.com

 

SEOquake adalah sebuah add-ons atau extension gratis yang bisa anda gunakan di dalam browser anda. Extension ini akan memberikan anda informasi mengenai Pagerank, Alexa Rank, Bing Index, Index Google, dan masih banyak lagi.

Dan cukup efektif untuk memeriksa URL satu-persatu.

Sebenarnya masih banyak lagi tools gratis yang bisa anda gunakan, namun 5 tools diatas adalah yang cukup sering digunakan.

Bagaimana pendapat anda? Apakah ada tools gratis lain yang bisa digunakan? Silahkan tulis di kolom komentar.

 

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

1 Comment

  1. MediaManfaat berkata:

    Terimakasih banyak ilmunya suhu… Sangat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *