Berikut Adalah Tipe Konten Yang SEO Friendly, Apakah Web Anda Termasuk?
Oktober 18, 2018
Beberapa Rekomendasi Plugins WordPress – Toffeedev Sharing Monday
Oktober 22, 2018
Show all

10 Langkah Tepat Menjadi Seorang SEO Specialist

Seo specialist adalah pakar SEO yang memiliki keahlian khusus dalam hubungannya dengan internet marketing. Tugasnya adalah mengoptimasi website agar dapat menaikkan ranking-nya sehingga muncul di halaman pertama Google saat seseorang mengetikkan sebuah keyword yang relevan dengan konten website tersebut.

Kehadiran pakar SEO dapat membantu meningkatkan perolehan traffic ke website Anda sekaligus menaikkan potensi pendapatan dari hasil pembelian produk/jasa di website tersebut.

Apakah Anda ingin tahu cara menaikkan traffic pada website Anda dan mengaplikasikan teknik SEO untuk meningkatkan pemasukan dari website? Ada baiknya kita membahas topik ini dengan pemahaman berikut!

SEO Expert vs SEO Professional

Ada perbedaan mendasar antara SEO Expert dan SEO Professional. SEO expert adalah seseorang yang memahami bagaimana cara kerja SEO dan mengaplikasikannya untuk meningkatkan ranking sebuah website. SEO professional adalah sebuah profesi yang menerima jasa konsultasi SEO atau memberikan layanan SEO dengan cara menerima proyek.

Mengapa Anda perlu memahami perbedaan dari dua istilah di atas? Karena Anda tidak perlu menjadi keduanya untuk menjadi specialist bidang SEO untuk website Anda sendiri.

Keuntungan menjadi SEO specialist

  • Meningkatkan traffic ke website Anda

Tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website Anda. Semakin banyak pengunjung, itu artinya konten Anda menarik perhatian mereka. Jika Anda memahami teknik-teknik untuk mengoptimasi website, Anda dapat memperoleh penghasilan secara online.

  • Tidak bergantung pada jasa SEO professional

Memiliki keahlian SEO membuat Anda terbebas dari ketergantungan memakai jasa pihak ketiga.

  • Mengurangi budget

Anda juga dapat menghemat budget, terlebih jika Anda adalah seorang blogger yang bekerja sendirian. Anda dapat menggunakan budget tersebut untuk keperluan lain selain menyewa konsultan SEO dari luar.

  • Memahami apa yang website Anda butuhkan

Ketika Anda memahami sedikit tentang SEO, Anda mulai mengerti apa saja yang dibutuhkan oleh website Anda agar teroptimasi dengan baik. Ketika Anda memutuskan untuk menyewa jasa SEO, Anda tahu apa saja yang Anda butuhkan. Ini akan memudahkan Anda untuk membuat keputusan dalam mengambil paket-paket yang ditawarkan oleh penyedia jasa SEO.

  • Menjadi marketing manager yang baik kompeten

SEO merupakan unit kerja departemen pemasaran. Dengan memahami SEO, Anda memiliki portfolio yang lebih bagus dibandingkan dengan manager yang tidak paham soal ini.

  • Menyelamatkan bisnis secara online

SEO tidak lagi menjadi sebuah pilihan, melainkan keharusan. Website yang tidak mementingkan SEO tidak akan bisa berkembang di dunia online, apalagi dengan banyaknya bisnis yang muncul di niche yang sama dengan Anda. kompetisi akan semakin ketat dan aplikasi SEO dapat membantu website Anda dilihat lebih banyak orang.

10 Langkah Menjadi SEO Specialist

Setelah Anda mengetahui apa saja keuntungan belajar SEO, kini saatnya mulai mempelajari ilmu digital marketing yang penting ini.

Langkah-langkah di bawah ini adalah cara tercepat untuk memahami SEO

  1. Memahami cara kerja mesin pencari

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui cara kerja mesin pencari. Umumnya seseorang yang sering menggunakan internet pasti sudah paham konsep-konsep dasar mesin pencari dan Google

  1. Mencari tahu konsep dasar SEO

SEO termasuk dalam lingkup digital marketing. Dari diagram ini, Anda bisa memperoleh gambaran, dimana letak SEO di dalam internet marketing dan bagaimana SEO bisa digunakan bersama dengan toolsyang lain agar lebih menaikkan ranking website Anda.

  1. Memahami makna SEO yang sebenarnya

SEO tidak hanya melulu tentang keyword dan link. Lebih dari itu, misi SEO yang sebenarnya adalah untuk memberikan pengalaman bagi user dan memberikan apa yang mereka inginkan. Tujuan Anda memakai SEO sebaiknya tidak hanya untuk memperoleh pendapatan semata tetapi juga meningkatkan pengalaman pengunjung dan mempertahankan kustomer Anda.

SEO punya beberapa sub-komponen yang penting:

  1. Pilihlah pelatihan SEO yang tepat

Dengan banyaknya informasi yang ada di internet, tidak mungkin semuanya bisa diterapkan di website Anda dan ini akan membuat Anda semakin bingung. Saat ini banyak professional yang menawarkan pelatihan SEO yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat menghemat banyak waktu dengan belajar dan praktek langsung bersama mentor berpengalaman dan mengurangi kesalahan yang bisa Anda buat karena ketidakpahaman Anda terhadap SEO.

  1. Selalu update informasi seputar SEO

SEO bukan ilmu yang statis. Seiring dengan bertambah pintarnya algoritma Google, teori dan praktek SEO bisa berubah seiring dengan waktu. Sebagai catatan, Google melakukan perubahan sistem algoritma sebanyak 250 kali dalam setahun. Bisa dibayangkan apa pelajaran yang Anda dapatkan tahun lalu belum tentu bisa dipakai tahun ini?

Pakar SEO seharusnya memahami perubahan dinamis ini dan bisa bergerak cepat mengaplikasikan sistem yang baru pada website-nya. Lalu bagaimana Anda bisa mengupdate informasi seputar SEO? Anda bisa subscribe newsletter atau website relevan dan terpercaya yang membahas topik-topik SEO agar tidak ketinggalan zaman.

  1. Memilih SEO tools yang tepat

SEO tidak dapat digunakan secara mandiri. Dalam prosesnya membutuhkan data pelengkap dan tools lain yang bisa mendukung analisa agar hasil yang didapat sesuai tujuan. Memang beberapa tools ini bisa sangat mahal namun ini adalah ‘investasi’ untuk website Anda agar dapat menghasilkan pendapatan dan traffic yang lebih banyak lagi.

Berikut adalah contoh tools yang dapat Anda pakai:

Google Webmaster Tools

Google Webmaster adalah aplikasi gratis yang paling tepat untuk menganalisa SEO. Informasi yang diberikan cukup lengkap untuk membantu Anda mengambil keputusan SEO.

Google Analytics

Google juga memiliki aplikasi gratis Google Analytics yang dapat Anda gunakan untuk mencari tahu berapa traffic yang masuk ke website Anda serta laporan navigasi dan hal-hal penting seputar konten Anda. Bagi pemula, tool ini wajib digunakan.

SEMRUSH

SEM tool yang satu ini memang tidak gratis namun bagi Anda yang membutuhkan analisa lengkap tentang PPC, riset keyword, link building, media sosial serta website kompetitor, tool ini akan sangat membantu Anda dengan fitur-fiturnya yang lengkap.

Ahrefs

Ahrefs adalah alternatif dari SEMRUSH dan dengan berlangganan bulanan, Anda dapat memperoleh insight lengkap untuk menaikkan ranking Anda. Jika masih ingin mencobanya, Ahrefs menyediakan fitur gratis selama tujuh hari sebelum memutuskan untuk membeli.

  1. Praktekkan ilmu SEO Anda

Setelah belajar banyak teori, Anda akan lebih cepat menyerap ilmunya bila langsung dipraktekkan. Setiap website memiliki keunikan sendiri-sendiri dan mempraktekkan SEO ke dalam website Anda akan membuat Anda mengenal lebih jauh tentang apa saja kebutuhan website Anda. Anda bisa membaca studi kasus website lain yang sukses menerapkan SEO ke dalam proyek mereka sambil mencari inspirasi untuk website Anda sendiri.

  1. Ajarkan keahlian Anda kepada orang lain

Berbagi ilmu akan mendatangkan lebih banyak ilmu bagi Anda. Cara terbaik untuk belajar SEO adalah dengan membagikan ilmu yang Anda dapatkan kepada orang lain. Anda akan terkejut akan banyaknya informasi baru yang bisa Anda peroleh dengan membagikan apa yang Anda tahu kepada orang lain. Anda bisa gunakan platform media sosial untuk membagikan pengalaman Anda ini.

  1. Bersabar

Tidak ada yang instan di dunia ini. Termasuk SEO. SEO membutuhkan waktu untuk mengukur kesuksesannya. Apa yang tidak berhasil dalam satu minggu ini bukan berarti tidak berhasil sama sekali. Jika Anda ingin hasil yang instan, SEO bukan solusinya, karena SEO lebih mengedepankan hasil jangka panjang untuk bisnis Anda – dengan mendatangkan traffic organik ke website Anda.

Sebelum Anda memakai jasa SEO specialist, pastikan Anda juga mencatat ranking website dan traffic Anda dari waktu ke waktu sebagai perbandingan.

  1. Ikuti nasihat para pakar SEO

Pakar SEO memiliki jam terbang yang cukup tinggi di dunia internet marketing. Akan ada masanya dimana Anda sebagai pemula merasa kesulitan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Ini sangat normal dan inilah saatnya Anda membaca pengalaman-pengalaman para pakar serta kesulitan apa yang pernah mereka hadapi sehingga Anda tidak perlu takut gagal.

Berikut adalah lima contoh SEO specialist yang perlu Anda ikuti ceritanya

  • Neil Patel

Neil Patel adalah pakar SEO ternama yang membagikan ilmunya lewat blog dan analisa yang mudah dipahami. Metodenya pun sangat detail sehingga cocok dibaca oleh para pemula yang tidak paham sama sekali apa itu SEO.

  • Brain Dean

Brain adalah pakar link building dan blognya adalah sumber referensi para pelaku internet marketing karena disana ia membagikan tips dan teknik SEO yang cepat menuai hasil.

  • Eric Enge

Pendiri Stone Temple ini merupakan ahli SEO dengan pengalaman yang tak diragukan lagi. Digital agency miliknya pernah memenangi berbagai penghargaan

  • Joost de Valk

Joost adalah penemu Yoast, SEO plugin yang sering kita temui dalam WordPress untuk menganalisa apakah konten yang kita tulis sudah mengikuti aturan SEO yang baik.

  • Rand Fishkin

Co-founder dari MOZ ini merupakan presenter dan pengusaha sukses yang punya segudang rahasia untuk mengoptimasi website Anda dengan SEO.

Jika bisnis Anda berkaitan erat dengan dunia online, maka SEO sangat diperlukan. Lebih bagus lagi bila Anda sendiri bisa menjadi pakar SEO untuk website Anda. Beberapa jabatan yang perlu memahami SEO termasuk marketing manager, developer, webmaster, web designer, social media, pakar PPC, wirausaha mandiri dan pemilik toko online.

SEO adalah dasar dari marketing digital. Prinsip-prinsipnya tidak hanya menjamin awarenesstapi juga membantu sebuah website dalam meraih tujuan-tujuan tertentu. Memang, menjadi ahli di bidang SEO tidak mudah karena harus melewati proses panjang serta trial dan error.

Namun tidak ada kata terlambat untuk mengikuti kursus SEO dan mempraktekkannya langsung pada website Anda. Belajar SEO adalah investasi yang berguna untuk bisnis dan kemampuan pribadi Anda.

 

(3 artikel)

 

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *