DesignAwards.Asia Design Of The Day
Seberapa Penting Memikirkan Konten Sebelum Mempostingnya
Februari 1, 2016
Mempertahankan Itu Lebih Sulit, Benarkah?
Februari 3, 2016
Show all

3 Alasan Mengapa Marketing Harus Berfokus Pada Design

Mungkin saat ini belum banyak dari kamu yang memikirkan tentang betapa pentingnya design untuk mendukung perihal marketing perusahaanmu. Jika selama ini kamu hanya berfokus pada design – all about performances – sekarang saatnya kamu juga memikirkan sisi ‘marketing’ dari design yang kamu buat. Lho, apa hubungannya? Oh jelas ada. Apalagi di jaman seperti sekarang ini, sudah tidak zaman lagi jualan ‘blak-blakan’. Nah, berikut ada beberapa alasan mengapa marketing juga harus berfokus pada design

1. Penampilan yang ‘Cantik’ adalah senjata ampuh untuk website kamu!

Hampir semua orang akan kembali pada website yang pernah dikunjunginya, bukan hanya karena produk atau jasa si perusahaan namun karena penampilan dari website perusahaan tersebut. ‘Don’t judge a book by its cover’, sepertinya kalimat ini kurang cocok untuk kasus ini. Mengapa? Karena setiap visitor yang masuk ke web kamu, sudah barang tentu akan melihat ‘cover’ kamu. Jika penampilan ‘cover’ saja sudah menawan hati, maka visitor tidak akan ragu untuk membuka laman lainnya di web kamu. Perlu diketahui bahwa sebuah website dengan style yang unik, akan membuat visitor mengingat web kamu dan tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali lagi untuk melihat web kamu atau mungkin melakukan sales. 

Lihat saja Apple, Google, Android dan lainnya, mereka diingat oleh masyarakat karena memiliki keunikan masing-masing. Jika mereka saja bisa, bagaimana dengan kamu?

2. Visual OK membuat orang lain tak segan untuk share link

Yap, ini betul sekali! Karena pada dasarnya seseorang akan menyukai sesuatu yang dapat ‘memanjakan’ matanya pada saat pertama kali dia melihatnya. Jika kamu mengharapkan seseorang akan membagikan link kamu namun tampilan web kamu kurang menarik, maka hasil yang akan kamu dapatkan adalah NOL. Seperti yang tadi sudah disebutkan, orang lain tidak akan kembali ke website kamu jika ia tidak merasa puas dengan tampilan webnya. Buatlah customer kamu merasa senang ketika berada di dalam website kamu. Dengan begitu, kemungkinan peluang dari visitor menjadi leads akan semakin besar. Dan team marketing pun akan senang!

3. It’s all about your GOALS!

Kamu dan perusahaanmu membutuhkan designer yang benar-benar tahu apa dasar perusahaan kamu, apa tujuan pembuatan website dan siapa saja target market kamu. Jika ini tidak dipikirkan, website kamu akan gagal. Tak peduli seberapa menarik tampilan web kamu, namun jika tidak menggambarkan tujuan yang kamu mau, itu tidak berarti apa-apa. Penyebab redesign yang paling utama tentu telah berakar dari awal pembuatan web tersebut, yaitu tidak jelas tujuannya apa dan untuk siapa pembuatan web tersebut.

Maka dari itu, untuk membuat website dengan tampilan serta pengembangan terbaik, kamu dan perusahaan harus benar-benar pintar dalam memilih designer dan developer agar website yang kamu buat tidak jadi sia-sia. Coba bayangkan berapa biaya yang telah kamu keluarkan untuk pembuatan website, namun hasil yang didapat nihil? Inilah kasus yang sering terjadi belakangan. Yup, karena para designer kurang memperhatikan sisi ‘jualan’ pada webnya tersebut.

Dengan memikirkan design yang ciamik serta diimbangi dengan marketing yang OK, maka kamu harus bersiap saat mendapatkan visitor yang banyak ke website kamu. Design yang bagus saja tidak cukup, loh.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *