Panduan Lengkap Cara Mengetahui Iklan Instagram Sudah Tayang

cara mengetahui iklan Instagram sudah tayang

Dalam era pemasaran digital yang terus berkembang, Instagram telah menjadi platform yang sangat efektif untuk mempromosikan produk atau layanan melalui iklan. Namun, sebagian besar pengiklan mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara mengetahui iklan Instagram sudah tayang?” Dan Apakah Anda juga mempertanyakan hal tersebut?

Jika iya, maka mendatangi situs ini menjadi langkah yang tepat. Dalam artikel ini ToffeeDev akan membahas secara menyeluruh cara mengecek status iklan Instagram dan mengoptimalkan pengalaman pemasaran Anda. Untuk dapat menerapkannya dengan tepat, simak sampai selesai artikel di bawah ini!

Manfaat Menggunakan Iklan Instagram

Instagram telah menjadi platform yang sangat efektif bagi bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan, dan iklan Instagram menjadi salah satu alat pemasaran yang paling powerful. Sebelum kita masuk ke dalam detail cara mengecek iklan Instagram, mari kita kenali secara mendalam manfaat yang dapat Anda peroleh dengan memanfaatkan iklan Instagram.

Baca Juga: 6 Tips Instagram Ads agar Iklan Menarik Banyak Audience

1. Visibilitas Merek yang Luas

Karena memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, Instagram menyediakan panggung yang luas untuk membangun dan meningkatkan visibilitas merek Anda. Iklan Instagram memungkinkan untuk menampilkan produk atau layanan kepada audiens yang mungkin belum terjangkau melalui saluran pemasaran tradisional.

2. Targeting Audiens yang Spesifik

Salah satu keunggulan utama iklan Instagram adalah kemampuannya untuk mencapai audiens target secara spesifik. Anda dapat menentukan parameter seperti lokasi geografis, demografi, minat, dan perilaku pengguna untuk memastikan iklan ditampilkan kepada mereka yang paling mungkin tertarik.Banner Ads - General 2

3. Membangun Keterlibatan yang Tinggi

Instagram dikenal sebagai platform visual, dan iklan Instagram memungkinkan Anda memanfaatkan kekuatan visual ini untuk membangun keterlibatan yang tinggi. Melalui gambar atau video yang menarik, iklan dapat menarik perhatian pengguna dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan audiens. Hal ini dapat menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan berkesan bagi para pengguna.

4. Meningkatkan Konversi dan Penjualan

Iklan Instagram tidak hanya tentang meningkatkan brand awareness, tetapi juga dapat menjadi pendorong konversi yang kuat. Melalui fitur tautan langsung ke situs web atau aplikasi, pengguna dapat dengan mudah diarahkan ke halaman produk atau layanan Anda.

5. Pemantauan dan Analisis Kinerja

Instagram menyediakan alat analitis yang memungkinkan Anda memantau kinerja iklan secara mendalam. Anda dapat menganalisis data seperti tampilan, interaksi, dan konversi untuk dapat memahami apa yang berhasil dan memperbaiki strategi iklan.

 Pemantauan dan Analisis Kinerja

Cara Mengetahui Iklan Instagram Sudah Tayang

Cara melihat iklan aktif di Instagram atau sudah tayang dapat Anda ketahui dengan mudah melalui langkah-langkah berikut.

  • Buka Profil Akun Instagram: Langkah pertama yang perlu diambil adalah membuka profil akun Instagram yang digunakan untuk kampanye iklan. Pastikan Anda sudah masuk ke akun yang tepat.
  • Ketik Setting: Di pojok kanan atas profil Anda, Anda akan menemukan ikon berbentuk roda gigi atau tiga garis horizontal. Ketuk ikon tersebut untuk membuka menu pengaturan (Setting).
  • Pilih “Tentang Akun Ini”: Setelah membuka profil akun, pilih opsi “Tentang Akun Ini.” Opsi ini dapat memberikan akses ke informasi lebih lanjut tentang aktivitas dan iklan yang sedang berjalan.
  • Periksa Bagian Iklan Aktif: Di dalam bagian “Tentang Akun Ini,” cari dan buka opsi yang menyajikan informasi tentang iklan aktif. Di sini, Anda dapat menjelajahi semua iklan yang dijalankan di seluruh produk Meta, termasuk Instagram.

Selain melihat iklan aktif, Anda juga dapat melihat informasi tambahan yang dapat memberikan wawasan lebih mendalam tentang akun di dalam opsi ini, seperti tanggal bergabung, asal negara akun, nama sebelumnya, dan informasi lainnya.

Mengatasi Iklan Instagram yang Belum Tayang

Penting untuk memahami bahwa iklan yang belum tayang mungkin sedang dalam proses pengecekan atau memerlukan beberapa penyesuaian sebelum dapat disetujui. Berikut panduan dan tip untuk mengatasi iklan yang belum tayang di Instagram.

Baca Juga: 6 Tips Instagram Ads agar Iklan Menarik Banyak Audience

1. Pantau Terus Proses Pengecekan

Setelah Anda mengirim iklan untuk disetujui, bersiaplah untuk sedikit menunggu. Instagram biasanya memerlukan waktu hingga 24 jam untuk mengecek dan menyetujui iklan. Oleh karena itu, pertama-tama, bersabarlah dan pantau terus status iklan Anda.

Banner Ads - Ebook 2

2. Periksa Status Pengecekan

Jika iklan belum tayang setelah waktu yang ditentukan, periksa status pengecekan. Buka akun Instagram Anda, dan periksa apakah ada pemberitahuan atau informasi terkait status iklan. Instagram biasanya memberikan notifikasi jika ada masalah atau perubahan yang diperlukan pada iklan.

3. Perhatikan Syarat dan Ketentuan

Pastikan iklan Anda mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Instagram. Beberapa syarat yang perlu diperhatikan:

  • Teks iklan: Pastikan bahwa teks dalam iklan tidak melebihi 20% dari area gambar. Ini memastikan bahwa iklan memiliki tampilan visual yang optimal.
  • Panjang caption: Batasi panjang caption postingan agar tidak melebihi 2.200 karakter. Caption yang singkat dan padat lebih efektif dalam menarik perhatian.
  • Format dan ukuran: Gunakan format dan ukuran gambar yang sesuai dengan pedoman Instagram. Hal ini termasuk resolusi yang benar dan ukuran yang optimal.
  • Penempatan iklan: Pilih penempatan iklan yang tepat untuk tujuan kampanye Anda. Misalnya, apakah iklan akan muncul di feed, stories, atau explore.
  • Konten sesuai: Pastikan bahwa konten iklan sesuai dengan bisnis Anda dan tidak melanggar kebijakan Instagram. Hindari konten yang bersifat provokatif, menipu, atau melanggar hak cipta.

4. Hubungi Customer Service Instagram

Jika semua cara mengetahui iklan Instagram sudah tayang di atas telah diikuti namun iklan Anda tetap belum tayang, pertimbangkan untuk menghubungi customer service Instagram. Mereka dapat memberikan informasi lebih lanjut tentang alasan penolakan atau keterlambatan. Pastikan untuk menyediakan informasi yang cukup dan jelas tentang iklan Anda.

Jenis-Jenis Iklan Instagram

Setelah Anda yakin iklan sudah tayang, penting untuk memahami jenis-jenis iklan Instagram yang dapat Anda manfaatkan.

1. Iklan Foto

Iklan foto adalah format iklan yang paling umum di Instagram. Dalam iklan ini, Anda dapat menampilkan gambar yang dirancang secara estetis untuk mempromosikan produk atau layanan. Pengguna Instagram seringkali menanggapi gambar yang menarik secara visual, sehingga iklan foto menjadi cara efektif untuk menarik perhatian dan meningkatkan brand awareness.

2. Iklan Video

Jenis Iklan video membuat Anda dapat memanfaatkan kekuatan konten bergerak untuk menangkap perhatian pengguna Instagram. Iklan video memberikan kesempatan untuk menceritakan cerita lebih dinamis, menjelaskan fitur produk, atau menyajikan testimoni dengan cara yang lebih menarik.

3. Iklan Stories

Iklan stories muncul di bagian atas feed pengguna dan memberikan pengalaman penuh layar. Melalui format yang memungkinkan pengguna untuk menggeser atau mengetuk layar untuk melihat lebih banyak, iklan Stories menjadi cara yang interaktif untuk berkomunikasi dengan audiens. Anda dapat menggunakan iklan stories untuk menyajikan konten yang lebih personal dan mendalam.

4. Iklan Carousel

Jenis Iklan carousel memungkinkan Anda untuk menampilkan beberapa gambar atau video dalam satu iklan. Pengguna dapat menggeser untuk melihat lebih banyak konten, memberikan pengalaman interaktif. Ini adalah pilihan yang sangat baik untuk menampilkan berbagai produk atau fitur yang ingin dipromosikan. Iklan Carousel memungkinkan pengiklan untuk memberikan narasi yang lebih lengkap.

Iklan Carousel

Tip Memaksimalkan Hasil dari Iklan Instagram

Untuk memastikan iklan Instagram memberikan hasil maksimal, diperlukan strategi yang matang. Berikut adalah tip dan trik yang dapat membantu Anda memaksimalkan hasil dari kampanye iklan Instagram.

1. Targetkan dengan Tepat

Menentukan audiens target dengan tepat merupakan langkah kunci untuk keberhasilan iklan Instagram. Gunakan alat penargetan yang disediakan oleh Instagram untuk memastikan iklan hanya ditampilkan kepada orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda. Pertimbangkan faktor seperti demografi, minat, dan perilaku untuk mencapai target yang optimal.

2. Gunakan Konten Berkualitas Tinggi

Visual yang menarik dan konten berkualitas tinggi akan membuat iklan menjadi lebih berkesan. Pastikan gambar atau video yang Anda gunakan memiliki resolusi tinggi dan estetika yang sesuai dengan identitas merek. Visual yang kuat dapat meningkatkan keterlibatan pengguna dan membuat iklan menjadi lebih mudah diingat.

Baca Juga: 12 Ide Caption Instagram: Untuk Promosi Produk Hingga Bisnis Baru

3. Pantau dan Analisis Kinerja

Pantau kinerja iklan Anda secara teratur dan lakukan analisis data untuk mengidentifikasi area perbaikan. Instagram menyediakan alat analisis yang lengkap, termasuk informasi tentang tampilan, interaksi, dan konversi. Memahami data ini membuat Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran, menyesuaikan target, atau mengubah elemen kreatif yang mungkin tidak efektif.

4. Percantik Deskripsi dan Caption

Deskripsi dan caption iklan memegang peran penting dalam menarik perhatian pengguna. Buat deskripsi yang informatif namun singkat, dan gunakan caption yang menarik untuk memberikan konteks lebih lanjut. Jangan ragu untuk menyertakan Call to Action (CTA) yang jelas agar pengguna tahu langkah apa yang harus mereka lakukan jika tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Banner Ads - Lead Gen 2

5. Kembangkan Kreativitas 

Penting untuk menciptakan iklan yang kreatif dan relevan dengan audiens. Gunakan fitur-fitur kreatif yang disediakan oleh Instagram, seperti filter, stiker, atau tata letak yang menarik. Selain itu, pastikan bahwa iklan Anda sesuai dengan tren terkini dan selalu beradaptasi dengan perubahan perilaku pengguna.

Itulah cara mengetahui iklan instagram sudah tayang atau belum. Mudah bukan? Agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa untuk menggunakan berbagai jenis iklan, mulai dari foto, video, hingga carousel. Terapkan juga tip dan trik yang telah dijelaskan di atas.

Jika Anda merasa perlu dukungan profesional dalam mengelola kampanye iklan Instagram, pertimbangkan untuk menggunakan jasa Iklan Online dari ToffeeDev. Melalui pengalaman dan keahlian kami, Anda dapat meningkatkan daya jangkau iklan, mencapai hasil terbaik, dan memaksimalkan potensi pemasaran di Instagram.

Jangan ragu untuk menghubungi kami dan mulai meningkatkan keberhasilan kampanye iklan Instagram Anda hari ini!

Share this post :

Scroll to Top