Google Penalty
Apa Itu Google Penalty dan Kenapa Harus Menghindarinya?
Januari 24, 2020
UX Design Website
Cara Tingkatkan UX Design Website Untuk Conversion Rate
Januari 24, 2020
Show all

3 Alasan Website Anda Akan Menjadi Kegagalan

Kegagalan Website

Kegagalan Website

Banyak faktor yang akan membuat website Anda menemui kegagalan, namun jangan berkecil hati karena website kemungkinan masih bisa dipulihkan. Dengan bantuan dari tim desain dan development Anda sendiri atau bisa juga dengan bantuan dari agensi, maka Anda dapat memiliki website yang berfungsi kembali seperti semula.

Berikut ini adalah 3 alasan yang membuat website Anda menjadi produk gagal.

1. Website Anda Terlalu Lambat

Tidak peduli dari industri mana dan produk atau jasa seperti apa yang Anda tawarkan, website yang lambat akan sangat mempengaruhi kinerja Anda.

Pengunjung Anda tentu tidak ingin menghabiskan waktu mereka untuk menunggu website Anda selesai untuk loading. Mereka ingin mengetahui secepat mungkin dari apa yang mereka cari melalui search engine.

Lebih dari 50% pengguna meninggalkan situs yang membutuhkan waktu lebih dari 3 detik. Dengan waktu loading page yang lambat seperti ini, Anda sudah menemukan salah satu alasan mengapa website Anda gagal.

Dengan mempercepat waktu loading website Anda, hal-hal yang menguntungkan akan datang dengan sendirinya. Entah itu conversion rate yang bertambah, atau longer session di mana orang-orang menghabiskan waktu lebih lama di website Anda.

Lalu bagaimana cara untuk membuat website Anda lebih cepat?

Ada beberapa cara untuk meningkatkan kecepatan website Anda, seperti;

  1. Mengurangi jumlah redirect atau 301
  2. Meminimalkan kode seperti JavaScript, HTML, dan CSS dengan menghilangkan karakter yang tidak penting seperti comma.
  3. Gunakan browser caching untuk mengurangi seberapa sering browser untuk melakukan reload untuk halaman Anda
  4. Meningkatkan server response time dengan memperbaiki performa.
  5. Dan lain-lain

Anda akan membutuhkan bantuan dari developer untuk melakukan perubahan ini demi menghindari kegagalan website.

2. Website Anda Tidak Mudah Untuk Digunakan

Bila website Anda sulit digunakan akan membuat para pengguna Anda frustasi. Ciri-ciri website yang sulit untuk digunakan adalah susahnya untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang dicari, tidak bisa melakukan sesuatu di website Anda, hingga tidak bisa diaksesnya website tersebut. Kesalahan ini biasa terjadi karena desain website yang buruk.

Desain yang baik akan memberikan pengguna Anda sebuah pengalaman di mana mereka tidak harus berpikir apa yang harus mereka lakukan di dalam website Anda. 

Beberapa elemen yang dapat menyulitkan pengguna Anda adalah

  1. Navigasi menu
  2. Typography
  3. Clickable elements
  4. Layout
  5. Color palette

Perhatikan elemen-elemen di atas agar tidak menyulitkan para pengguna Anda. Kemudahan dalam menggunakan website akan menjadi faktor penentu dari berhasil atau gagalnya website Anda.

Cara untuk membuat website Anda gampang digunakan

Anda bisa melakukan riset untuk mengetahui bagaimana tingkat usability dari website Anda, mulai dari survey kecil dan A/B testing dari orang-orang sekitar Anda, hingga survei secara besar-besaran dari pengguna website Anda.

Gunakan data dan feedback yang Anda dapatkan untuk membuat desain website Anda menjadi lebih baik. Sehingga tingkat usability dari website Anda akan meningkat dan membuat pengunjung Anda betah untuk menggunakan website tersebut.

Baca Juga: INILAH 5 TIPS MEMBUAT KONTEN YANG MENARIK!

3. Website Anda Tidak Dioptimasi Untuk SEO

Dengan banyaknya website yang ada di internet, bagaimana orang-orang akan menemukan website Anda? Search engine seperti Google dan Bing adalah jawaban yang bisa Anda manfaatkan. Search engine akan mengumpulkan berbagai macam hasil pencarian dari seluruh internet yang didapatkan dari berbagai website. Anda akan ingin website Anda untuk masuk dalam hasil pencarian tersebut, terutama berada di posisi atas.

Tidak menggunakan SEO adalah satu lagi alasan kenapa website Anda gagal. Jika website Anda tidak bisa ditemukan, maka website Anda tidak mendapat traffic. Akan lebih buruk lagi jika website yang Anda miliki lambat, memiliki desain yang tidak bagus, dan tidak optimal untuk SEO.

Bagaimana membuat website Anda SEO-friendly?

Menjadikan website Anda SEO-friendly akan mengurangi alasan dari website menjadi produk gagal, serta dapat membuat website Anda mendapatkan ranking di search engine result page.

Pelajari basic dari SEO mulai dari keyword hingga title tags, setelah Anda paham dengan basic dari SEO, Anda dapat lanjut ke tahap berikutnya dengan membuat strategi SEO. seperti audit website, hingga meningkatkan segala hal yang berhubungan dengan technical website Anda. Bila Anda ragu mintalah bantuan dari agensi yang dapat membantu Anda dalam melakukan SEO.

Kesimpulan

Bila Anda menginginkan website Anda berhasil, hindari 3 hal diatas. Pastikan website Anda optimal agar dapat memuaskan para pengunjung, yang akan memberikan berbagai macam keuntungan. Jika tidak, maka kegagalan website milik Anda menjadi kenyataan.

Website adalah sebuah jembatan yang akan menghubungkan para konsumen dengan bisnis Anda. Sehingga pastikan website Anda berada dalam kondisi yang terbaik, agar tetap dapat terhubung dengan para pengunjung Anda.

Apakah Anda memiliki pendapat yang berbeda mengenai topik ini? Silahkan bagikan pada kolom komentar dibawah.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *