Temukan Teman Lamamu di Friendster!
Maret 17, 2016
3 Kesalahan Umum Pada Mobile Marketing
Maret 21, 2016
Show all

4 Cara Efektif Untuk Memimpin Remote Team

Apakah kamu seorang owner dari perusahaan yang dapat bekerja secara remote? Atau kamu adalah salah satu karyawan yang menyukai sistem pekerjaan remote? Jika iya, maka beberapa cara efektif yang dilansir dari Entrepreneur.com ini mungkin bisa menjadi referensi kamu agar dapat menjadi remote team yang baik. Terdapat banyak tantangan ketika kamu bekerja pada rmeote team,  tapi ini tentu saja tidak berarti kamu tidak bisa. Hanya diperlukan beberapa elemen dan kemauan, maka kamu bisa menjadi remote team yang sedemikian efektif.

Tidak semua orang dapat bekerja secara efektif dengan sistem remote ini — beberapa orang mengambil keuntungan dan peluang ketika mereka sedang bekerja dalam team tersebut. Dan juga, ini akan sedikit sulit berkomunikasi dengan remote team ketika ada sesuatu darurat yang terjadi. Namun jangan khawatir, berikut adalah cara yang efektif untuk kamu yang bekerja secara remote:

Tentukan Cara Berkomunikasi Dengan Jelas

Tak peduli metode apa yang kamu lakukan setiap harinya, baik bekerja kantoran atau remote, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Komunikasi adalah kunci penting jika kamu menginginkan remote team yang baik dan sesuai keinginanmu. Jika kamu mempunyai banyak platform messenger, pilihlah salah satu yang kamu dan team anggap paling efektif untuk digunakan. Jika sudah menentukan, maka ini akan mempermudah kamu untuk berkomunikasi.

Dan jika kamu ingin mengadakan meeting, maka setiap pertemuan (re: via Skype) alangkah baiknya untuk direkam. Sehingga ketika ada salah satu dari team ter-disconnect, ia dapat melihat kembali rekaman tersebut.

Optimisasikan Alat Komunikasi Dengan Baik

Jika kamu bekerja secara remote, maka hal terpenting dari itu semua yaitu komunikasi. Ketika kamu sudah sulit untuk berkomunikasi dengan team, maka hindarilah bekerja secara remote. Karena akibatnya bisa sangat fatal. Dan ketika kamu memutuskan untuk menjadi bagian dari remote team, maka kamu harus mempersiapkan tools agar kamu dapat dengan efektif menjadi bagian dari team tersebut. Misalnya, ketika team kamu ingin melakukan video conference, maka kamu harus mempersiapkan alat-alat seperti laptop, headset atau headphone, camera (jika di laptopmu tidak tersedia), penerangan yang cukup, dan lain sebagainya. Jika semuanya sudah kamu persiapkan, maka kamu siap menjadi bagian dari video conference tersebut.

Selalu Berikan Perhatian  Terhadap Apa yang Terjadi Dalam Team

Sama seperti kebanyakan pekerja kantoran, kamu akan bekerja dalam team, pastikan bahwa mereka mempunyai komunikasi yang baik dalam sebuah team yang respect. Sebagai contoh, ketika keputusan project manager kamu tidak berada di posisi “atas” ketika bekerja dengan development team, kamu akan menemukan bahwa beberapa member akan bekerja tidak sesuai dengan prosedur yang ada, atau bahkan lebih buruk lagi ketika dalam satu team mengerjakan project yang sama dengan cara yang berbeda.

Pilihlah Orang-Orang Terpilih Dalam Team Kamu

Ketika kamu memutuskan untuk menjadi leader dalam remote team, maka kamu harus pastikan bahwa orang-orang yang kamu pilih adalah orang yang bisa memegang tanggung jawabnya masing-masing. Hambatan yang sering terjadi jika bekerja dalam remote team adalah kamu harus siap siaga ketika salah satu member “menghilang”, kamu sudah harus siap dengan member cadangan. Mengapa? Karena kamu tidak bisa terus menerus mengejar si member yang hilang tersebut, ingat bahwa deadline tetap ada. Maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk membentuk remote team, pilihlah orang-orang yang bisa bertanggung jawab atas apa yang telah diberikan.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *