5 Strategi Yang Sudah Terbukti Ampuh Bagi Para Content Marketer! (2/2)
Mei 19, 2016
5 Langkah Membentuk Team Yang Kuat Dalam Bisnis Kamu
Mei 26, 2016
Show all

4 Cara Untuk Mempertahankan Peringkat SEO!

Banyak cara yang dapat pebisnis lakukan untuk membawa bisnis yang mereka miliki agar bisa berada di ranking pertama hasil pencarian, khususnya Google. Kamu juga pasti sudah berusaha keras untuk berada di posisi tersebut. Nah, sekarang saatnya kamu mencari tau bagaimana caranya agar kamu bisa bertahan pada posisi pertama ini.

Seorang columnist, Daniel Fagella, mengatakan bahwa menghasilkan sebuah sumber yang konsisten dari satu traffic website adalah pondasi utama setiap bisnis online. Bayangkan jika kamu tidak memiliki pengunjung ke website, maka sudah pasti kamu akan kesulitan untuk mengkonversi pengunjung website (prospek) menjadi leads. Ketika kamu menetapkan diri sebagai seorang yang mempunyai “kuasa” melalui Google, maka itu akan meningkatkan kehadiran kamu dalam mesin pencari.

Tapi, apa yang akan terjadi sesaat setelah kamu berhasil membawa bisnis kamu ada di peringkat pertama hasil pencarian? Berikut adalah beberapa strategi yang dapat kamu lakukan, guna mempertahankan posisi yang telah kamu kejar selama ini, dilansir dari Searchengineland.com:

  • Perbarui Situs Kamu

Mungkin ini terdengar biasa, tapi ini adalah hal yang sering terlupakan oleh para pebisnis. Biasanya mereka hanya fokus pada bisnis yang dijalani dan melupakan bisnis mereka di dunia online. Google, berdasarkan algoritmanya, akan menempatkan situs terbaru yang kualitas kontennya baik serta terupdate. Inilah cara dasar untuk mempertahankan posisi kamu di mesin pencari

Jika kamu ingin mempertahankan kata kunci yang sudah kamu pergunakan, kamu juga harus mengupdate konten kamu dengan memberikan format terbaru seperti gambar atau video ke dalam artikel atau blog. Dengan begini, kamu akan memberikan “pengalaman” terbaru bagi seluruh pembaca dan akan menarik mereka untuk menekan link untuk menuju situs kamu. Gunakan kesempatan ini untuk meningkatkan penampilan visual untuk brand kamu.

  • Percepat Situs Kamu

Sejak dulu, kecepatan sebuah situs selalu dijadikan salah satu faktor penentu peringkat pertama di mesin pencari — dan masih banyak sekali website yang butuh waktu lama untuk membukanya, terutama pada perangkat mobile. Padahal seperti yang kita ketahui bersama bahwa saat ini perangkat mobile menduduki peringkat pertama untuk mengakses sebuah situs. Lebih dari 2 juta blog diposting setiap harinya, jadi jika website kamu tidak cukup cepat, pengunjung kamu akan segera mencari alternatif website lain — yang lebih cepat.

Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat kecepatan situs kamu, salah satunya adalah menghubungi agensi yang memang ahli dibidangnya. Atau jika kamu belum mau meng-hire orang luar, maka kamu bisa melakukannya sendiri:

– Ubahlah hosting yang lebih cepat dan terpercaya

– Mengaktifkan compression pada setiap gambar di website kamu

– Gunakan Content Delivery Network (CDN) untuk meningkatkan kecepatan download

Jika kamu memiliki kesulitan untuk mempercepat situs yang kamu punya, silahkan hubungi kami.

  • Perluas Koneksi Kamu

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah marketer terlalu fokus pada kuantitas daripada kualitas backlink mereka.

Jika kamu sudah berada di peringkat pertama untuk kata kunci tertentu, kamu tidak perlu membuat backlink yang berlebihan untuk halaman tersebut. Google bisa mendeteksi jika sebuah situs membuat link dengan kecepatan yang tidak wajar. Membuat link yang terlalu cepat dapat dirasakan sebagai sebuah “red flag” yang bisa membuat website kamu berpotensial ditutup.

Peringkat kamu juga bisa turun jika kamu hanya memfokuskan pada salah satu artikel tertentu saja. Google menginginkan pengguna mereka dapat mengakses konten yang relevan dan berguna pada situs kamu.

  • Bangunkan Kembali Kehadiran Social Media Kamu

Terdapat “ambiguitas” terhadap hal ini, apakah social media mempengaruhi situs yang kita miliki secara langsung atau tidak langsung. Namun, sudah sangat jelas kalau mesin pencari melihat setiap akun social media yang kita miliki, sebagai pengakuan kalau brand yang kita miliki adalah asli.

Mendapat link dari social media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, akan membantu Google untuk memeriksa tentang keberadaan website kamu. Semakin banyak orang yang “like” dan membagikan konten kamu, maka yang lainnya akan semakin menerima keberadaan situs kamu melalui social media yang ada. Ketika kamu terus mengumpulkan backlink dengan kualitas yang baik, ini semakin membantu kamu untuk mempertahankan peringkat kamu di Google untuk waktu yang lama.

Jika kamu memiliki kesulitan untuk mempertahankan peringkat atau ingin berada di peringkat pertama mesin pencari? Hubungi kami di 021-5890 1608 atau e-mail di yes@toffeedev. Or, simply click picture below: 

jasa-seo

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

8 Comments

  1. Septian berkata:

    Terimakasih gan ilmunya. kalo menggunakan BL builder itu ada pengaruh ga gan dengan rank?

  2. Travel Belitung berkata:

    Cara perbaharui website company profile untuk poin pertama gimana mas, kan isinya tidak berubah

  3. Reza berkata:

    Mantap mas, kalo situs bookmark apakah memiliki pengaruh besar sama dengan situs social media untuk meningkatkan PR?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *