DesignAwards.Asia Design Of The Day
Bagaimana Caranya Untuk Meningkatkan Sales Melalui UX
April 30, 2018
Apa Yang Perlu Dilakukan Untuk “Go-Online” Bisnis Anda?
Mei 14, 2018
Show all

4 Referensi Website untuk Mencari Design ‘Kekinian’

Selamat datang di Toffeedev Sharing Monday!

Hari ini saya mau berbagi mengenai 4 Referensi websites untuk mencari design yang kekinian dan bagus. Nah, untuk orang awam yang mungkin biasanya gak terlalu mengerti design atau mungkin designer yang lagi buntu untuk mencari referensi, saya punya 4 referensi.

Mungkin orang biasa mencari referensi hanya melalui Google Image. Dan menurut saya Google Image itu gambarnya campur, ada yang bagus tapi ada juga yang sudah “out of date”.

Pertama saya mau kasih referensi namanya Pinterest, mungkin beberapa orang udah tahu Pinterest itu apa. Sebenarnya dia itu sangat luas cakupannya, jadi gak cuma design tapi ada foto, ada juga quotes. Dia campur juga sih, cuma biasanya auto pencarian dia udah oke sih, dan enaknya pinterest dia ada aplikasinya. Kita tinggal download di Appstore atau mungkin di Playstore, dan gampang dibuka pada browsenya, tinggal cari keywordnya saja. Misal, kita mau cari logo design atau poster design, itu biasanya langsung keluar dan sebenarnya kita di Pinterest tidak tahu siapa creatornya. Tapi at least, kita bisa simpan beberapa design untuk dijadikan referensi dalam membuat design lainnya.

Karena Pinterest terlalu luas, kemarin saya menemukan referensi bernama Design Inspiration. Nah dia sebenarnya mirip Pinterest karena dia menyimpan lagi dari website-website mengenai referensi design atau apapun. Tapi dia lebih cenderung fokus di design grafisnya, jadi gak ada foto dan macam-macam.  Kalau mau lihat lebih detail lagi, langsung aja masuk dan mulai mencari referensi design disana.

Yang ketiga itu Behance. Sebenarnya dulu saya senang banget cari referensi di Behance, karena Behance langsung menginformasikan siapa creator dari design tersebut, jadi portfolio yang profesional. Kita jadi bisa tahu standar profesional grafis design atau web design,atau apapun bisa cari di Behance. Dan sebenarnya kelebihan Behance, bisa masukin link misalnya ada mockup gratis atau apapun, dia benar-benar tinggal di-download.  Jadi sebenarnya menurut saya Behance itu sudah oke banget, karena dia standarnya itu udah tinggi, dibandingkan dengan referensi yang saya kasih tahu di awal. Dan dia juga ada Apps-nya, jadi kita bisa download dan misalnya kita lagi iseng, kita tinggal buka Apps-nya cari referensi yang kira-kira profesional karena dia sifatnya worldwide.

Dan yang terakhir sebenarnya nih paling favorit saya namanya Dribbble, mungkin beberapa orang jarang yang pakai Dribbble. Saya menemukan designnya bukan cuma profesional, tetapi juga menampilkan design yang “kekinian” atau yang lagi tren saat itu. Untuk akses masuk kesana mungkin rada susah daripada Behance, dan kita tahu berarti standarnya juga lebih tinggi daripada Behance. Menurut saya Dribbble sudah oke banget, karena dia secara tampilan di mobile udah paling nyaman begitupun di browsenya. Mungkin kalau grafik design Behance lebih enak diliatnya, tetapi kalau di Dribbble kita bisa tahu ada banyak portfolio UA/UX design, logo design.

Mungkin dari 4 referensi itu ada yang bisa dijadiin referensi, jadi jangan cuma sekedari cari atau lihat di Google Image saja. Jadi kita juga bisa tau misalnya kalo designer “saya mau bikin design kaya gini nih”, jadi kaya mereka juga udah ada bayangan sebelum membuatnya. Karena bagi designer lebih mudah untuk misalnya klien memberikan referensi kira-kira maunya seperti apa, daripada kaya mereka kasih gambaran sekilas saja.

Semuanya ini menurut saya sudah cukup membantu, nah mungkin nanti dicoba download dan mulai dicari standartnya. Semoga saja yang saya sampaikan hari ini membantu teman-teman sekalian untuk menemukan referensi design yang bagus. Karena itu saya harap ini sangat membantu kalian. Sekian saja yang bisa saya sampaikan di Sharing Monday hari ini.

Stay tune every Monday karena kita pasti ada pembahasan menarik mengenai Digital Marketing dari segi Design Marketing dan yang lainnya. Sampai jumpa untuk hari ini, see you untuk next week. Thank you!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *