Branding Vs Quality Vs ‘Good’ enough
Desember 19, 2016
2017 – Colour Trend
Januari 5, 2017
Show all

404 Error Page Begitu-Begitu Saja, Siapa Bilang?

Setidaknya ada 9 situs yang memanfaatkan “death air” di situs mereka dengan visual yang cukup menarik, bahkan tergolong unik. Dirangkum oleh WordStream, ada beberapa situs yang memanfaatkan 404 Error Page. Apa itu? 404 Error Page muncul ketika pengguna berusaha mengklik sebuah link yang sudah mati, rusak atau sudah tidak ada lagi.

Mungkin kedengaran sedikit lucu – mengapa orang menghabiskan waktunya untuk pergi ke link yang sama sekali tidak ada niat untuk dikunjungi? Tapi beberapa situs yang akan kita jabarkan ini memberikan pengalaman yang sedikit berbeda. Ini lucu, menyenangkan, dan cukup efektif memberikan arahan langsung kepada pelanggan yang “tersesat” untuk menuju ke halaman utama.

basic-html-404-error
Apa yang akan kamu lakukan jika melihat 404 Error Page seperti ini? Pasti akan langsung menutup situsnya dan mungkin tidak akan kembali lagi ke situs tersebut. Website designer dan pemasar sadar betapa pentingnya menangkap masing-masing pengunjung ke sebuah situs, bahkan jika mereka harus mengunjungi halaman yang eror. Faktanya, terutama jika mereka mendarat di halaman yang eror! Kamu tidak ingin mereka mengabaikan situsmu di kemudian hari, bukan? Tak dapat dipungkiri, 404 Error Page muncul karena kamu tidak membersihkan link-link yang sudah mati.

Apa yang membuat 404 Error Page yang bagus?

Ketika mendesign halaman error 404, ingatlah untuk mengikuti praktek terbaik ini:

  • Dengan tujuan mengambil kembali pengunjung tersebut yang mengikuti atau membuka link rusak/mati, halaman error 404 kamu harus selalu memiliki sebuah link yang secara langsung mengarahkan pengguna ke halaman utama.
  • Nilai bonus termasuk link kategori, kolom pencari, atau bar navigasi, membuat mereka mudah menemukan apa yang dicari.
  • Konsisten dengan branding yang ada pada keseluruhan situs kamu.
  • Jangan lupa untuk mempesona! Mungkin ini bukan suatu kesalahan kamu jika pelanggan berakhir di halaman yang eror. Namun bagaimanapun, pelanggan selalu benar.

Inilah beberapa halaman eror 404 yang menarik untuk dikunjungi!

  1. GitHub

Halaman eror ini terasa seperti 3-D; jika kamu menggeser kursor pada layar, maka tokoh seperti pemain STar Wars akan mengikuti kursormu! GitHub juga menyediakan spot yang mudah untuk mencari atau masuk ke situsnya kembali.

 

2. The Onion

Pada gaya klasik Onion, halaman eror 404 ini menyediakan sebuah penjelasan yang sarkastik tentang bagaimana kamu kehilangan arah, serta bar pencarian untuk menavigasi.

 

3. Slack

Beberapa developer merasa terhibur dengan halaman yang ini! Animasinya bergerak melewati “tempat aneh” mereka, menunjukan babi dan ayam pada beberapa ruang saat menampilkan bar navigasi atas dan bawah.

 4. Yelp

Jika kamu menyukai candaan Ayah, kamu akan juga akan menyukai halaman eror dari Yelp, yang menampilkan Detective Darwin. Setiap praktek terbaik, tiap Yelper (re: pengunjung Yelp) bisa menavigasikan halaman ini dengan mudah pada halaman utama atau melalui navigasi di bawah.

 

5. Hootsuite

Ini menarik karena halaman erornya sangat berhubungan, “Mungkin kamu ada disini karena: Kamu mencari anjing peliharaanmu dan tersesat.” Bisa dibilang ini sangat erat kaitannya dengan pengunjung situs.

6. Spotify

Spotify menunjukan beberapa kepribadian sebuah brand pada halaman ini sambil menyediakan link untuk ke halaman sebelumnya, halaman depan, dan halaman bantuan.

 

7. Weemss

Weems melakukan pendekatan yang sedikit berbeda, mereka mengubah kuda poni menjadi zombi ketika kamu mengklik halaman eror! Dan bagusnya lagi, mereka menawarkan untuk menyelamatkan kuda poni tersebut… dengan masuk atau log in ke software mereka.

8. UpWorthy

Mengunjungi halaman eror dari UpWorthy adalah sesuatu yang layak untuk dilihat, karena terdapat sebuah video yang ditampilkan dalam halaman ini. Walaupun tidak terdapat kolom pencarian atau bar navigasi, UpWorthy menyediakan beberapa click-bait; yang memungkinkan kamu dapat kembali ke websitenya.

9. WordStream

Sumber kita dalam artikel kali ini juga tidak mau ketinggalan trend halaman eror 404 ini. Mereka memilih ikan sebagai ikon utama dalam halaman erornya. Namun WordStream juga masih belum tau apa nama ikan dalam halaman tersebut.

Itulah tadi beberapa halaman eror 404 yang menarik, manakah yang menjadi favoritmu?

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *