Adobe Experience Design
Adobe Experience Design, Tool Bagi Desainer UI/UX
Februari 17, 2020
Origami Studio
Origami Studio, Sebuah Prototyping Tool dari Facebook
Februari 17, 2020
Show all

5 Alat Desain Grafis Yang Wajib Dimiliki Desainer Grafis

Alat Desain Grafis

Alat Desain Grafis

Industri kreatif tidak memiliki batasan di dalam perkembangannya. Setiap waktunya, ada saja hal-hal baru yang bisa digali di dalamnya. Hebatnya lagi, semakin banyak orang juga yang ingin masuk dan memiliki pekerjaan untuk industri kreatif. Ada beberapa profesi yang sudah menjadi bagian tak terpisahkan di sini, dimulai dari videografer, copywriter, hingga desainer grafis. Untuk profesi yang disebutkan terakhir, banyak sekali orang yang ingin bekerja sebagai desainer grafis. Sisi kreativitas bisa dikeluarkan di sana, berikut juga dengan skill yang mumpuni. Namun dengan kemajuan zaman, para desainer grafis juga membutuhkan alat desain grafis agar bisa mendapatkan hasil karya yang optimal.

Untungnya, sekarang sudah banyak alat desain grafis yang berguna untuk memudahkan kerja dari desainer grafis. Seiring berjalannya waktu, sebenarnya alat-alat ini wajib dimiliki juga. Apa saja alat desain grafis yang wajib dimiliki desainer grafis? Berikut ulasan lengkapnya.

Laptop

Alat pertama yang harus dimiliki desainer grafis tentu saja adalah laptop. Saat ini banyak laptop yang memiliki kemampuan mumpuni untuk digunakan sebagai perangkat desain. Laptop tersebut pun juga bisa menggunakan berbagai macam software desain tanpa mengalami masalah seperti lag atau freeze. Untuk merek laptop yang bisa digunakan, sebenarnya Macbook dari Apple tetap menjadi jagoan untuk hal ini. Namun merek lainnya pun tetap bisa digunakan untuk desain grafis.

Drawing Pad

Bagi para desainer grafis yang memiliki kemampuan menggambar secara langsung, namun tetap membutuhkan polesan software desain, maka memiliki drawing pad adalah sebuah kewajiban. Dengan drawing pad, maka Anda bisa langsung melakukan aktivitas menggambar di dalam software desain tanpa menggunakan mouse. Jadi hasilnya akan lebih detail dan sesuai dengan kemampuan Anda dalam menggambar. Sisanya tinggal Anda poles dengan software yang digunakan. Pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah juga.

Baca Juga: Adobe Experience Design, Tool Bagi Desainer UI/UX

Buku Gambar

Dalam praktiknya, ada juga desainer grafis yang tetap membutuhkan buku gambar di dalam membuat sebuah desain. Biasanya buku gambar ini dipakai desainer grafis untuk membuat draft atau konsep terlebih dahulu. Dengan begitu, maka Anda akan tahu langkah apa saja yang harus dilakukan ketika sudah berada di depan laptop serta drawing pad. Desainer grafis pun juga bisa lebih mudah untuk menggambar di mana saja, tanpa perlu membuka laptop terlebih dahulu.

Scanner

Tidak lengkap rasanya berbicara mengenai desain grafis tapi tidak membahas pentingnya keberadaan scanner. Bisa dibilang, buku gambar dan scanner memiliki hubungan satu sama lain yang bisa membantu pekerjaan Anda. Hasil dari gambar Anda di buku gambar bisa diproduksi dalam bentuk digital dengan bantuan scanner.

Peralatan Menggambar Lainnya

Setelah membicarkan empat alat desain grafis di atas, pada akhirnya, para desainer grafis juga membutuhkan berbagai macam peralatan lainnya. Alat-alat ini bisa disebut sebagai alat penunjang. Bentuknya seperti berbagai macam pulpen, spidol, pensil warna dengan ukuran yang berbeda-beda. Dengan begitu, kinerja desainer grafis bisa lebih optimal lagi berkat adanya alat-alat ini.

Itulah lima alat desain grafis yang wajib dimiliki desainer grafis. Semuanya memiliki kegunaan yang penting. Tinggal Anda mau memilih yang mana untuk diutamakan. Semoga informasi tentang alat-alat desainer grafis ini berguna untuk Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar dan share artikel ini agar bisa semakin banyak orang yang tahu tentang kebutuhan para desainer grafis.

Deka Mulyana
Deka Mulyana
Graphic Designer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *