Facebook Menambahkan Tombol “Like” Baru: Dari Senang Hingga Sedih
Februari 26, 2016
4 Hal Yang Tidak Boleh Kamu Posting di Social Media
Maret 1, 2016
Show all

5 Hal Yang Dapat Dipelajari Dari Nominasi Oscar Tahun Ini

Setiap pengusaha pasti pernah, atau mungkin sedang mengalami masa sulit selama mereka menjalankan bisnisnya. Dan setiap masa sulit yang dilalui, pasti selalu ada pelajaran yang dapat dipetik dari sana. Pada nominasi Oscar tahun ini ada beberapa film yang mengajarkan kepada kita (khususnya pengusaha) untuk dapat memahami betul apa yang sedang dihadapi. Diantaranya yaitu tentang bagaimana cara memecahkan masalah, bagaimana bersikap tenang, bagaimana mengambil banyak tantangan dalam satu waktu dan lain sebagainya. Dikutip dari Entrepreneur.com, berikut adalah daftarnya:

Joy : Jangan Biarkan Mereka Membatasimu

Pada film Joy, Jennifer Lawrence yang memerankan tokok Joy Mangano – seorang single mom yang ingin kalau penemuannya dibawa ke pasar — the Miracle Mop. Pada film ini, Joy diremehkan oleh semua orang karena dianggap penemuannya itu tak berguna. Tidak hanya itu, bahkan satupun keluarganya tidak ada yang mendukung terkait penemuannya itu. Tapi ia tidak menyerah begitu saja, hal ini malah membuat tekadnya semakin kuat. Hal tersebut juga malah membuat Joy memberikan “perlawanan” terhadap siapa saja yang meragukan kemampuan dirinya.

The Martian : Kurangi Panik, Berimprovisasilah

Tiba-tiba ditinggalkan oleh awak kapal lainnya di Mars saat badai berbahaya menyeang, Astronaut Mark Watney (Matt Damon) mencari cara bagaimana caranya agr ia tetap dapat bertahan hidup disana. Ia pun mencari cara bagaimana pertahanan yang dibangun dapat cukup kuat untuk dapat menghubungi NASA dan mencari cara untuk pulang. Masalah terus timbul, namun ia tidak menyerah, sikapnya yang tenang dengan disuguhi sense of humor membuat dirinya dapat bertahan hidup. Kamu dapat melihat bagaimana ia mampu menemukan solusi dan cara untuk berkembang dengan caranya sendiri. Sikap dari Watney ini dapat kamu sisipkan di tengah-tengah kehidupan bisnismu.

Spotlight : Bersama Kita Bisa Lebih Baik

Spotlight bercerita tentang sebuah grup yang terdiri dari reporter investigasi dan editor di Boston Globe. Mereka bersama-sama ingin memecahkan kasus yang terjadi di dalam Gereja Katolik. Masing-masing reporter dan editor memiliki kemampuan yang berbeda untuk pemecahan kasus tersebut. Inilah yang membuat film ini semakin menarik, karena perbedaan dan kebersamaan itulah yang membuat kasus ini akhirnya dapat terpecahkan. Sama halnya dengan sebuah bisnis, jika dilakukan secara bersama-sama maka permasalahan seperti apapun akan dapat dilewati.

The Revenant : Pertahanan Dilakukan Dalam Sekali Waktu

The Revenant menceritakan tentang kisah seorang pemburu, Hugh Glass, yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio. Disini diceritakan bahwa Hugh berjuang keras untuk dapat pulang ketika ia melakukan kesalahan dalam perjalanan ekspedisinya. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa Hugh harus bertahan hidup sendiri karena hanya ia saja yang tersisa. Hugh diserang oleh beruang besar dan dipaksa untuk memotong serta membuka sebuah bangkai kuda untuk melindungi dirinya. Akalnya diuji di setiap langkah, dan pada saat itu juga ia dirampok oleh dua orang yang selama ini tinggal bersamanya. Rasa balas dendam yang kuat, membuat Hugh harus bisa bertahan hidup dan memutuskan untuk melakukan perjalanan yang sangat jauh dan berbahaya. Kisah Hugh ini dapat mengajarkan kepada kita walau dalam situasi sulit sekalipun, jangan mudah menyerah.

Inside Out : Belajar Untuk Mendengarkan

Meskipun Inside Out merupakan film animasi — yang biasa dikonsumsi oleh anak-anak — namun cerita di dalamnya sangat menarik dan mengandung banyak makna kehidupan. Diceritakan tentang isi hati seorang gadis cilik bernama Riley, yang memiliki banyak sekali emosi dalam pikirannya. Diantaranya ada Joy, Sadness, Anger, Disgust dan Fear. Dalam film ini diceritakan bahwa Joy — sang penggembira hati — selalu ingin Riley senang tanpa harus memikirkan emosi yang lain, seperti Sadness, misalnya. Namun di akhir cerita akhirnya Joy sadar bahwa dalam pikiran manusia, semua emosi haruslah seimbang, Disini kita diajarkan bahwa pandangan yang berbeda itu penting, berharga dan patut untuk didengarkan.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *