6 Things That Can Convince Your Boss To Send You to SEOCON 2020
November 11, 2019
Mengenal E-A-T Agar Konten Anda Disukai Google
November 18, 2019
Show all

7 Cara Melihat Traffic Website Anda

Sebagai seorang pemilik website tentu anda harus tahu cara melihat traffic website anda.Traffic adalah hal yang sangat penting untuk website anda.

Selain bisa digunakan sebagai metric untuk melihat seberapa berhasil website anda, traffic juga bisa menjadi awal mula dari terjadinya sebuah action di website anda.

Namun untuk melihat traffic di website anda, ada beberapa cara yang bisa dimanfaatkan. Di bawah ini adalah 7 cara untuk melihat seberapa banyak traffic yang ada di website anda.

1. Google Analytics

Google Analytics adalah layanan dari Google yang menyediakan tool untuk melihat traffik pengunjung Anda dari berbagai sumber seperti hasil pencarian secara langsung, link referral, iklan, dan lain-lain.

Sumber : Google Analytics

Anda juga dapat memasangkannya dengan Google Adword untuk mengukur efektivitas dari iklan Anda. Tentu saja layanan ini gratis dan sangat populer untuk digunakan.

2. Alexa Ranking

Banyak yang berpendapat bahwa Alexa ranking adalah metric yang terbaik untuk ranking website.

Sumber: Alexa.com

Alexa akan mengecek statistic dari setiap orang yang menggunakan Alexa toolbar di browser mereka, walaupun hanya 1% dari pengguna internet yang menggunakannya. Namun tetap masih bisa memberikan anda gambaran secara kasar mengenai popularitas sebuah website.

Alexa sedikit tidak bisa diandalkan, lebih baik menggunakan metric yang lain untuk sebagai cara melihat traffic website anda.

3. SEMRush.com

Tool favorit beberapa SEO savvy untuk keyword research, SEMRush memberikan anda banyak informasi mengenai search engine ranking sebuah website. Termasuk seberapa banyak traffic yang didapatkan untuk ranking mereka, kompetitor, backlink , dan masih banyak lagi.

 

Sumber: SEMRush.com

Dengan SEMRush anda dapat melihat dan mengestimasi seberapa banyak traffic yang didapatkan website anda untuk keyword tertentu. Sebuah tool yang baik untuk melihat traffic website anda.

4. SimiliarWeb.com

SimilarWeb tidak jauh berbeda dari Alexa, namun memiliki beberapa detail lebih. Yang membuatnya lebih akurat dibandingkan dengan Alexa.

Sumber: SimiliarWeb.com

SimilarWeb akan memberikan anda sebuah grafik berbentuk garis yang akan memberikan anda jumlah dari unique visitor dan sumbernya. Anda bisa mengetahui dari negara mana mereka datang, top referring site, top destination site ( situs yang dikunjungi setelah situs anda), display ads, dan masih banyak lagi.

5. Ahrefs.com

Ahrefs menawarkan banyak fitur untuk melihat informasi dari Website traffic, mulai dari lost dan broken backlink, domain yang mengerikan traffic terbanyak, SERP ranking, halaman yang memberikan anda traffic, dan masih banyak lagi.

Sumber: Ahrefs.com

Ahrefs juga merupakan salah satu tools yang disukai oleh para penggiat SEO.

Ahrefs juga bagus untuk mengecek kompetitor anda, dan juga dapat menolong anda untuk mengimprove website anda sendiri dengan mengetahui traffic dan juga beberapa area yang bisa lebih anda improve kedepannya.

6. SE Ranking

SE Ranking juga akan memberikan anda detail yang banyak sama halnya dengan SEMRush dan Ahrefs.

Sumber: Ahrefs.com

Salah satu detailnya adalah seberapa tinggi website anda dan website kompetitor anda ranking dan juga seberapa banyak orang-orang melihat kalimat pencarian anda. Tool ini memiliki popularitas yang semakin bertambah. Kedepannya tool ini juga dapat menjadi favorit orang-orang untuk melihat traffic website mereka.

7. Komentar di Postingan Blog Anda

Setiap komentar yang ada di postingan blog anda dapat menjadi indikasi mengenai seberapa banyak traffic yang datang ke website anda.

Walaupun belum tentu semua yang datang ke website anda dan membaca blog akan meninggalkan komen, namun jumlah komen dapat memberikan anda sebuah gambaran mengenai seberapa banyak orang-orang mengunjungi website anda.

7 hal diatas dapat anda manfaatkan sebagai cara untuk melihat traffic website anda. Dengan melihat sekaligus mengukur traffic website anda, maka anda dapat menentukan strategi apa lagi yang akan anda lakukan kedepannya.

Seperti strategi apa yang akan anda lakukan untuk meningkatkan conversion rate anda, sehingga anda dapat memenuhi goal dari perusahaan anda ketika menciptakan website ini.

 

Apakah anda memiliki cara lain untuk melihat website, atau apakah anda memiliki pendapat yang berbeda? Silahkan bagikan pada kolom komentar.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *