Fungsi Cara Kerja Pagespeed Google
Fungsi dan Cara Kerja PageSpeed Google
Mei 11, 2020
Cara Meningkatkan Produktivitas Marketing
Barisan Cara Meningkatkan Produktivitas Marketing
Mei 11, 2020
Show all

Mengapa Konsep Pemasaran Sekarang Lebih Populer?

Mengapa Konsep Pemasaran Sekarang Lebih Populer

Mengapa Konsep Pemasaran Sekarang Lebih Populer

Dalam menjalankan bisnis, pastinya ada beragam konsep atau ilmu yang harus dipahami sekaligus dijalankan. Salah satunya adalah konsep pemasaran. Biasanya, konsep pemasaran selalu dibandingkan dengan konsep penjualan. Dari segi namanya saja, sudah terlihat perbedaan yang terasa. Selain itu praktiknya pun juga berbeda. Namun pada akhirnya, lebih banyak yang merasakan keuntungan dalam konsep pemasaran. Sebenarnya mengapa konsep pemasaran sekarang lebih populer dibandingkan konsep penjualan?

Sebelum masuk ke beberapa alasan naiknya popularitas konsep pemasaran dibandingkan konsep penjualan, Anda harus tahu dulu pengertian dari kedua konsep ini.

Pengertian Konsep Pemasaran dan Konsep Penjualan

Pada dasarnya, konsep pemasaran adalah konsep yang fokus kepada memenuhi kebutuhan konsumen. Sedangkan konsep penjualan adalah konsep yang fokus untuk menjual produk yang sudah dibuat untuk dijual kepada konsumen.

Dari penjelasan singkat di atas, sebenarnya sudah jelas bagaimana konsep pemasaran bisa lebih nyaman untuk dijalankan. Bagi perusahaan sendiri, konsep pemasaran juga lebih baik pada hari ini dibandingkan konsep penjualan.

Ketika melakukan konsep penjualan, maka banyak sekali aspek atau langkah yang harus dilakukan. Saat produk yang ingin dijual sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah mulai masuk ke urusan promosi besar-besaran agar bisa mencapai target penjualan sekaligus keuntungan. Namun dalam praktiknya, terkadang promosi yang sudah dilakukan pun juga tidak bisa membuat penjualan menjadi naik. Keuntungan yang diharapkan akhirnya menjadi target belaka.

Mengapa hal ini bisa terjadi, karena konsep penjualan itu tidak menjawab kebutuhan konsumen. Seakan-akan, produk yang sudah terlebih dahulu dipaksakan untuk dijual di pasar. Akhirnya pilihannya hanya dua, produk tersebut laku atau produk tersebut menjadi kegagalan. Ketika masuk ke pilihan kedua, maka itu artinya produk yang dibuat tidak bisa menjawab kebutuhan konsumen.

Tentu saja ini berbeda dengan konsep pemasaran yang menawarkan jawaban kepada kebutuhan konsumen. Selain itu, masih ada hal-hal yang menjadi keunggulan konsep pemasaran. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Lebih Relevan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, konsep pemasaran memang berusaha menjawab kebutuhan konsumen. Dari sana, akhirnya produk yang diciptakan menjadi lebih relevan bagi para konsumen. Mereka melihat bahwa produk tersebut memanglah yang mereka butuhkan. Akhirnya penjualan yang diharapkan pun bisa dicapai dengan konsep pemasaran yang baik.

  1. Mampu Mencapai Target

Tidak hanya lebih relevan saja, konsep pemasaran juga mampu mencapai target pasar yang ingin dicapai. Dengan penelitian yang sudah dilakukan dari target pasar yang sesuai, maka akhirnya Anda bisa tahu apa yang dibutuhkan oleh mereka. Dari informasi yang didapatkan, membuat terciptanya satu produk yang baik dan sesuai.

  1. Tidak Meraba Pasar

Kelebihan konsep pemasaran adalah mereka tidak perlu lagi meraba pasar terkait kebutuhan konsumen. Dengan menjalankan konsep ini, maka sudah pasti didapatkan informasi kebutuhan pasar yang bisa dipenuhi dengan optimal melalui produk yang dibuat.

Itulah beberapa alasan mengapa konsep pemasaran sekarang lebih populer. Memang untuk hari ini, konsep pemasaran lebih layak untuk difokuskan dibandingkan konsep penjualan. Jangan sampai Anda salah langkah dalam memilih mana yang terbaik untuk Anda. Gunakan saja konsep pemasaran mulai sekarang.

Baca Juga: 5 Peran SEO Dalam Pemasaran Online

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *