Apa Itu Instagram Insights
Mengenal Apa Itu Instagram Insights Beserta Fitur
Juni 19, 2020
Cara Membuat Lokasi di Google Maps
Bagaimana Cara Membuat Lokasi Di Google Maps?
Juni 22, 2020
Show all

Apa itu SSL? Mengapa Penting Dalam SEO?

SSL Adalah

SSL Adalah

Perkembangan teknologi memang pada dasarnya harus disyukuri. Banyak sekali kemudahan yang bisa didapatkan dari penggunaan teknologi baru. Namun sebenarnya tidak hanya di situ saja. Ketika teknologi berkembang, ada masalah baru, yaitu keamanan data. Untuk bisa mengamankan data di dalam sebuah website, sebenarnya Anda bisa menggunakan SSL. Apa itu SSL? SSL adalah akronim dari Secure Socket Layer.

Namun tidak hanya di situ saja penjelasan tentang SSL. Masih banyak lagi penjelasan SSL yang tidak hanya penting untuk data-data di dalam website, tetapi juga penting untuk SEO (Search Engine Optimization). Ya, sebagai salah satu strategi yang sedang banyak dipergunakan oleh berbagai jenis bisnis, SEO juga memerlukan bantuan SSL dalam optimasi website.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang SSL dan juga hubungannya dengan SEO, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

SSL Adalah…

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, SSL adalah akronim dari singkatan Secure Socket Layer. Untuk lebih jelasnya lagi, SSL itu memiliki manfaat yang besar dalam sistem keamanan website. Ketika website yang Anda miliki harus menarik data dari berbagai pengunjung, khususnya yang menyediakan halaman Login, maka sangat perlu adanya SSL.

Dengan SSL, transfer data yang dilakukan bisa menjadi lebih aman. Selain itu, dari segi kepercayaan untuk Google atau internet sendiri, juga menjadi lebih didapatkan. Mengapa bisa begitu? Ketika di dalam website Anda sudah terpasang SSL, maka URL website akan mengalami sedikit perubahan. Pada awalnya, bagian depan URL akan dituliskan HTTP. Namun, ketika sudah ada SSL, maka akan tertulis HTTPS. Jadi sudah jelas perbedaan yang ada.

Selain itu, ketika memang website Anda sudah terpasang SSL, ada browser yang bisa mendeteksi keberadaannya. Jika sudah terpasang, maka dinilai sudah Secure alias aman. Jika belum terpasang SSL, maka dinilai Not Secure. Tentu saja itu bukanlah pertanda yang bagus. Maka dari itu, wajib sekali untuk memiliki sistem keamanan SSL di dalam website.

Manfaat SSL Untuk SEO

Dalam SEO sendiri, sangat dibutuhkan keberadaan SSL untuk website yang dioptimasi. Mengapa bisa begitu? Untuk SEO, Google selalu ingin mengutamakan website yang memiliki keamanan yang sudah terjamin. Tentu saja dengan begitu, para pengunjung yang masuk ke dalam website tersebut akan mendapatkan keamanan yang baik.

Maka dari itu, Google selalu mengutamakan website yang sudah memiliki sistem keamanan SSL untuk berada di halaman pertama dari hasil pencarian. Jika memang belum memiliki SSL, maka Google akan tidak mau mendukung website tersebut untuk berada di halaman pertama.

Jadinya semua optimasi SEO yang dilakukan akan berakhir sia-sia tanpa adanya SSL. Seberapa bagus strategi SEO yang diterapkan tetap tidak akan berguna tanpa adanya SSL serta kepercayaan Google terhadap keamanan website tersebut.

Jadi, sekarang sudah jelas mengapa SSL itu penting dalam SEO. Jangan pernah melupakan sistem keamanan yang baik di dalam website Anda karena tidak hanya menguntungkan untuk Anda saja, tetapi juga bagus untuk penerapan strategi SEO.

Baca Juga: Pentingnya Keamanan Website Demi Menjaga Data

Itulah penjelasan tentang apa itu SSL dan pentingnya keberadaan SSL dalam SEO. Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *