DesignAwards.Asia Design Of The Day
4 Cara Berkomunikasi Dengan Baik Disaat Gugup
Februari 24, 2016
Facebook Menambahkan Tombol “Like” Baru: Dari Senang Hingga Sedih
Februari 26, 2016
Show all

Apa Maksud Layout Baru Google Bagi Para Marketer?

Young businessman looking at his growing share. Healthy and successful business!

Seperti yang kita tahu bahwa baru-baru ini Google baru saja mengubah cara beriklannya (re: Google Ads). Jika masih ada dari kamu yang belum tau, silahkan klik disini. Jika sudah, lalu apa sebenarnya tujuan dari Google menggunakan metode ini – menghilangkan Ads di sebelah kanan mesin pencari. Alasan yang paling mendasar yaitu dapat mempengaruhi PPC dan SEO campaign yang tengah kamu lakukan.

Dikutip dari Search Engine Land, bahwa Google telah mengetes empat ads diatas organic results selama bertahun-tahun, meskipun hanya untuk sebagian kecil dari pencarian. Sekarang diutamakan untuk pencarian yang besar, khususnya “highly commercial queries” yang dapat muncul di empat iklan yang dimaksud.

Ada beberapa akibat positif dan negatif bagi marketer terkait hal tersebut, diantaranya:

Berdasarkan analisis keseluruhan iProspects UK, iklan yang berada dalam posisi tersebut menerima 14x klik lebih banyak untuk kata kunci yang sama pada iklan sebelah kanan. Ini berarti bahwa dengan dihilangkannya iklan di sisi sebelah kanan mesin pencari, dapat meningkatkan sales bagi para marketer. Dan perlu diketahui, bahwa iklan dengan CTR yang lebih baik dan menerima Quality Score yan lebih baik, besar kemungkinanannya untuk muncul pada banner dengan proporsi waktu yang lebih tinggi.

Untuk dampak negatif dari perubahan cara beriklan ini adalah:

Perubahan ini akan memberikan dampak yang signifikan untuk PPC. Jika dibandingkan dengan 11 ads dalam satu halaman, sekarang kita hanya akan melihat ads maksimal tujuh, dan lebih dari setengahnya adalah banner yang memiliki value yang tinggi. Jadi marketer patut harap-harap cemas karena berharap penawaran meningkat di tengah persaingan yang semakin ketat demi mendapat posisi top-of-page.

Keseimbangan antara PPC dan SEO kamu saat ini adalah hal terpenting dari yang lainnya. Jika kamu melakukan pencarian terhadap sebuah produk atau jasa yang memang sudah terkenal dan memiliki “highly commercial queries”  maka kamu akan melihat: empat ads, delapan hasil produk mereka, dan satu pencarian yang natural. Hanya ada 8% kemungkinan bahwa iklan kamu bisa muncul pada above-the-fold area. Ini tampaknya akan menjadi kesulitan yang cukup serius untuk SEO Traffic. 

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar SEO atau AdWords silahkan hubungi kami di 021-5890 1608.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *