Content Marketing Adalah
Optimalkan Digital Marketing Anda Dengan Content Marketing
Februari 25, 2020
Social media marketing adalah strategi penting bisnis
Social Media Marketing Adalah Strategi Penting Dalam Bisnis
Maret 2, 2020
Show all

Apa Tugas dan Fungsi Seorang Content Writer?

Content writer adalah profesi yang dibutuhkan industri

Content writer adalah profesi yang dibutuhkan industri

Dalam content marketing, Anda akan mengenal sebuah profesi yang berhubungan erat dengan pembuatan konten. Profesi ini biasa disebut dengan content writerContent writer adalah penulis konten yang banyak dibutuhkan oleh banyak industri.

Lalu apa itu content writer? Apa saja tugasnya?

Tugas-tugas Content Writer

Selain menulis konten, ada beberapa tugas yang sering dilakukan oleh seorang content writer, berikut beberapa tugasnya:

Distribusi konten di website perusahaan

Ini adalah salah satu tugas dasar dari seorang content writer selain menulis konten. tugas ini menuntut penulis artikel untuk melakukan update terhadap isi dari blog website berupa artikel rutin, serta konten-konten lainnya. Skill yang cukup berguna dalam hal ini adalah pengoperasian CMS dari website perusahaan. Yang biasanya akan diajarkan kepada Anda pada hari-hari pertama ketika memulai pekerjaan ini.

Mengisi deskripsi produk

Tugas Ini akan dilaksanakan ketika perusahaan memiliki toko online atau sejenisnya. Tugas utamanya adalah mengisi deskripsi-deskripsi produk yang akan ditampilkan di website.

Mengelola konten di media sosial

Biasanya yang menangani hal ini adalah seorang Social Media Specialist, tetapi ada kalanya perusahaan yang juga memberikan job desc ini kepada seorang content writer untuk mengatur konten-konten di media sosial perusahaan.

Membantu divisi lain dalam perihal artikel

Tugas lainnya adalah membantu untuk memenuhi kebutuhan divisi lain yang terkait dengan artikel atau segala hal yang berbau mengenai konten tulisan, bisa saja kalimat untuk poster, newsletter, atau konten-konten lainnya. 

Melakukan riset keyword

Seorang content writer juga perlu melakukan riset terhadap keyword, namun biasanya akan dibantu oleh seorang optimizer SEO yang tentu saja memiliki tool yang bisa memudahkan proses ini. Keyword yang ditemukan bisa dijadikan sebuah konten artikel untuk website perusahaan.

Baca Juga: Optimalkan Digital Marketing Anda Dengan Content Marketing

Poin-Poin Penting Untuk Seorang Content Writer

Seorang content writer akan memiliki beberapa poin penting yang akan mempengaruhi pekerjaan mereka. Berikut adalah poin-poin yang bisa Anda jadikan perhatiaan ketika ingin menjadi seorang content writer:

Dapat Membangun Branding Perusahaan

Perusahaan pasti akan berharap dari artikel-artikel yang ditulis akan dapat memberi benefit lebih bagi brand-nya. Tulisan yang dibuat harus bisa meningkatkan branding dari perusahaan. Setiap tulisan harus meningkatkan kepercayaan serta awareness publik terhadap perusahaan.

Membuat Konten yang Unik dan Relevan

Artikel yang dibuat tidak hanya harus menarik, namun juga harus unik serta relevan. Konten yang unik serta relevan akan dapat membantu website perusahaan untuk dapat muncul pada rangking atas dari halaman hasil pencarian.

Hal ini akan berdampak baik, salah satunya adalah mendatangkan traffic yang bisa dijadikan pelanggan kedepannya melalui konten-konten lainnya, yang tentu saja harus menarik.

Konten Harus Bermanfaat

Artikel yang memuat konten bermanfaat akan memiliki nilai tambah di mata pengguna dan juga mesin pencari. Hal ini dikarenakan konten Anda akan bisa menjadi sumber referensi untuk artikel lainnya, yang akan meningkatkan authority dari website perusahaan. Authority adalah poin penting untuk menentukan rangking dari sebuah website dalam hasil pencariaan.

Membantu SEO Perusahaan

Poin-poin di atas akan sangat membantu strategi SEO yang akan diterapkan untuk website perusahaan. Seorang content writer harus bisa mengintegrasikan konten yang sudah dibuat ke dalam strategi SEO perusahaan. Karena konten adalah bagian penting dari SEO on-page, salah satu bentuk strategi SEO yang akan sangat berpengaruh.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *