Apa Itu Segmentasi Konsumen eCommerce?
Agustus 25, 2016
Google Siap Menindaklanjuti Halaman Dengan Popup Ads Mulai Januari 2017
September 13, 2016
Show all

Apa Yang Harus Kamu Pertimbangkan Dalam Memilih Segmentasi?

Setelah kemarin membahas segmentasi yang harus kamu pertimbangkan sebagai seller – baca selengkapnyaKali ini kita akan membahas apa saja yang harus kita pertimbangkan sebagai seller dalam memilih segmentasi.

Segmentasi merupakan hal yang sangat penting untuk menentukan target market yang sebenarnya. Hal itu membantu kamu mengirimkan pesan kepada orang yang tepat di saat yang tepat juga. Namun apakah selama ini pengiriman pesannya sudah tepat? Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan dalam menjabarkan segmentasi untuk perusahaanmu:

  1. Jangan tawarkan diskon kepada orang yang tidak membutuhkannya. Saat ini banyak sekali website eCommerce yang menawarkan berbagai diskon (biasanya berbentuk kupon) pada pengunjungnya. Dan biasanya kupon tersebut bisa digunakan jika kamu baru pertama kali melakukan transaksi. Tapi tahukah kamu kalau di luar sana banyak sekali orang yang hanya “mengincar” kupon namun tak pernah menggunakannya? Hal ini terjadi karena mereka hanya mengharapkan kupon untuk pembelian selanjutnya. Sebetulnya hal ini tidak masalah selama mereka benar-benar menggunakan kupon tersebut untuk melakukan transaksi, bukan hanya mengumpulkannya.
  2. Bantu mereka kepada “next step” selama berbelanja di situs kamu.  Seperti yang kamu pikirkan tentang segmentasimu, kamu juga perlu sadar bahwa tidak semua konsumen berada pada bagian yang sama pada setiap perjalanan pembelanjaan mereka. Sebagian orang mungkin baru saja mempelajari beberapa produk yang kamu miliki. Dan sebagiannya lagi hanya membandingkan produkmu dengan yang lain. Yang lainnya juga ada yang serius mencari dan melakukan transaksi di situsmu. Kamu bisa menentukan ini dengan melihat produk mana yang ia lihat, berapa lama mereka di dalam situsmu, apa yang mereka unduh dan form mana yang mereka isi. Gunakan data tersebut untuk menentukan apa yang sebaiknya mereka lakukan untuk langhakh selanjutnya sebelum meninggalkan situsmu. Ini bukan melulu soal kupon. Bisa jadi sebuah studi kasus, atau ceklis.
  3. Kamu harus yakin bahwa data yang dikumpulkan itu benar. Segmentasi haruslah terukur dan tersedia. Sepertinya kurang bagus jika membicarakan tentang strategi segmentasi yang dilihat dari berapa lama waktu mereka untuk mengunjungi halaman produk, atau berapa banyak kunjungan ke halaman tersebut dalam minggu terakhir, jika kamu tidak memiliki data. Jadi berlatihlah dan coba temukan data apa yang kamu miliki atau dapatkan dari sana. Pastikan semua data yang kamu dapatkan itu sudah benar, sehingga tidak terjadi kesalahan pada saat kamu menentukan segmentasinya.

Saat memiliki eCommerce, tidak peduli apa platformnya. Kenyataannya adalah jika kamu memiliki toko, segmentasi konsumen eCommerce haruslah menjadi hal yang paling penting dari strategi kamu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan kamu serta membangun hubungan yang baik dengan konsumen kamu.

Dwi Nurul
Dwi Nurul
Content Marketing Strategist di Toffeedev. Sangat antusias untuk bidang marketing, public relations, and digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *