Wix vs Wordpress
Wix vs WordPress: Mana Platform Website Terbaik?
Februari 6, 2020
Android vs iOS
Android vs iOS: Platform Mobile Terbaik untuk Development
Februari 6, 2020
Show all

Safari, Web Browser Bagi Pengguna Apple

Apple Safari

Apple Safari

Pengguna Apple pasti sudah tidak asing lagi dengan Safari, web browser yang sudah ada secara default pada perangkat buatan Apple yang sudah Anda beli, mulai dari iPhone, Mac OS, iPad, hingga iPod touch.

Sama halnya dengan web browser lainnya, fungsi Safari tidak jauh berbeda, mulai dari kemampuan untuk berselancar di internet, membookmark situs favorit Anda, hingga membuka banyak tab sekaligus dalam satu sesi. Safari juga salah satu browser yang memberikan support terhadap standar terbaru dari HTML5, karena Safari dibuat dengan WebKit engine. 

Saat ini, Safari pada Mac OS adalah versi 11.1 yang memiliki sebuah upgrade pada Intelligent Tracking Prevention, yang dapat menjadi penghalang bagi website-website yang melacak halaman yang sudah Anda browse di website lain.

Lalu Apa yang Membedakan Safari dari Web Browser Lainnya?

Banyaknya pilihan diluar sana tentu akan menjadi pertimbangan Anda dalam memilih web browser mana yang akan Anda gunakan. Kelebihan tentu akan menjadi pertimbangan utama Anda, hal ini juga akan menjadi pembeda dari satu browser dengan browser lainnya. 

Berikut adalah beberapa kelebihan atau poin yang membuat Safari berbeda dari web browser lainnya:

  1. iCloud Tab Browsing. Fitur yang akan memudahkan Anda sebagai pengguna Apple yang hidup dalam Apple ecosystem, karena akan saling mensinkronisasikan seluruh tab yang Anda buka pada perangkat Mac OS dan iOS Anda yang login dengan akun iCloud yang sama. Jadi ketika Anda membuka tab pada iPhone, maka Anda bisa melanjutkannya pada iMac Anda. 
  2. Sharing. Kelebihan lainnya adalah tombol share yang sudah built-in. Akan memudahkan Anda ketika ingin membagikan website melalui messaging, email, atau sosial media. Dan dengan menggunakan AirDrop Anda dapat membagikan website kepada perangkat Apple yang lainnya.
  3. Reader View. Safari juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi sebuah artikel dan mempresentasikannya dengan format yang tidak menampilkan navigasi serta iklan, yang akan memberikan tampilan yang lebih enak dibaca.
  4. Energy Efficient. Jika Anda pengguna perangkat mobile dari Apple, entah itu laptop maupun smartphone, fitur ini akan sangat berguna. Safari merupakan salah satu browser yang hemat energi, dibandingkan para pesaingnya.

Kelebihan-kelebihan di atas tentu dapat menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakan Safari, namun bila ada kelebihan pasti juga ada kekurangan yang juga akan mempengaruhi keputusan Anda untuk menggunakan sebuah produk.

Baca Juga: Mau Uji Kecepatan Internet Milik Anda? Gunakan 4 Website Ini

Kekurangan Dari Safari

Kelebihan yang ditawarkan oleh safri memang benar-benar menguntungkan para pengguna yang berada dalam Apple ecosystem. Namun mereka juga merasakan beberapa kekurangan seperti:

  1. Limited Plugin Support. Plugin yang tersedia untuk Safari sangat terbatas dibandingkan web browser lainnya. Terutama Chrome.
  2. Apple Exclusive. Safari adalah browser yang dibuat khusus untuk produk Apple, sehingga tidak mungkin untuk menjalankannya pada perangkat Android. Namun bagi Anda pengguna Linux, Anda masih dapat menggunakan Safari. Namun jika Anda pengguna Windows, Anda sudah tidak dapat lagi menginstall Safari pada perangkat Anda. 
  3. No Tab Icons. Browser lainnya seperti Chrome, menambahkan ikon untuk membedakan tab pada browser, dan membantu pengguna untuk memilih mana yang mereka inginkan, Safari tidak memberikan opsi ini.

Kesimpulan

Safari dapat menjadi pilihan yang bagus bagi pengguna Apple ecosystem, dengan berbagai fitur yang akan menolong Anda, ditambah Safari yang sudah built-in pada perangkat-perangkat Apple. Namun bukan berarti Anda wajib menggunakannya, ada banyak pilihan diluar sana yang bisa Anda gunakan.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *