Cara Meningkatkan CTR Google Ads
April 2, 2019
Memulai Karir di Digital Marketing
Memulai Karir di Digital Marketing
April 9, 2019
Show all

Memulai Backlink Untuk Optimasi SEO

Halo, Selamat Pagi.

Kembali lagi dengan saya Tara. Saya di sini sebagai SEO Specialist.

Kali ini saya akan sharing bagaimana memulai link building atau backlink sebelum anda melakukan backlink tersebut.

Sebelum melakukan backlink biasanya kita harus research forum, blog, atau link profile yang akan kita lakukan optimasi backlink. Pada saat tersebut, kita harus cek dahulu bagaimana backlink-nya yang akan kita taruh di tempat tersebut. Untuk itu ada beberapa tips untuk anda yang akan melakukan backlink pada sebuah website.

Pertama, anda harus mengecek website tersebut banyak spamer atau tidak. Biasanya yang nge-spam itu kayak semacam obat-obatan, forum-forum porn, itu biasanya mereka pada backlink-backlink itu pada spamer. Biasanya mereka komentar itu bisa ribuan bahkan seratus komentar dalam satu komentar saja.

Di situ kalian harus milih bagaimana caranya agar pas lagi link building itu gak banyak spamer yang kayak gitu atau mungkin no spamer.

Kedua, cari tempat link building yang kelihatannya relevan dengan website anda. Misalnya website anda menjual peralatan otomotif atau sewa mobil dan segala macam, mungkin bisa melakukan link building di kayak semacam forum otomotif atau forum yang biasanya FJB. Itu biasanya mereka pada sharing-sharing soal sewa atau jual mobil. Nah, itu berarti masih termasuk kategori relevan.

Lalu ada juga yang ketiga. Ini harus cek PA-DA. Di situ bisa ngecek website yang anda lakukan link building itu punya kualitas atau nggak untuk website tersebut. Jadi kalau bisa PA-DA nya itu lumayan tinggi, jadi merasa gak sia-sia aja pas lagi nge-backlink.

Terus yang keempat, ada juga kayak anda harus ngecek untuk semacam kompetitor. Jadi anda juga harus ngecek sebelum melakukan backlink, ini kompetitor biasanya melakukan backlink dimana aja. Untuk ngecek backlink kompetitor waktu itu sudah sempat saya bahas, anda bisa ngecek menggunakan Ahrefs, SEMRush, terus ada Moz, ada juga kayak SEO review tools, itu biasanya mereka punya cara untuk ngecek backlink ke kompetitor.

Lalu setelah itu anda juga harus bisa pas saat link building misalnya di forum atau di blog, itu kelihatannya itu forumnya kayak hidup terus ada interaksi satu sama lain dan di satu sisi anda juga bisa naruh backlink di forum atau blog tersebut. Dan jangan lupa sebelumnya kalau mau misalnya mau backlink itu juga anda jangan main taruh backlink gitu aja. Soalnya terkadang misalnya anda taruh, itu spamer bisa ikutan masuk. Jadi kesannya andanya sudah natural terus tiba-tiba ada spamer. Jadi kalau bisa… emang sih cari backlink yang susah itu biasanya yang lebih butuh effort banyak dari pada nyari backlink yang naruh aja terus langsung di acc. Makanya itu kalau bisa cari yang mungkin agak sedikit moderasi, tapi dari admin yang moderasi ini bisa bedain mana backlink atau komentar yang natural atau yang nggak.

Segitu saja dari saya.

Untuk yang mau melakukan backlink mungkin bisa melakukan tahap yang tadi saya lakukan.

Terima kasih.

Tara Mulya
Tara Mulya
Interested with Digital Marketing, SEO and Public Relations.

4 Comments

  1. Akbar berkata:

    makasih infonya…

  2. Balkon Hotel berkata:

    Backlink mempunyai peranan yang sangat penting dalam membangun suatu blog, khusus nya backlink dofollow. Thanks

  3. Megumi berkata:

    thanks infonya gan

  4. Aurealisa berkata:

    Thank you very much for sharing such information with us.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *