Apa itu Copywriting
Apa Itu Copywriting? Mengapa Penting Saat Ini?
Maret 4, 2020
SEO Moz Keyword Tool
Mantapkan Proses Keyword Research dengan Tool dari Moz
Maret 5, 2020
Show all

Bangun Traffic Website Anda Dengan Featured Snippet

Featured Snippets on Google

Featured Snippets on Google

Mendapatkan traffic saat ini bukanlah hal yang sama seperti 10 tahun yang lalu, sudah banyak perubahan yang dibawa oleh Google, mulai dari teknologi hingga algoritma. Salah satu hal terbaru yang diperkenalkan adalah Featured Snippets on Google.

Apa itu Featured Snippet

Fitur ini secara resmi diperkenalkan pada tahun 2016, berbeda dari fitur Google lainnya dengan naman Answer box, yang berisi informasi dari Google knowledge box, dan tidak memiliki sumber. Sedangkan Featured snippet berisi informasi yang datang dari Google top 10 listing untuk setiap query serta berbagai website yang sudah diindeks Google

Pada tahun 2018 Google memberikan informasi yang lebih detail untuk featured snippets. Seperti perkembangan mengenai “Near-Matches”, fitur dimana Google akan memberikan informasi mengenai tentang “bukan yang sebenarnya yang anda cari”, melainkan informasi yang cukup dekat sehingga akan membantu anda dalam mencari informasi. Dan menampilkan lebih dari satu featured snippets untuk memberikan Anda informasi yang lebih.

Featured snippets on Google memiliki banyak tipe, mulai dari paragraf, list, tabel. Anda bisa memanfaatkan berbagai macam tipe ini untuk dioptimasi, yang dapat membantu Anda untuk mendatangkan traffic.

Dampak Featured Snippet Bagi SEO

Featured snippet dapat mempengaruhi SEO dalam 2 hal, seperti:

  1. Featured snippet dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan lebih banyak klik dari hasil pencarian organik. Tanpa perlu mendapatkan Google ranking. Bahkan faktanya featured snippet sering disebut sebagai “position zero” karena akan berada di atas dari posisi pertama.

Data dari Search Engine Land menunjukan bahwa 8% dari total keseluruhan klik didapatkan oleh featured snippet. Fitur ini dapat mendorong CTR organik dari website Anda.

  1. No-click search atau zero click search, ini adalah tren pencarian terbaru yang coba dibangun oleh Google, dan fitur ini akan sangat membantu tren ini. Karena mereka akan langsung mendapatkan jawaban dari apa yang mereka cari dengan featured snippet tanpa harus masuk ke dalam website. Namun ini juga bisa menjadi boomerang untuk Anda, karena apabila target keyword Anda banyak digunakan untuk tipe konten featured snippet maka konten-konten Anda akan memiliki penurunan ranking.

Kesempatan Untuk Muncul di Featured Snippet

 Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Ahrefs, 99,58% featured snippet mendapatkan ranking 10 besar dari Google. Jadi bila konten Anda sudah berada pada posisi atas dari ranking hasil pencarian, maka akan ada kemungkinan bagi Anda untuk bisa masuk ke dalam featured snippet

Namun data dari riset yang berbeda mengklaim bahwa 70% snippet berasal dari luar posisi 10 teratas. Ini bisa jadi pertanda bahwa tidak tertutup kemungkinan bila konten Anda berada di luar posisi 10 teratas.

Dalam sebuah studi, ada beberapa tipe query yang sering masuk kedalam snippet seperti:

  • DIY
  • Kesehatan
  • Financial
  • Status
  • Kebutuhan
  • Perhitungan
  • Transpostasi
  • Resep

Dengan memanfaatkan query diatas ini Anda bisa saja dengan mudah muncul pada feature snippet.

Yang paling penting untuk bisa muncul di-snippet adalah optimasi on-page SEO Anda dengan maksimal. Anda bisa memanfaatkan list, karena hal ini cukup sering muncul di featured snippet. Jangan lupa buat konten yang relevan serta faktual.

Kesimpulan

Untuk dapat masuk dalam featured snippet adalah hal yang baik bagi Anda, namun akan ada banyak hal yang harus Anda tingkatkan dan riset untuk mendapatkan kesempatan ini. Kita juga tidak tahu perubahan apalagi yang akan dibawa oleh Google kedepannya, yang bisa Anda lakukan saat ini adalah mengoptimasi konten Anda semaksimal mungkin.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat tentang Featured Snippets on Google yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *