Ahrefs Adalah
Ahrefs, SEO Tools yang Dipilih oleh Optimizer Profesional
Maret 31, 2020
Taksonomi Website
Mantapkan SEO dengan Taksonomi Website yang Baik
Maret 31, 2020
Show all

Gunakan Slug SEO-Friendly Untuk Membantu Website Anda

Contoh Slug SEO Friendly

Contoh Slug SEO Friendly

Untuk membantu website Anda mencapai hasil SEO yang optimal ada banyak hal yang harus Anda optimasi, terutama faktor – faktor on-page SEO. Selain menggunakan keyword yang tepat, konten yang relevan, Title tag dan meta desc yang sudah dioptimasi, internal dan external link, hingga optimasi alt image. Ada satu lagi hal yang bisa membantu Anda, yaitu Slug SEO-friendly.

Apa itu Slug SEO-Friendly

Slug sendiri adalah sebuah bagian dari URL yang secara unik menjadi sebuah identitas sebuah halaman, dengan format yang mudah dibaca oleh manusia dan juga mesin pencari. 

Secara default slug akan selalu ditulis dengan huruf kecil dan akan dipisahkan sebuah tanda penghubung (-). Apabila Anda menuliskan teks slug menggunakan spasi atau huruf besar, WordPress akan menggantinya secara otomatis. 

Slug pada tiap konten akan secara otomatis dibuat oleh WordPress. Jadi, semua postingan atau page/halaman di website akan memiliki slug, terkecuali homepage. Slug yang dibuat dengan tepat akan sangat membantu website Anda.

Pentingnya Slug SEO-Friendly

Slug akan menjadi penting karena dua alasan utama, yaitu:

  • Slug menjadi salah satu sinyal yang diperhitungkan oleh mesin pencari selama proses menentukan ranking di halaman hasil pencarian. Mesin pencari akan membaca slug untuk mencoba memahami apa yang dimaksud halaman tersebut.
  • Slug SEO-Friendly akan membantu pengguna mengidentifikasi konten apa yang akan mereka harapkan untuk dibaca.

Tips membuat Slug SEO-Friendly

Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat slug yang SEO Friendly, dan membantu SEO website Anda. Beberapa diantaranya adalah:

Slug yang Singkat dan Jelas

Pengaturan default dari slug akan mengikuti judul artikel Anda, jadi bila judul artikel Anda terlalu panjang, maka secara default slug Anda juga menjadi terlalu panjang. Tapi Anda bisa mengatur slug secara manual tanpa harus mengikuti judul artikel Anda.

Pastikan Slug Mengandung Keyword 

Slug yang tidak memiliki keyword adalah hal yang sangat keliru. Mesin pencari akan memberikan rekomendasi kepada penggunanya berdasarkan keyword. Jika slug dari artikel Anda tidak mengandung keyword, maka Anda akan melewatkan kesempatan besar untuk mendapatkan ranking. Yang tentu saja akan berpengaruh terhadap traffic website Anda.

Gunakan Kata – Kata yang Penting

Jangan gunakan kata – kata yg tidak terlalu berguna, kata penghubung seperti dengan, dan, ke, yang, pada akan lebih baik Anda dihindari. Ini akan membantu Google untuk merekomendasikan artikel Anda kepada para user.

Hati – Hati dalam Mengganti Slug

Mengganti slug bukan hal yang sulit. Namun, Anda harus tetap bijaksana menerapkannya, dan hati – hati jika Anda ingin mengganti slug pada artikel yang sudah lama Anda publikasikan.

Slug yang diganti akan menghasilkan alamat URL yang berbeda. Artinya, artikel dengan slug yang sudah diganti, bisa saja tidak dapat dikunjungi lagi dengan alamat URL yang sebelumnya digunakan.

Baca Juga: Apa itu Slug? Apa Kegunaannya Untuk Website Anda?

Secara sistem, WordPress akan berusaha untuk melakukan pengalihan ke URL yang baru. tetapi , pada beberapa kondisi hal ini tidak berjalan dengan semestinya. Solusinya, Anda bisa melakukan redirect secara manual dengan benar. 

Kesimpulan

Slug SEO-Friendly akan sangat membantu SEO website Anda dalam mendapatkan hasil yang diinginkan. Slug akan menjadi salah satu sinyal yang diperhatikan oleh mesin pencari untuk menentukan ranking dari website di halaman hasil pencarian.

Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda silahkan bagikan pada kolom komentar, dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Timotius
Timotius
Hello, I'm Timo. Working in the media industry since 2014, I want to absorb more experience in this industry and provide the best for my profession as a Content Writer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *