membuat SEO On-Site dan UX
SEO On-Site dan UX, Cara untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Juli 23, 2020
dua orang sedang mendiskusikan SEO Friendly Website Design
Cara Membuat SEO Friendly Website Design untuk Bisnis
Juli 23, 2020
Show all

Apa Bedanya Domain Authentication dan Page Authority? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Bedanya Domain Authentication dan Page Authority

Photo by Ilya Pavlov on Unsplash

Tidak banyak yang tahu bedanya Domain Authentication (DA) dan Page Authority (PA). DA dan PA sebenarnya masih bersinggungan dan erat kaitannya dengan SEO. Sebab, DA dan PA ini merupakan tolok ukur sebuah situs web apakah situs web tersebut berkualitas atau tidak. Lalu, apa bedanya Domain Authentication dan Page Authority? Simak pembahasannya berikut ini.

 

Domain Authentication

Domain Authentication/Otoritas Domain yang biasa disingkat menjadi DA adalah sebuah tolak ukur untuk sebuah domain situs web secara keseluruhan. DA ini akan mengukur kekuatan nama sebuah domain di mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Semakin tinggi nilai DA, semakin berkualitas pula situs webnya.

 

Ada 3 faktor yang bisa digunakan untuk menilai DA yakni:

  • Umur domain: menunjukkan sudah berapa lama domain tersebut bertahan di internet. Semakin lama umur domain akan semakin baik sebab ini menunjukkan konsistensi pemilik dalam mempertahankan situs webnya.
  • Popularitas domain: semakin banyak backlink atau inbound link yang mengarah pada situs web, semakin populer pula situs web tersebut. Dengan kepopuleran ini, nilai DA akan semakin tinggi karena dianggap berkualitas dan dipercaya para pengguna.
  • Ukuran domain: faktor yang satu ini dinilai dari berapa banyak postingan atau konten yang ada dalam situs web Anda. Dengan semakin banyak postingan artikel, semakin banyak pula backlink yang masuk ke situs web. Cara ini bisa meningkatkan nilai DA.

 

Page Authority

Page Authority/Otoritas Halaman yang biasa disingkat menjadi PA adalah sebuah tolok ukur yang untuk satu halaman saja di sebuah situs web. Jadi, kalau DA mengukur kekuatan secara keseluruhan, PA mengukur kekuatan hanya satu halaman saja. PA yang tinggi menunjukkan kalau halaman tersebut sering muncul di mesin pencari.

 

Sebenarnya tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PA. Tingginya nilai PA memang benar-benar didasarkan dari konten situs web yang berkualitas. Untuk itu, supaya PA bisa terus naik Anda harus memperhatikan konten yang original, baru, dan menarik, backlink ke halaman tersebut, dan menggunakan Alt Text Images yang disertai dengan keyword.

 

Selain artikel/konten yang berisi banyak keyword tapi tetap natural, Anda pun perlu memperhatikan hal lain dalam halaman ini seperti title tags, headings, struktur URL, internal link, dan sebagainya.

 

Apa Bedanya Domain Authentication dan Page Authority?

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang, apa bedanya Domain Authentication dan Page Authority? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kedua hal ini akan digunakan sebagai pengukur kualitas dari website sehingga bisa mendapatkan rangking atau peringkat di mesin pencari. Sekarang Anda bisa membayangkan bahwa Domain Authority ini sebagai rumah secara keseluruhan atau semuanya.

 

Namun di samping itu Page Authority merupakan salah satu ruangan yang ada di dalam rumah tersebut. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa kedua hal ini memang sangat penting dalam meningkatkan peringkat website. Dengan demikian maka kedua hal ini harus berjalan beriringan agar bisa dengan mudah dalam meningkatkan kualitas website Anda.

 

Cara mengecek Domain Authentication dan Page Authority

DA dan PA diukur dari range 0-100. Nilai terbaiknya adalah 100. Untuk mengetahui berapa nila DA dan PA situs web Anda, silakan coba klik link di bawah ini dan masukkan link situs web Anda.

 

  • https://moz.com/researchtools/ose

 

 

Nah, itu dia bedanya Domain Authentication dan Page Authority. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa untuk meninggalkan komentar pada kolom di bawah ini, ya!

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *