Neil Patel Ubersuggest
Cara Menggunakan Ubersuggest, Tool Ciptaan Neil Patel
Maret 9, 2020
GIF Creator
Ciptakan GIF Anda dengan Beberapa GIF Creator Gratis ini
Maret 10, 2020
Show all

Biografi Larry Page: Sosok Jenius Dibalik Google

Biografi Larry Page

Biografi Larry Page

Saat ini Google adalah sesuatu yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita. Mulai dari sekedar mencari informasi cuaca hari ini, hingga mencari tahu rumus fisika untuk pekerjaan rumah. Sosok dibalik mesin pencari no. 1 didunia ini adalah Larry Page dan Sergey Brin.

Namun di artikel ini kita akan secara khusus membahas mengenai biografi Larry Page. Dimulai dari perjalanan karirnya sejak awal hingga menjabat sebagai CEO Google dan CEO Alphabet Inc.

Awal Kehidupan Larry Page

Putra dari Carl Page dan Gloria dilahirkan di Lansing, Michigan. Page adalah seorang lulusan dari East Lansing High School. Ia memperoleh gelar Bachelor of Science dalam teknik komputer dari Universitas Michigan, dan juga merupakan seorang lulusan Master dari Universitas Stanford di Inggris. Beliau juga merupakan professor Ph.D. pada bidang komputer sains di Universitas Negeri Michigan.

Karier Larry Page

Dalam menempuh pendidikan untuk memperoleh gelar Ph.D. untuk ilmu komputer di Universitas Stanford, Larry Page bertemu dengan Sergey Brin. Mereka memiliki ketertarikan yang sama dalam bidang search engine

Pada tahun 1998, mereka berdua mulai menjalankan mesin pencari Google. Google adalah mesin pencari yang dibuat berdasarkan teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang didasari pada struktur link – link antar website untuk menentukan peringkat dari sebuah website. Page masih tetap berstatus on leave dari program Ph.D.-nya

Pada awalnya, Google adalah sebuah proyek yang dibuat oleh Larry Page untuk mendapatkan gelar Ph.D.- nya, namun proyek semakin berkembang maju menjadi salah satu perusahaan yang sangat berpengaruh saat ini.

Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan rekannya, Brin hingga tahun 2001, lalu mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum sekaligus CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt. Namun di tahun 2011 ia kembali menjadi CEO menggantikan Eric Schmidt.

Pada Agustus 2015, Google yang saat itu masih dipimpin Page melakukan restrukturisasi perusahaan, dan mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc untuk mendorong inovasi perusahaan.

Hingga kini, Larry Page menjabat sebagai CEO Alphabet Inc, dan jabatan CEO Google diteruskan oleh Sundar Pichai.

Kekayaan bersih yang dimiliki oleh Page saat ini sebesar $12,8 Miliar US, menjadikan dia sebagai orang terkaya ke 27 di dunia.

Selain menjadi CEO, Page juga merupakan seorang investor aktif di perusahaan energi alternatif, seperti Tesla Motors, yang mengembangkan kendaraan yang menggunakan listrik sebagai sumber energi mereka. Page terus berkomitmen untuk mendukung teknologi dengan energi terbarukan, dan dengan bantuan dari Google.org, sebuah lengan filantropis Google, Page menyarankan adopsi plug-in mobil listrik hybrid dan investasi energi alternatif  lainnya.

Perjalanan Google

Larry Page dan Sergey Brin berkolaborasi untuk sebuah proyek pasca sarjana, dengan nama awalnya BackRub. Yang kemudian bertransformasi menjadi Google, dan mendapatkan suntikan dana senilai US$ 100 ribu (setara Rp 1,3 miliar) dari Co-founder Sun Andy Bechtolsheim.

Dengan dana tersebut, mereka mencoba menyewa kantor, yang merupakan garasi dari Susan Wojcicki yang kini jadi CEO YouTube. Kini markas Google sudah pindah ke The GooglePlex di Mountain View, California.

Kini Google telah memiliki lebih dari 50.000 karyawan di 50 negara. Google juga rajin untuk mengakuisisi berbagai perusahaan teknologi lain dan membuat berbagai produk yang digunakan di seluruh dunia.

Berikut adalah profil dari salah satu pendiri Google, Larry Page. Apabila Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang berbeda tentang biografi Larry Page, silahkan bagikan pada kolom komentar dan jangan lupa untuk share artikel ini.

 

Farhan Agassi
Farhan Agassi
I am Farhan Agassi, content writer at Toffeedev. technology enthusiast, and avid any kind of entertainment watcher.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *