Blogger Indonesia
5 Cara Menjadi Blogger Indonesia Terkenal
Maret 5, 2021
Blog Gratis
5 Langkah Membuat Blog Gratis yang Mudah dan Praktis
Maret 6, 2021

2 Cara Menambahkan Tempat di Google Maps

Cara Menambahkan Tempat di Google Maps

map 525349 960 720

Ingin membuat lokasi usaha Anda mudah ditemukan tetapi belum tahu cara menambahkan tempat di Google Maps? Yuk, simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Melalui Ponsel Pintar

Cara pertama menambahkan lokasi di Google Maps adalah melalui ponsel pintar. Berikut ini adalah caranya.

  1. Buka aplikasi Google Maps dengan menyentuh ikon yang mirip seperti penanda lokasi pada peta.
  2. Setelah aplikasi terbuka, login ke akun dengan memasukkan alamat email dan password. 
  3. Sentuh tombol yang ada di bagian pojok kiri atas pada layar. Menu pop-out akan tampil.
  4. Pilih menu Add a missing place yang terletak pada bagian bawah menu. Setelah menekan menu ini, Anda akan diarahkan ke halaman Add a place.
  5. Setelah diarahkan ke halaman tersebut, Anda bisa memasukkan nama tempat atau lokasi bisnis. Caranya dengan mengklik kolom Name yang terletak di bagian atas layar. Tuliskan nama tempat yang ingin ditambahkan.
  6. Pastikan nama lokasi yang ditambahkan sesuai dengan nama lokasi usaha. Dengan begitu, orang-orang tidak akan kebingungan mencari tempat Anda.
  7. Setelah nama lokasi usaha dimasukkan, tulis alamat tempat dengan mengklik kolom Address. Pastikan Anda menulis lengkap alamat dengan mencantumkan nama kota/kabupaten, provinsi, dan kode pos. Tujuannya adalah agar Google dapat memverifikasi keberadaan lokasi usaha Anda dengan cepat.
  8. Langkah selanjutnya adalah memilih kategori tempat. Caranya dengan mengklik kolom Category.  Sesuaikan dengan lokasi tempat yang ingin ditambahkan. Apabila ingin mencari kategori yang lebih spesifik, Anda bisa mengetik kata kunci kategori di kolom teks.
  9. Jika Anda merasa perlu menambahkan informasi lain, tinggal mengklik kolom-kolom tersebut. Klik kolom Phone Number untuk menambahkan nomor telepon, kolom Website untuk menambahkan situs resmi tempat usaha, dan kolom Hours untuk menginformasikan jam operasional.
  10. Setelah semua kolom terisi, klik tombol SEND di bagian pojok kanan atas layar. Permohonan untuk menambahkan lokasi usaha di Google Maps akan dikirimkan ke Google.
  11. Tunggu pemberitahuan apakah permohonan untuk menambahkan tempat di Google Maps diterima atau tidak di email Anda.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Lokasi Di Google Maps?

Melalui Komputer/Laptop

Cara kedua yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan komputer atau laptop. Berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Kunjungi situs resmi Google Maps untuk membuka navigasi peta ini. Setelah masuk ke Maps, Anda bisa langsung menambahkan lokasi tempat. Namun, apabila Anda belum pernah memiliki akun di Google Maps, Anda harus membuatnya terlebih dahulu.
  2. Setelah membuat akun, segera masuk ke akun dengan menekan menu Sign in.  
  3. Selanjutnya, klik tombol yang ada di bagian pojok kiri atas halaman untuk melihat menu pop-out. Menu akan tampil di bagian sisi kiri jendela.
  4. Tekan menu Add a missing place yang terletak di bagian bawah menu pop-out. Setelah itu, jendela Add a place akan muncul.
  5. Untuk memasukkan nama tempat lokasi, Anda bisa mengeklik kolom Name di jendela Add a place.
  6. Selanjutnya, masukkan alamat lokasi pada kolom Address secara lengkap.
  7. Setelah alamat dimasukkan, pilih kategori tempat di kolom Category pada menu drop-down.
  8. Tambahkan informasi yang lebih detail untuk melengkapi lokasi bisnis. Misalnya, nomor telepon, situs web resmi, hingga jam operasional.
  9. Setelah semua lengkap terisi, klik tombol Submit. 
  10. Tunggu konfirmasi dari Google via email untuk mengetahui permohonan penambahan lokasi di Google Maps diterima atau tidak.

Selain menambahkan lokasi bisnis di Google Maps, Anda juga bisa memudahkan target market untuk menemukan bisnis Anda dengan membuat website resmi. Manfaatkan jasa SEO untuk meningkatkan traffic website untuk membuat usaha Anda semakin dikenal.

Sekarang sudah tahukan cara menambahkan tempat di Google Maps? Selamat mencoba!

Nana Damayanti
Nana Damayanti
Saya adalah Founder dari ToffeeDev Saya menyukai design yang bukan hanya bagus di mata tetapi juga memberikan nilai tambah terhadap penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments