3 Hal yang Akan Terjadi Di Tahun 2022 Terhadap Bisnis Anda

Selamat datang di Toffee #SharingMonday. Ini adalah #SharingMonday pertama di tahun 2022, jadi Izinkan saya untuk mengucapkan selamat tahun baru untuk semuanya. Semoga tahun 2022 menjadi tahun terbaik untuk kita semua. Toffee #SharingMonday adalah video yang kita buat setiap minggu untuk membekali teman-teman semua mengenai dengan informasi mengenai website, digital marketing, design. Goals-nya adalah untuk meningkatkan pengetahuan teman-teman mengenai apa yang terjadi di sekelilingnya kita terutama di dunia digital.

Dan dalam kesempatan kali ini, karena ini adalah Toffee #SharingMonday yang pertama sepanjang 2022, saya akan membahas sesuatu hal yang menarik yaitu 3 hal yang akan terjadi di tahun 2022 ini ditujukan untuk Anda pemasar ataupun pemilik usaha yang ingin meningkatkan bisnisnya sepanjang 2022 ini melalui digital. Tahun 2021 kita lewati, sepanjang 2021 selama 12 bulan kita lewati di era yang namanya pandemi. Mudah-mudahan, kita akan berakhir secepatnya. Karena nggak ada yang suka dengan dunia pandemi, tapi di saat yang sama, saya di dunia digital merasakan pertumbuhan yang luar biasa Kenapa? Karena dengan pandemi, dengan lockdown, dengan pembatasan, pembatasan untuk bertemu dibatasi, semuanya pindah ke dunia digital. Maka seiring dengan berakhirnya masa pandemi mungkin ada beberapa orang bilang kita udah masuk ke era endemi, ada berapa hal yang menjadi catatannya kita.

ONLINE AKAN STAY

Yang pertama yang ingin saya bagikan adalah dari catatannya saya yaitu online akan stay. Walaupun saya tahu beberapa yang bilang: “Oh, ga enak. Enakan meeting ketemu langsung dengan orangnya.” Enakan semuanya di dunia offline, bertemu secara real. Tapi suka ga suka kita harus melihat bahwa online memudahkan beberapa bisnis dan mungkin hampir sebagian besar bisnis untuk melakukan komunikasi satu sama lain. Kita bisa menggunakan video call, kita menggunakan video seperti yang teman-teman lihat saat ini, kita berdiskusi secara online di manapun, kapanpun lokasi kita berada.

WORK FROM HOME

Dan ini masuk ke yang kedua yaitu Work From Home atau bekerja di mana saja akan menjadi lebih real lagi karena kita selama 2 tahun terakhir, kita dipersiapkan untuk masa-masa yang akan datang. Kalau sekarang kita work from home mungkin hanya di daerah rumahnya kita atau disekitarnya kita. Tapi ada beberapa teman saya yang sudah pindah ke kota lain, mungkin setelah pandemi selesai, bukannya tidak mungkin pergi ke negara lain atau di sisi lain dari negara lain, perusahaan-perusahaan di negara lain bisa menghire atau mencari tim dari lokal kita di Indonesia untuk bekerja dengan mereka.

3 HAL YANG DIPREDIKSIKAN TERJADI DI TAHUN 2022

Saya mempunyai 3 prediksi atau tiga hal yang ingin saya berikan, yang perlu diperhatikan sepanjang 2022. Dan mudah-mudahan ini menjadi catatan penting buat teman-teman semua dalam mengambil tindakan di tahun 2022 ini.

1. ADVERTISING MENJADI LEBIH MAHAL

Yang pertama, kita harus melihat bahwa di dunia digital marketing, advertising akan menjadi lebih mahal walaupun advertising menjadi lebih murah dari sisi biaya. Apa maksudnya? Kalau kita lihat di luaran sana biaya untuk beriklan lebih mahal atau lebih murah? Lebih murah untuk saat ini. Karena dengan beriklan kita bisa menggunakan iklan-iklan yang, bahkan sekarang iklan-iklan tradisional biayanya jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan sebelumnya. Terutama dengan adanya videotron dengan gambar yang bisa berubah-rubah, biayanya jadi dibagi-bagi. Bukan itu saja, di media-media lain sudah mulai menjalankan cost per impression atau cost per click. Atau bahkan ada yang cost per acquisition. Tapi di sisi yang lain, biaya marketing jadi lebih mahal. Secara keseluruhan, biaya advertising, biaya iklan menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Kenapa? Karena kita sebagai user-nya, menjadi lebih kompleks dengan banyaknya penawaran yang ada yang bisa kita lihat, kita jadi tidak fokus atau mudah, mudah mengalihkan fokusnya kita ke tempat-tempat lain ke hal-hal yang lain. Dan ini menjadi PR kita sebagai seorang pemasar adalah menjadi lebih kreatif, dan lebih bisa mengatur penawaran yang kita akan berikan kepada target audiensnya kita, kepada calon pelangganya kita.

2. USER EXPERIENCE

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan yaitu UX, User Experience menjadi sangat-sangat penting. Apa yang dimaksud dengan UX? Secara dasar pada saat awalnya di level yang paling bawah, UX ini ngomong tentang pengalaman dari pengguna di dunia maya. Dengan tampilan yang kita berikan bagaimana orang mengakses informasi-informasi tentang bisnisnya kita, tentang tampilan, ini adalah bagian yang penting yang perlu diperhatikan di tahun 2022 karena pengalaman pengguna akan membuat mereka stay atau mereka mencari tahu lebih lanjut mengenai bisnisnya kita atau tidak. Kalau mereka tidak menemukan hal yang menarik untuk mereka maka kemungkinan besar mereka akan pergi ke tempat lain yang menurut mereka menjadi lebih menarik. Mungkin teman-teman juga sering merasakan kalau kita masuk tempat yang lebih nyaman, lebih bagus kita akan lebih, kita akan stay lebih lama dan mungkin kita akan membeli lebih banyak dibandingkan dengan kita pergi ke tempat yang tidak bagus dan tidak memberikan pengalaman yang lebih tinggi.

3. MARKETING AUTOMATION

Dan ini juga masuk ke bagian yang ketiga karena biaya marketnya lebih tinggi UX-nya harus ditingkatkan. Oleh karena itu kita perlu memperhatikan bagaimana automation dari bisnisnya kita bisa dilakukan dengan lebih baik. Apa yang dimaksud dengan automation? Automation adalah proses dari orang pertama kali mengenal bisnisnya kita hingga mereka menjadi pelanggan yang dilakukan secara ada prosesnya yang bisa kita lakukan. Mulai dari mereka terhubung dengan layanannya kita, bagaimana untuk menemukan informasi, apa yang kita berikan kepada mereka, dan marketing automation telah menjadi bagian yang sangat besar di tahun ini. Kenapa? Karena ini menjadi bagian yang cukup penting di dalam bisnis untuk bisnis kita bisa bisa bertumbuh, bisa bergerak. Dan automation ini bukan hanya dari software atau dari tools. Tapi ini juga dari mental, dari orang-orang yang akan mendukung kita dalam marketing automation. Karena kita harus akui di Indonesia, marketing automation yang kita gunakan masih relatif manual. Kita menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. Oh, kita punya chatbot! Ok, chatbot apakah bisa digunakan dengan baik? Siapa yang punya pengalaman yang baik dengan chatbot? Saya belum punya pengalaman yang baik mengenai chatbot. Tapi chatbot membantu kita, sangat membantu kita. Tapi human touch adalah satu bagian yang lebih baik. Bagaimana kita melakukan automation dengan human touch yang ada? Apa yang perlu kita lakukan untuk memultiplikasi dan melipatgandakan dari pengalaman tersebut?

Jadi itu ada tiga hal yang perlu kita fokuskan di tahun 2022. Jadi yang pertama tadi advertising, biaya marketingnya akan jadi lebih mahal. Kita perlu memperhatikan biaya ini supaya biayanya jangan terlewat mahal, tapi kita bisa membatasi biaya marketing tersebut. Yang kedua UX menjadi sangat penting. Kita perlu perhatikan bagaimana pengalaman pengalaman dari penggunanya kita masuk ke dalam propertinya kita secara online. Dan yang ketiga marketing automation is the key. Anda harus memperhatikan bagaimana mengotomasi bisnis, mengotomasi marketingnya Anda untuk masuk ke-flow yang berikutnya. Itu adalah #SharingMonday-nya saya pada hari ini. Kalau teman-teman punya, punya masukan atau punya informasi atau ingin meminta satu topik yang dibahas di #SharingMonday, bisa masukkan di kolom komentar di bagian bawah dan salah satu tim akan melihat apa yang kita bisa bahas di #SharingMonday berikutnya. Sekali lagi saya ingin ucapkan Happy New Year! Let’s have a blast year ahead.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat