4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Update Algoritma Google untuk SEO

Halo semuanya, welcome back to Toffee #SharingMonday. Kali ini bersama saya Kresna, SEO Specialist di ToffeeDev. Seperti biasa setiap hari Senin kami akan membagikan insight menarik seputar Digital Marketing, design, dan website.

Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang 4 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Update Algoritma Google untuk SEO. Seperti yang kita ketahui, Google selalu memperbarui algoritmanya secara berkala. Tujuannya yakni supaya konten-konten yang disajikan di SERP semakin berkualitas. Salah satu update terbarunya yakni update algoritma Google untuk meningkatkan page experience pada bulan Juli 2021 kemarin. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan setelah update algoritma Google? Berikut kami sajikan 4 tipsnya untuk kamu.

  1. Melakukan cek organic traffic dan keywords position ranking. Kamu bisa mengeceknya melalui Google Analytics atau Google Search Console. Jika website kamu terkena dampak dari update algoritma Google, maka akan terlihat dari penurunan jumlah impressions dan clicks yang masuk ke website kamu. Untuk keywords dan position ranking, kamu juga bisa mengeceknya melalui Google Search Console maupun tools SEO seperti SEMrush atau Ahrefs. Keywords utama yang harus kamu cek terlebih dahulu adalah selling keywords yang mengarah ke page product website kamu. Jika ada penurunan  yang signifikan, kamu tidak perlu panik. Cukup beri catatan terlebih dahulu, apa saja yang perlu kamu re-optimize dan diperbaiki sesuai dengan update terbaru Google.

  2. Melakukan cek Core Web Vitals. Core Web Vitals website, bisa kamu periksa melalui Google Search Console pada Menu Experience kemudian klik Core Web Vitals. Hal ini penting untuk dilakukan dan termasuk krusial sebab Core Web Vitals merupakan kumpulan metrik yang ditetapkan sebagai bagian dari indikator search ranking terbaru Google yaitu Page Experience. Untuk kamu yang belum tahu apa itu Core Web Vitals, Core Web Vitals ini terbagi menjadi 3, yaitu yang pertama adalah  LCP  atau Largest Contentful Paint, yang berkaitan dengan kecepatan website. Lalu yang kedua ada FID atau First Input Delay, yang berkaitan dengan baik atau tidaknya respons elemen website. Serta yang ketiga ada CLS atau Cumulative Layout Shift, yakni berkaitan dengan stabilitas layout halaman. Periksa kembali pada data report yang disediakan Google Search Console apakah ada technical issue baru yang muncul setelah update algoritma Google
    pada website kamu, ya.

  3. Mengevaluasi konten-konten artikel yang mengalami penurunan traffic dan posisi di SERP. Kamu bisa memeriksanya melalui Google Analytics dan Google Search Console. Apabila terdapat  beberapa konten artikel yang drop, ada baiknya kamu mengevaluasi apakah konten-konten tersebut sudah sesuai dengan update terbaru Google. Pastikan juga bahwa konten konten artikel kamu tetap berkualitas, orisinil, dan on point dalam menyajikan informasi yang dicari user ya. Untuk konten artikel yang masih mengalami drop, kamu bisa melakukan re-optimize content dengan menambahkan isi, gambar, atau memperbarui title tag serta meta description yang sesuai.

  4. Hal terakhir yang perlu kamu lakukan adalah jangan panik dan terburu-buru dalam melakukan perubahan. Update algoritma Google hari ini bisa saja hanya sebagai alarm untuk update algortima selanjutnya. Alias, kita tidak bisa segera menyimpulkan bahwa update algoritma Google sudah selesai sehingga kamu tidak perlu buru-buru melakukan perubahan pada website. Jika kamu terlalu terburu-buru melakukan perubahan, hal tersebut justru akan mempengaruhi bot Google dalam melakukan re-crawl dan mempertimbangkan kembali isi website kamu. Ada baiknya, kamu menunggu sekitar 2-3 minggu untuk kabar update algoritma terbaru selanjutnya dari sumber-sumber yang terpercaya.

Nah, itu dia 4 hal yang perlu kamu lakukan setelah update algoritma Google. Mulai dari mengecek organic traffic dan position keyword, lalu mengecek Core Web Vitals, memeriksa konten artikel yang drop, serta yang paling penting, jangan panik dan terburu-buru melakukan perubahan. Sekian insight hari ini. Semoga bermanfaat ya untuk kamu. Jika kamu punya usulan topik menarik lainnya untuk dibahas, silakan request di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa klik like, subscribe, dan nyalakan tombol notifikasi kamu supaya kamu tahu update video-video menarik lainnya dari kami. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat