4 Pekerjaan Marketing yang Tidak Banyak Disadari

Pekerjaan Marketing

Dalam perusahaan, pasti setiap karyawan yang memiliki maksud tertentu. Maksud yang dimaksud di sini adalah hasil yang nantinya dihasilkan. Ada yang bertugas untuk membuat produk, ada yang bertugas untuk mempromosikan produk, dan ada yang bertugas untuk menjalin hubungan baik dengan konsumen. Selain itu tentunya masih ada yang lain, termasuk yang harus tahu tentang produk yang dipasarkan hingga bisa digunakan secara maksimal oleh konsumen. Siapa yang melakukan itu? Tentu saja itu adalah pekerjaan marketing.

Ya, divisi marketing bisa disebut sebagai divisi yang paling sibuk. Sejak awal, mereka harus tahu apa yang dibutuhkan konsumen. Kemudian harus melihat apakah produk yang diproduksi memang sesuai kebutuhan konsumen. Lalu harus mempromosikan dan juga menjalin hubungan baik dengan konsumen juga. Bisa dibilang penjelasan tersebut adalah pekerjaan marketing yang paling lazim dilakukan.

Namun di luar itu, masih ada pekerjaan marketing lain yang sebenarnya tidak banyak disadari. Apa saja pekerjaan tersebut? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Content Writer

Ya, content writer adalah pekerjaan marketing. Mungkin Anda tidak akan merasa content writer itu memiliki nilai marketing yang besar di dalam pekerjaannya. Namun jika melihat lebih dalam, sudah jelas apa yang dilakukan oleh content writer itu menjadi bagian dalam marketing.

Ketika content writer membuat konten berbentuk artikel untuk sebuah perusahaan, maka sebenarnya hasilnya itu digunakan untuk promosi produk. Sudah jelas salah satu pekerjaan dari marketing adalah mempromosikan produk. Bedanya dengan content writer adalah bentuk dari hasil pekerjaannya saja. Untuk content writer, maka bentuknya adalah konten artikel.

Copywriter

Selain content writer, copywriter juga melakukan pekerjaan marketing juga. Dengan membuat konten berbentuk tagline, slogan, atau konten lainnya yang digunakan untuk materi iklan promosi produk, maka itu sama saja dengan mempromosikan produk. Jadi bisa dibilang, hasilnya pun akan sama dengan pekerjaan content writer saja. Namun dari segi bentuk konten, copywriter biasanya lebih pendek namun punchy dan bisa memberikan efek persuasif.

Pemilik Bisnis

Pemilik bisnis biasanya melakukan beragam pekerjaan dalam kesehariannya. Bahkan bisa dibilang sangat banyak. Namun dari sekian banyak pekerjaan yang dilakukan, pasti juga melakukan pekerjaan dari marketing. Bahkan bisa dibilang termasuk bagian dari divisi marketing juga. Pemilik bisnis harus tahu kebutuhan konsumen, produk yang nantinya dijual, membantu ide menarik terkait cara mempromosikan produk, hingga bisa juga turun tangan untuk mengurus konsumen. Apalagi jika memang bisnis itu masih merintis dan tidak terlalu besar.

Social Media Specialist

Sama seperti content writer dan copywriter, social media specialist juga menjadi bagian dari marketing. Dengan sering mempromosikan perusahaan dan produk yang dipasarkan dalam bentuk konten di media sosial, maka sebenarnya social media specialist sudah memiliki nilai-nilai marketing dalam pekerjaannya sehari-hari.

Itulah empat pekerjaan marketing yang sebenarnya tidak banyak disadari. Jadi, jika memang Anda berprofesi dari salah satu pekerjaan di atas, berarti Anda sudah menerapkan ide marketing setiap harinya. Tentu saja itu adalah hal yang positif karena bisa membantu pengembangan karier dan juga perusahaan Anda.

Baca Juga: Bagaimana Membuat Content Marketing Yang Baik?

Semoga informasi yang diberikan di artikel ini bisa memberikan manfaat sekaligus wawasan terbaru kepada Anda. Jangan lupa untuk memberikan komentar tentang artikel ini dan share artikel ini di media sosial Anda agar semakin banyak yang tahu informasi ini.

Share this post :

Scroll to Top
WhatsApp chat