4 Tahapan Dalam Melakukan Market Research

Good morning y’all! Welcome back to Toffee #SharingMonday, bersama saya Miftah. Setiap Senin, kami akan membagikan insight-insight menarik seputar digital marketing, website, dan design. Pada hari ini saya akan sharing kepada kalian tentang tahapan – tahapan yang terjadi dalam market research.

Sebelum masuk dalam tahapan-tahapan dari market research, market research itu adalah proses mempelajari dan memahami dinamika pasar terkait dengan produk atau layanan kita. Agar apa? Agar produk dan layanan tersebut relate terhadap pasar atau audiens dan costumer kita. Pada hakikatnya, penelitian atau market research itu dapat dibagi menjadi dua, yaitu research secara kuantitatif dan research secara kualitatif. Namun saya tidak akan banyak membahas mengenai itu, saya akan membahas mengenai tahapan-tahapan umum yang dilakukan oleh para researcher dalam memahami pasar.

Sebenarnya, ada banyak sekali variasi tahapan-tahapan yang dapat dilakukan oleh para peneliti dalam melakukan market research. Namun pada kali ini saya mencoba membaginya menjadi 4 secara umum. Apakah itu? Yang pertama adalah background research atau rumusan masalah. Kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan informasi atau data, kemudian analisis, dan yang terakhir baru penjabaran hasil atau kesimpulan. Mari kita breakdown satu persatu.

1. Background Research

Pada tahapan ini, kita harus tau apakah penelitian ini akan kita lakukan dalam skala makro atau mikro. Juga kita harus tau tujuan dari penelitian ini mau kemana. Lalu masalah-masalah apa yang dapat kita gali dari produk-produk yang akan kita research. Oh iya, kita juga harus memberitahu research ini kepada pihak internal maupun eksternal agar tidak terjadi miskoordinasi.

2. Pengumpulan Data

Pada tahap inilah, semua data-data baik itu primer maupun sekunder kita kumpulkan dan jadi satu. Oh iya, sebelum kita lanjut ke tahap ketiga, saya mau menambahkan beberapa teknik atau metode yang digunakan oleh peneliti untuk mendapatkan data primer mereka. Yang pertama itu adalah teknik kuisioner atau survei, Yang kedua itu adalah teknik wawancara. Yang ketiga itu adalah teknik observasi. Data-data tersebut adalah data-data mentah yang akan kita gunakan pada tahap selanjutnya yaitu tahap analisis.

3. Analisis

Pada tahapan ini, kita mengumpulkan data-data yang sudah kita kumpulkan pada tahap sebelumnya dan kemudian melakukan tiga tahap. Yang pertama itu adalah identifikasi, klasifikasi, kemudian tabulasi. Pendekatan yang bisa kita pakai secara statistik itu bisa kita bagi juga menjadi pendekatan secara tekstual maupun secara numerik.

4. Kesimpulan

Yang terakhir adalah tahap penjabaran hasil atau kesimpulan. Di tahap inilah, kita melakukan visualisasi terhadap data-data yang sudah kita analisis. Hasil dari analisis tadi, akan kita berikan kepada pihak manajemen atau pihak marketing, sesuai dengan peruntukan dari risetnya.

Sekian untuk insight hari ini, semoga dapat manfaat, dan jangan lupa untuk dishare. Jika kalian punya topik atau usulan menarik untuk kami bahas di video selanjutnya, jangan lupa untuk comment di bawah ini. Sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya. Bye-bye, Miftah out!

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat