4 Tips Agar Tidak Dighosting HR Setelah Interview

Hai guys, welcome back to Toffee #SharingMonday. Hari ini bersama saya Nurul, selaku HR di ToffeeDev. Setiap Senin, ToffeeDev akan memberikan insight seputar website, design, dan juga Digital Marketing. Dan hari ini, karena saya dari tim HR, saya akan memberikan beberapa tips supaya kalian tidak di-ghosting oleh HR setelah interview. Kira-kira, gimana ya caranya?

1. Jangan Terlalu Sering Mem-Follow Up HR

Tips yang pertama, jangan terlalu sering mem-follow up HR. Kamu ga perlu nge-chat HR atau nge-email HR-nya setiap menit, setiap jam, atau setiap hari. Itu ga perlu. Karena yang ada, nanti malah nge-distract kerjaan HR. Yang perlu kamu lakukan adalah kalau misalkan HR menjanjikan 5 – 7 hari kerja bolehlah, kamu chat atau email si HR-nya di hari ketiga setelah proses interview.

2. Reminder Untuk HR

Tips yang kedua, masih berkaitan sama tips yang pertama, cobalah kamu remind HR-nya, mungkin dia lupa mem-follow up kamu atau mungkin dia lupa kalau misalkan tanggal telponnya itu udah lewat. Nah, kalau misalkan seperti itu, kamu bolehlah sesekali nge-chat atau nge-WA HR-nya supaya si HR-nya memberikan informasi terkait proses recruitment kamu.

3. Mengirimkan Thankyou Note Untuk HR

Tips yang ketiga, setelah proses interview, kamu boleh loh mengirimkan thank you note untuk HR-nya, sebagai ucapan terima kasih karena HR sudah meluangkan waktunya untuk memproses lamaran kamu di perusahaan mereka. Dan jangan lupa, kirimkan thank you note itu sesaat setelah proses interview selesai. Jangan menunggu 1×24 jam. Karena biasanya, kalau seperti itu nanti sudah kelupaan deh.

4. Apply Ke Perusahaan Lain

Tips yang keempat atau tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk apply di perusahaan lain. Inget, ya! Kalau misalkan selama 2 minggu kamu tidak mendapatkan kabar atau informasi atau follow up dari HR-nya, itu tandanya kamu, proses lamaran kamu tidak diproses lebih lanjut oleh HR-nya, alias kamu tidak jadi di-hire oleh perusahaan tersebut.

Oke! Sekian dulu tips dari saya selaku HR di ToffeeDev. Jangan lupa untuk terus menyaksikan Toffee #SharingMonday setiap hari Senin di YouTube-nya ToffeeDev. Dan kalau misalkan kamu punya kritik, saran, atau mungkin ada suggestion kita mau bahas apa, boleh banget. Kamu tinggalkan komentar di bawah, nanti biar kita coba untuk berikan insight yang terbaik untuk kamu. Kalau gitu terima kasih dan sampai jumpa.

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat