5 Alasan Pentingnya SEO untuk Website Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Istilah SEO (Search Engine Optimization) sudah sangat familier di kalangan pebisnis. Apalagi penggunaan strategi SEO menjadi favorit bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan. Untuk mengaplikasikan strategi SEO gampang-gampang susah. Pengoptimalan strategi akan mudah jika Anda melakukannya terus menerus. Namun, hasil akan berbeda ketika Anda mengharapkan hasil yang instan.

Salah satu hal yang sering dihadapi adalah strategi SEO bersifat dinamis. Ini berarti penggunaan SEO akan berbeda ketika algoritma Google mengalami perubahan. Ini menjadi pekerjaan rumah untuk pelaku bisnis, spesialis SEO, ataupun penyedia jasa SEO. Mereka dituntut untuk memahami cara kerja algoritma Google agar optimasi SEO bisa berhasil. 

Berikut Alasan Pentingnya SEO Untuk Website Anda

Selain pengoptimalan strategi SEO, situs web harus memenuhi berbagai persyaratan tertentu agar mesin pencari dapat memberi peringkat. Mengapa strategi SEO mempengaruhi performa situs web?  Artikel ini akan mengulas lima alasan pentingnya SEO untuk website Anda.

1. Meningkatkan Pengalaman Pengunjung Menjadi Lebih Baik

Salah satu alasan pentingnya SEO untuk website adalah untuk meningkatkan pengalaman pengunjung menjadi lebih baik. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peringkat dan tingkat visibilitas yang maksimal. Apabila Anda berkeinginan untuk mencapai tingkat visibilitas tertinggi di Google, Anda harus menciptakan kondisi di mana pengguna dapat menikmati pengalaman mengunjungi situs web.  

Berdasarkan data yang terekam oleh Google, satu elemen keberhasilan website terletak pada pengalaman pengguna yang positif dan menguntungkan. Kemudian, gabungkan strategi SEO dengan pengalaman pengguna untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Misalnya, meningkatkan kecepatan website, membuat navigasi yang mudah, hingga menjadikan website ramah untuk pengguna ponsel pintar. Menjadikan website Anda ramah untuk pengunjung membuat pengalaman mereka menjadi lebih menyenangkan.

Baca Juga: 3 Cara Cek Kecepatan Website

2. Memupuk Kesadaran Bermerek (Brand Awareness)

Bisnis Anda baru dirintis? Produk atau layanan jasa belum diketahui banyak orang? Semua pelaku bisnis pasti pernah merasakan pengalaman merintis bisnis. Banyak hal yang harus dilakukan sebagai langkah awal memulai bisnis. Misalnya, bagaimana memperkenalkan produk dan jasa di bisnis Anda? Bagaimana cara menarik calon pelanggan potensial untuk membeli produk? Bagaimana membuat calon konsumen mengingat merek Anda?

Untuk melakukan itu semua, Anda harus menyiapkan berbagai strategi, termasuk penggunaan SEO di website. Strategi SEO ini cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran bermerek (brand awareness). 

Baca Juga: 6 Cara Meningkatkan Brand Awareness dengan Cepat

Kesadaran bermerek (brand awareness) adalah kemampuan audiens atau prospek untuk mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat identitas merek tersebut. Misalnya, melihat gambar, logo, warna, atau slogan.

Ketika konsumen mengenal suatu merek, maka tingkat kepercayaan akan naik. Bahkan, kesadaran bermerek ini dapat mendorong konsumen untuk loyal pada produk atau jasa. Tak jarang konsumen ini dapat mempengaruhi calon pelanggan potensial di sekitar mereka untuk beralih menggunakan produk atau jasa Anda.

Saat strategi SEO telah diaplikasikan, kesadaran pada merek bisnis Anda akan berkembang. Hal ini dikarenakan SEO berperan untuk membuat website berada di peringkat atas mesin pencari. Website yang berada di posisi teratas ini dapat menjangkau ke tingkat konsumen yang lebih luas. Semakin meningkatnya brand awareness konsumen terhadap produk atau jasa, semakin meningkat pulalah kepercayaan konsumen.

Jasa SEO

3. Mendatangkan Organic Traffic

Pernah mendengar istilah organic traffic? Ketika website Anda dikunjungi oleh pengguna tanpa iklan berbayar berarti website Anda menghasilkan organic traffic. Istilah ini sering digunakan ketika pengunjung yang berkunjung ke website dengan mengklik link website dari kata kunci yang diklik di mesin pencari. Lalu, pengguna tersebut mengeklik tautan website.

Ketika banyak pengunjung mengunjungi website jangkauan calon pelanggan potensial menjadi lebih luas. Bahkan Anda bisa merekam tujuan spesifik pelanggan ketika mencari kata kunci tertentu di halaman pencarian. Dari hasil pencarian Anda bisa menentukan dan membuat jenis konten yang menawarkan solusi dari permasalahan pengunjung. 

Selain itu, semakin banyak organic traffic yang mengunjungi website, semakin meningkat pula popularitas website. Mesin pencari akan  menganggap website Anda berkualitas dan layak untuk ditempatkan di posisi pertama pencarian. Kredibilitas bisnis akan terpampang lewat website sehingga memudahkan Anda untuk mencapai target penjualan.  Selain itu, peningkatan traffic juga membantu Anda untuk menarik konsumen potensial untuk bertransaksi.

Oleh karena itu, sebelum membuat konten website, riset kata kunci perlu dilakukan. Tujuannya agar konten tersebut memiliki kata kunci yang tepat dengan search volume yang tinggi dan tingkat persaingan yang rendah. Setelah mendapatkan kata kunci, Anda tinggal memaksimalkan kualitas konten dan optimasi SEO. 

4. Membantu Mengembangkan Bisnis

Optimasi SEO yang dilakukan berkali-kali dan tiada akhir membantu Anda mengembangkan bisnis. Apalagi jika Anda baru saja merintis bisnis. Setelah proses optimasi SEO dilakukan, Anda harus memantau serta mengevaluasi hasil perkembangan SEO website. Hal ini bertujuan untuk mencari tahu perkembangan strategi SEO. Apakah strategi SEO tersebut tepat atau perlu diganti?

Untuk melakukan evaluasi, Anda bisa menggunakan Google Analytics. Tools analytics dilengkapi berbagai fitur. Fitur-fitur tersebut membantu mengumpulkan berbagai informasi pelanggan, seperti aktivitas pengunjung, jumlah pengunjung, dan tautan (link) atau CTA (call to action).

Selain mengumpulkan data jumlah dan aktivitas pengunjung saat berkunjung ke website, Anda bisa memanfaatkan tools ini untuk mengetahui kinerja SEO pada mesin pencari. Misalnya, informasi berupa kata kunci yang banyak diminati pengunjung, tingkah laku pengunjung, hingga perangkat yang digunakan oleh pengunjung. Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk menentukan strategi bisnis yang tepat untuk ke depannya. 

Apabila Anda ingin melihat kemajuan strategi SEO website lebih cepat, ada baiknya Anda menggunakan Jasa SEO. Jasa SEO memiliki orang-orang yang berpengalaman dalam membantu mendorong popularitas website dan menjadikan website mendapatkan peringkat teratas di Google. Strategi SEO yang digunakan pun disesuaikan dengan kebutuhan website sehingga traffic situs web dapat meningkat secara signifikan.

5. Meningkatkan Reputasi atau Kredibilitas

Agar bisnis Anda dikenal dan diminati oleh banyak pelanggan, Anda harus membangun kredibilitas atau reputasi terlebih dahulu. Dengan kredibilitas yang dimiliki, Anda dapat memupuk kepercayaan calon pelanggan potensial untuk mencoba produk atau layanan. Nah, membangun kredibilitas atau reputasi tidaklah mudah. Diperlukan strategi jitu untuk melakukannya.

Langkah awal untuk meningkatkan reputasi atau kredibilitas bisnis dapat dimulai dari membuat website. Situs web menunjukkan bahwa produk atau jasa yang ditawarkan dapat dipercaya. 

Tentu saja memiliki situs web tidak cukup. Anda harus membuat website berada di posisi puncak mesin pencari. Caranya dengan menggunakan strategi SEO dan membuat konten yang berkualitas.

Ketika proses optimasi SEO berhasil, berarti Anda berhasil meningkatkan kredibilitas bisnis. Apalagi jika pengguna internet dapat menemukan situs web di posisi pertama hasil pencarian Google. Bisnis Anda akan lebih berkembang karena konsumen percaya dengan kualitas website. 

Inilah lima alasan mengapa SEO itu penting untuk membuat website Anda bertengger di posisi atas mesin pencari. Strategi SEO ini dapat bertahan lama karena bersifat dinamis dan adaptif dengan pembaruan algoritma Google. Jika Anda memiliki bisnis dan ingin memaksimalkan SEO dalam website, Master SEO bisa membantu. Master SEO memiliki spesialis SEO yang berpengalaman yang akan membuat website Anda tembus di halaman pertama mesin pencari. Website berkembang, traffic padat, dan dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post