5 Alasan Kenapa SEO Tepat untuk Bisnis Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Kompetisi bisnis memang sudah menjadi “pertempuran” sejak lama. Berbeda dengan perusahaan-perusahaan besar, bisnis kecil sering kali kalah saing karena tidak memiliki dana yang cukup untuk pemasaran secara gencar dan meluas.

Namun, kompetisi di zaman serba teknologi ini sudah berbeda dengan masa lalu. Internet tidak memandang bisnis berdasarkan skala ataupun jumlah modalnya. Setiap pebisnis bisa mengalahkan kompetitornya hanya dengan menerapkan langkah-langkah cerdas, seperti SEO.

SEO (Search Engine Optimization) sering kali disalah pahami oleh para pelaku bisnis. Memang, membangun SEO butuh waktu yang cukup lama. Namun, keuntungan yang diberikan bersifat jangka panjang, lo.

Alasan Kenapa SEO Itu Tepat Untuk Bisnis Anda

Penasaran mengapa SEO direkomendasikan untuk bisnis Anda? Yuk, cari tahu alasannya lewat pembahasan di bawah ini!

1. SEO membangun kredibilitas

SEO mampu membangun kredibilitas dan keyakinan dengan beragam cara, mulai dari memakai kata kunci tertarget hingga menciptakan konten berkualitas yang mendorong audiens untuk membagikannya. Tentu, semua ini membutuhkan waktu sampai benar-benar berhasil. Keyakinan dan kredibilitas mampu mendatangkan orang-orang ke situs web Anda untuk mencari informasi lebih lanjut.

Sebelum itu, beberapa faktor tertentu yang menjadi dasar dari pembangunan kredibilitas secara daring patut diperhatikan. Pertimbangan yang penting termasuk membuat konten yang bermanfaat dan bermutu, sekaligus menjaga frekuensinya.

Frekuensi yang dimaksud adalah memastikan bahwa situs web Anda selalu melakukan pembaruan terkini secara rutin, baik terhadap kiriman-kiriman lama maupun ide-ide baru yang belum dipublikasikan. Jadi, lebih baik menghadirkan 1 konten berkualitas dalam 2 minggu sekali secara rutin. Hal ini direkomendasikan daripada memublikasikan banyak konten dalam satu waktu, tetapi tak ada jadwal teratur dan kualitasnya sangat buruk.

Selain itu, aktiflah selalu dalam komunitas Anda. Bergabunglah dalam obrolan untuk memperoleh masukan yang berguna dari para audiens. Kemudian, manfaatkan laman “Tentang” di situs web untuk memperlihatkan prestasi bisnis Anda yang diunggulkan di berbagai media. Sediakan sebuah platform khusus untuk menampung opini dari pelanggan. Tambahan lagi, tautkan peta lokasi di laman “Kontak” agar menarik perhatian pengunjung secara instan.

Jasa SEO

2. Pencarian organik paling sering menjadi sumber utama lalu lintas situs web

Lalu lintas organik yang masuk ke situs web merupakan traffic yang Anda peroleh dari mesin pencarian seperti Bing, Google, dan Yahoo. Traffic ini mengalir dari sumber-sumber tak berbayar dan berfungsi menaikkan peringkat dalam mesin penelusur.

Lalu lintas organik membawa pengunjung yang mencari produk atau jasa Anda secara spesifik. Contohnya, ketika seseorang tertarik dengan sekolah mengemudi dan mengetikkan frasa-frasa, seperti “rekomendasi sekolah mengemudi”, “sekolah mengemudi profesional”, atau “sekolah mengemudi di Surabaya”. Nantinya, hasil teratas akan menampilkan situs web terbaik yang memegang kata kunci tersebut.

Berkat mencapai posisi teratas di Google, baik dalam kategori kata kunci short-tail maupun longtail, sekolah mengemudi tersebut berhasil menggaet calon peserta didik secara konsisten. Mereka pun tidak perlu bersusah payah mengeluarkan biaya untuk pencarian berbayar. Untuk meraih kesuksesan dengan lalu lintas organik seperti contoh barusan, Anda butuh mengimplementasikan strategi konten dan SEO.

3. SEO berpengaruh pada siklus pembelian

Setiap Master SEO pasti setuju kalau optimisasi mesin pencari merupakan alat pemasaran internet yang paling efektif. SEO membantu membangun bisnis di platform web dan memperkuat posisinya dengan peringkat dan publikasi. Namun, kurang tepat jika Anda menganggap SEO hanya berkutat dalam brand awareness saja.

Alat pemasaran yang andal ini juga memengaruhi siklus pembelian, lo. SEO berdampak besar pada perilaku pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan transaksi di situs web Anda. Alat ini juga berfungsi sebagai teknik peningkat penjualan secara tidak langsung yang bisa menghasilkan keuntungan signifikan.

Baca Juga: Jenis Kata Kunci dalam SEO

Bagaimana caranya? Internet sendirilah yang menjadi alat riset pasar bagi konsumen. Belum lagi, internet di masa ini berkembang dengan sangat cepat dan makin canggih. Ada yang mau membeli bibit tanaman? Perabot rumah tangga? Alat elektronik? Makanan dan minuman? Tinggal kunjungi Google dan ketikkan kata kunci, warganet langsung disajikan berbagai info tentang toko dan penawaran terkait.

Bukan cuma produk, beragam pelayanan yang ingin dipesan, seperti, spa, sauna, salon, bahkan bertransaksi dengan agensi periklanan, bisa dilakukan dengan mesin penelusur. Berkat segala kemudahan tersebut, SEO-lah yang menjadi trik pemasaran bagi penyedia jasa dan produk.

Pemilihan kata kunci yang tepat dan relevan mampu mengarahkan pelanggan ke situs web dan membuat mereka mengecek penawaran yang Anda sediakan. Inilah yang berpotensi meningkatkan penjualan.

Kelihatannya simpel, ya? Saking sederhananya, masih banyak yang tidak menghiraukan SEO, lo. Jangan menjadi salah satu dari orang-orang yang mengabaikan performa hebat SEO! Segera raih pelanggan mulai sekarang!

4. SEO adalah strategi bisnis jangka panjang

Mengapa bisnis harus memiliki strategi jangka panjang? Itu karena tidak ada seorang pun yang ingin membangun bisnis hanya untuk kesuksesan sementara. Bayangkan saja, baru mendirikan usaha dan sukses dalam semalam, lalu besoknya sudah gulung tikar. Tentu hal ini bukanlah cita-cita seorang pebisnis, kan? Ditambah lagi, bisnis tidak sekadar mengejar finansial. Banyak orang yang ingin membangun usaha untuk menyediakan lapangan pekerjaan dan menciptakan produk atau jasa yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga: Faktor SEO yang Penting dan Wajib ada untuk Website Anda

Oleh karena itu, diperlukan strategi jangka panjang agar bisnis terus berjalan dan berkembang dalam waktu yang lama. Adakah caranya? Tentu saja! SEO menjadi solusi yang tepat untuk mewujudkannya. Optimisasi mesin pencari memang bukan jalan pintas. Butuh banyak waktu, tenaga, dan pikiran supaya bisnis bisa dikenal dan memperoleh banyak pelanggan. Namun, setelah perjuangan tersebut, Anda akan mendapatkan manfaat yang menjanjikan dalam periode yang lama.

5. SEO itu terjangkau!

Siapa bilang SEO itu mahal? Alat ini sangat terjangkau, bahkan bisa dimanfaatkan oleh pebisnis mikro sekalipun. Dibandingkan dengan media publikasi offline, internet dapat diakses secara bebas dan jangkauannya sangat luas. Anda pun bisa melacak hasil pemasaran SEO dengan mudah.

Poin pentingnya, jangan lupa untuk menerapkan strategi yang tepat dan tingkatkan kesabaran. SEO merupakan rencana bisnis jangka panjang dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar sampai bisa membuahkan hasil. Selain itu, jika butuh jasa profesional, jangan sampai menguras bujet perusahaan terlalu banyak.

Baca Juga: Menjalankan Strategi SEO dengan Budget Minim

Itulah 5 alasan yang membuat SEO sangat cocok untuk memajukan bisnis Anda. Walau SEO terus-menerus mengalami perubahan, keberhasilannya dalam menyukseskan branding dan ranking tetap tetap konsisten. Tidak peduli bisnis skala besar atau kecil, SEO dapat dimanfaatkan oleh siapa saja.

Seperti prediksi Bill Gates dalam artikel yang dipublikasikannya pada tahun 1996, konten adalah hal yang diharapkan untuk menghasilkan uang di internet. Sekarang, itu semua terbukti. Selain itu, luasnya kesempatan yang diberikan pemasaran digital menunjukkan fakta: semua bisnis bisa berpartisipasi dalam kompetisi.Nah, ada lagi satu tips yang jangan sampai terlewatkan. Anda bisa meningkatkan performa bisnis secara signifikan apabila bekerja sama dengan Jasa SEO andal. ToffeeDev merupakan agensi pemasaran digital tepercaya yang bisa menjadi solusi tepat untuk bisnis Anda. Yuk, kunjungi situs webnya segera!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post