5 Cara Melihat Backlink Kompetitor

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Salah satu faktor yang mempengaruhi kemunculan website kita di halaman pertama mesin pencari adalah backlink, yaitu tautan website kita yang dipasang di media atau website lainnya. Sayangnya, tak jarang kita melihat website milik kompetitor kita juga muncul di halaman pertama mesin pencari. Kemunculan mereka di mesin pencari tentunya disokong oleh penggunaan backlink yang cocok dan sesuai. Tidak perlu khawatir, karena kita bisa mengetahui cara melihat backlink kompetitor kita dengan menggunakan beberapa tools, baik yang gratis maupun yang berbayar.

Tak ada ruginya bagi Anda untuk mengetahui cara melihat backlink kompetitor Anda. Justru, Anda wajib melakukan trik ini sehingga membawa segudang manfaat bagi perkembangan optimasi website Anda ke depannya. Anda bisa tahu strategi kompetitor Anda dalam mendapatkan backlink. Anda juga bisa mengantisipasi turunnya posisi keyword di mesin pencari, sebab kita tidak tahu kapan algoritma mesin pencari berubah. Selain itu, melihat backlink kompetitor Anda bisa menjadi salah satu cara untuk menggeser posisi website mereka di halaman mesin pencari juga, lho.

Cara Melihat Backlink Kompetitor

Perlu diketahui bahwa Anda harus menyiapkan tools link-intersect yang sesuai untuk mengetahui backlink kompetitor Anda. Anda bisa menggunakan tools gratis maupun berbayar, hanya saja tools berbayar akan memberikan informasi yang lebih lengkap untuk Anda. Tools link-intersect tersebut di antaranya adalah Ahrefs, Moz, dan SEMrush. Setelahnya, barulah Anda bisa melakukan tips melihat backlink kompetitor di bawah ini.

1. Identifikasi Kompetitor Anda

Langkah pertama, Anda harus mengetahui dan mengidentifikasi kompetitor Anda, baik website-nya langsung maupun jenis bisnisnya. Kemudian, daftar kompetitor itu Anda buat ke dalam sebuah daftar sebagai bahan analisis backlink nantinya. Anda juga bisa memeriksa apakah kompetitor Anda tersebut menitikberatkan peringkat mereka di halaman utama atau halaman tertentu, seperti unggahan blog atau layanan dalam website mereka.

Baca Juga: 10 Trik dalam SEO yang bisa Anda Manfaatkan

2. Cari Website yang Mengarah ke Situs Kompetitor Anda

Inilah langkah di mana Anda memulai cara melihat backlink kompetitor Anda. Dengan tools link-intersect yang telah disebutkan di atas, Anda bisa memasukkan link website kompetitor Anda dan mulai mencari tahu website yang mengarah ke situs kompetitor Anda. Tools link-intersect ini memiliki cara kerja yang unik, yaitu menganalisa profil backlink dari beberapa kompetitor dari berbagai website yang tertaut ke link kompetitor Anda.

Baca Juga: Tips Mencari Backlink Berkualitas untuk Optimasi SEO

3. Pantau Peluang Backlink Baru secara Real-Time

Anda juga harus memantau peluang lahirnya backlink baru secara real-time. Ada dua keuntungan dari tips ini, yaitu:

  • Anda bisa melacak link building terkini dan mengetahui strategi yang tepat untuk kompetitor Anda
  • Website Anda tetap menjadi kompetitif di mesin pencarian.

Untuk mengetahui peluang backlink ini, Anda bisa menggunakan tools Buzzsumo. Dengan tools ini, Anda bisa melacak backlink yang tersedia di halaman tertentu website kompetitor Anda. Jasa SEO

4. Pantau Mention Brand Kompetitor Anda secara Real-Time

Melacak jejak mention brand kompetitor Anda juga termasuk langkah yang tepat untuk mengetahui backlink yang potensial bagi website Anda. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui website apa saja yang menyebutkan brand saingan Anda, sehingga Anda bisa menggunakan website tersebut untuk brand Anda juga. 

Untuk mengetahuinya, Anda bisa gunakan tools Buzzsumo dan Google Alerts. Anda juga bisa menggunakan entri jenis layanan, nama pemilik bisnis atau variasi bisnis kompetitor Anda, sehingga Anda bisa melihat lebih banyak peluang brand kompetitor Anda disebutkan.

5. Ubah Mention Brand Tersebut ke Backlink

Setelah Anda mengetahui mention brand kompetitor Anda, Anda bisa menggunakannya untuk backlink website Anda. Caranya memang rumit, tapi niscaya akan membawa hasil yang bagus untuk website Anda. Mulailah dengan menghubungi pemilik website kompetitor Anda, ajak mereka untuk memasang tautan website Anda sebagai backlink mereka.
Jadi, itulah 5 cara melihat backlink kompetitor Anda sehingga Anda bisa menerapkan strategi off-page optimization yang lebih baik. Tentunya, Anda bisa menghubungi ToffeeDev apabila Anda membutuhkan Jasa SEO untuk bisnis Anda. ToffeeDev adalah Digital Marketing Agency yang telah bekerja sama dengan berbagai perusahaan di Indonesia. Kami juga melayani jasa pembuatan website untuk bisnis Anda sehingga Anda bisa memperoleh peningkatan penjualan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post