5 Keuntungan Menggunakan SEO di Website Anda

keuntungan menggunakan SEO

Jika Anda seorang marketer atau pemilik bisnis, mungkin telah mendengar informasi bahwa sudah seharusnya menggunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk mendukung bisnis Anda. Benar sekali, banyak keuntungan menggunakan SEO di website bisnis Anda. Jika memang Anda masih belum yakin, maka tenang saja. Di bawah ini ToffeeDev membedah keuntungan menggunakan SEO secara mendalam. Simak informasinya sekarang juga!

Pentingnya SEO Dalam Marketing

SEO adalah akronim dari Search Engine Optimization. Strategi ini menjalankan proses meningkatkan website dengan cara tertentu untuk membantu mendapatkan peringkat lebih tinggi di dalam hasil pencarian search engine saat pengguna mencari kata atau frasa tertentu.

Anda pasti pernah mencari suatu informasi di Google sambil mengetikkan keyword di sana. Hasilnya dapat langsung keluar hanya dalam waktu 1-2 detik saja. Setelah itu Anda langsung melihat website-website pada bagian atas hasil pencarian. Website tersebut mampu berada di peringkat atas dengan keyword tersebut melalui dukungan SEO.

Ya, website melakukan optimasi khusus untuk keyword tersebut agar ketika dicari di Google, maka website mereka yang muncul pertama kali. Mereka menggunakan SEO agar Google mampu memahami konten di dalamnya. Mengoptimalkan SEO memang memberikan berbagai keuntungan bagi bisnis. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya.

5 Keuntungan SEO 

keuntungan SEO

SEO terbukti mampu meningkatkan ranking website di hasil pencarian dengan mengoptimalkan laman-laman di dalamnya. Tapi apa saja keuntungan lainnya bagi bisnis ketika memutuskan untuk menggunakan SEO?

1. SEO Targets Quality Traffic

Salah satu keuntungan terbesar SEO adalah strategi inbound marketing. Strategi ini untuk memudahkan audiens menemukan bisnis Anda ketika mereka menginginkan informasi.

Dibandingkan dengan strategi tradisional seperti email spam hingga memasang iklan yang kadang membuat konsumen merasa risih, SEO tidak demikian. Tidak ada konsumen yang terganggu ketika bisnis Anda menjalankan SEO. 

Tanpa disadari, pengguna internet dibawa untuk menemukan bisnis Anda secara mandiri dengan memasukkan keyword tertentu. Ketika Anda fokus untuk menarik pengguna yang secara aktif mencari informasi yang terkait dengan industri, produk, dan layanan, maka hasilnya jauh lebih efektif dalam menjangkau target konsumen bisnis Anda.

Kesempatan untuk menjangkau audiens Anda saat mereka sudah mulai berpikir melakukan pembelian juga semakin meningkat. Artinya, dari sisi prospek konsumen potensial dan penjualan menjadi lebih besar. 

2. Tidak Perlu Bayar ADS

Peringkat organik Google didasari oleh algoritma. Artinya, setelah Anda membuat laman yang dianggap layak oleh Google untuk diarahkan ke pengguna mereka, laman itu dapat terus menarik traffic selama berbulan-bulan (atau bahkan bertahun-tahun) setelah mempublikasikannya.

Research keyword dan menulis konten berkualitas tinggi membutuhkan investasi waktu dan strategi tertentu. Bahkan juga termasuk investasi uang karena membutuhkan bantuan tools berbayar.

Beruntungnya, investasi awal yang sudah Anda lakukan Tetapi setelah Anda melakukan investasi awal itu, tidak ada biaya tambahan lagi untuk meningkatkan traffic

Apa yang Anda harus lakukan? Terus lakukan pembuatan konten baru, sekaligus memperbarui konten-konten lama agar tetap relevan. Perbaiki website dan konten sesuai SEO. Itulah mengapa SEO dapat menghindari pembayaran untuk cara promosi lainnya.

3. SEO Lebih Banyak Klik daripada PPC

Meskipun iklan PPC (Pay Per Click) muncul di atas peringkat organik Google, terdapat data yang menyatakan bahwa 71,33% pencarian menghasilkan klik pada hasil organik di halaman pertama.

Kesimpulannya adalah pengguna mempercayai algoritma Google. Mereka tahu website mana yang bayar, dan mereka lebih memilih untuk mengunjungi website yang telah ditentukan Google sebagai yang terbaik.

4. SEO Membantu PR

Meskipun SEO dan PR mungkin tampak seperti strategi marketing yang terasa jauh dan berbeda urusan, Anda dapat menggunakannya keduanya untuk memaksimalkan hasil marketing sesuai manfaatnya Keduanya dapat dikombinasikan dalam link building.

Mendapatkan tautan dari website terkenal dan tepercaya adalah poin penting dari strategi SEO. Inilah mengapa pekerjaan seorang SEO optimizer adalah mengidentifikasi peluang penempatan atau liputan di blog terkenal, website berita, dan situs relevan lainnya.

Mengingat bahwa strategi PR berurusan pada mendapatkan publikasi dan influencer terkemuka untuk berbicara tentang perusahaan Anda, poin ini menghadirkan peluang besar. Saat menggunakan research pembuatan tautan untuk menemukan cara baru dalam menampilkan brand Anda di depan konsumen, maka akan jauh lebih efektif dalam mendistribusikan konten ke calon pelanggan dan klien.

Jasa SEO

5. Lebih Unggul dari Kompetitor

Saat ini SEO dinilai sebagai inti dari setiap strategi pemasaran. Terdapat data yang menyatakan bahwa 61% marketer mengatakan bahwa meningkatkan SEO dan strategi online marketing mereka adalah prioritas utama.

Artinya, Anda sudah mengambil langkah untuk menetapkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian Google. Menggunakan strategi SEO dapat membuat bisnis lebih kompetitif di dalam industri Anda.

Jadi itulah penjelasan tentang keuntungan SEO. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. ToffeeDev hadir saat ini untuk membantu bisnis Anda berkembang secara online dengan memanfaatkan strategi digital marketing terbaik dan tepercaya. Hubungi ToffeeDev untuk membuka peluang bisnis secara tepat dan efektif sekarang juga.

Share this post :

Tingkatkan Traffic, Tingkatkan Penjualan!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!
Scroll to Top
WhatsApp chat