5 Tips Dalam Melakukan Minimalist Design

Welcome back to Toffee #SharingMonday. Setiap Senin kami akan share insight mengenai seputar Digital Marketing, design, dan juga mengenai website. Kali ini bersama saya Ira Safira akan menjelaskan mengenai minimalist design. Pada minimalist design, ada lima hal yang harus kita perhatikan.

1. Typography

Yang pertama yaitu typography. Pada saat kita mendesain sesuatu, pilihan jenis font adalah suatu hal yang harus diperhatikan, begitu juga pada minimalist design. Pada minimalist design pemilihan jenis font adalah  hal yang paling crucial, oleh karena itu pilihlah font yang mudah dibaca dan terlihat jelas hurufnya, karena kebanyakan pada minimalist design, hal yang ingin kita tonjolkan adalah judul dari sebuah produk. Karena di minimalist design tidak memiliki banyak element yang digunakan, jadi bermain dengan typography adalah satu trik  yang sering digunakan. Perhatikan bagaimana kamu akan men-design sebuah typopgraphy tersebut, bisa itu dengan menghapus beberapa bagian pada typograhy atau membuat jarak pada tiap  typography-nya.

2. Color

Lalu yang kedua itu ada color. Pemilihan warna sama pentingnya dengan pemilihan font pada minimalist design. Biasanya pemilihan warna terdiri dari 2 hingga 3 warna yang contrast dan 1 yang mengimbangi kedua warna lainnya. Selain itu trik dalam pemilihan warna adalah dengan menggunakan psychology warna, di mana warna-warna yang terang akan menampilkan kesan menyenangkan dan warna-warna gelap memberikan kesan yang lebih serius . Dan jangan lupa warna yang harus saling contrast antara satu sama lainnya.

3. Image

Lalu yang ketiga ada images. Minimalist design bukan hanya dengan menggunakan open space dan meng-emphasis sebuah tulisan, dengan menggunakan image di dalamnya adalah sebuah trik yang bisa menambahkan ketertarikan terhadap design tersebut. Selain itu, menggunakan image  juga lebih cepat dicerna oleh otak, untuk memahami maksud dari design yang ingin disampaikan dan  juga lebih cepat untuk menarik perhatian orang-orang untuk membaca informasi yang ingin kita berikan.

4. Bersih Dan Rapi

Dan yang keempat, tidak berantakan. Tetap tampak bersih dan rapi adalah kunci utama dari minimalist design. Jadi, jika kamu ingin menambahkan suatu  element, lebih baik gunakan element yang diperlukan saja, dan apabila ada element yang ternyata hanya sebagai dekorasi agar tampak lebih menarik, sebaiknya diperhatikan lagi, apakah menambahkan element  tersebut akan menjadi lebih baik atau berguna untuk menarik perhatian user pada bagian design yang ingin  kita tonjolkan atau ternyata tidak ada kegunaan sama sekali. Jika opsi kedua yang terpilih, maka lebih baik bisa dipikirkan lagi  untuk dipergunakan atau tidak.

5. Balance

Lalu yang kelima ada balance. Jadi, kamu harus perhatikan keseimbangan dari tiap element design yang telah dipergunakan dari shape, space, bahkan light element yang digunakan, sehingga nantinya akan menciptakan kesan harmoni yang baik pada design tersebut.

Sekian insights dari saya untuk hari ini. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk share video ini. Serta jika Anda memiliki usulan untuk kami bahas di video berikutnya, silakan comment di bawah.  Sampai jumpa di Toffee  #SharingMonday berikutnya!

Share this on :

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat