7 Alasan mengapa orang membeli dari anda secara online

Digital marketing kini semakin populer di masa pandemi ini. Khususnya banyak bisnis yang mulai mengembangkan bisnisnya melalui online dengan digital marketing. Namun dengan makin banyaknya persaingan di dunia online, kita perlu tahu apa yang menyebabkan calon pelanggan ingin membeli dari Anda. Halo semuanya, saya David Antonny, konsultan digital marketing di ToffeeDev. Selamat datang di Toffee #SharingMonday. Setiap hari Senin kami sharing akan mengenai digital marketing, website, design, dan lainnya. Hari ini saya akan berbagi tentang 7 reasons why people buy from you especially online. Sebelum kita mulai, jangan lupa subscribe dulu, biar enggak ketinggalan konten-konten menarik lainnya dari ToffeeDev.

ADANYA KEBUTUHAN

Alasan yang pertama adalah adanya kebutuhan. Alasan dasar mengapa orang lain ingin membeli sesuatu secara online adalah karena adanya suatu kebutuhan. Yang merupakan konsep yang sama dari demand and supply. Orang lain butuh kita supply kebutuhan mereka. So, kesempatan itu besar namun tidak hanya sekedar kebutuhan. Ada hal pendukung lainnya yaitu point kedua, dapat dipercaya.

DAPAT DIPERCAYA

Dikarenakan sifatnya online, secara maya, kepercayaan perlu dibangun dan dari berbagai sisi aset online itu sendiri. Kita olah kebutuhan tadi menjadi informasi baik itu produk atau servisnya maupun tentang bisnisnya itu sendiri dan disertai hal-hal yang menunjang kepercayaan orang. Sebagai contoh aset online yaitu website. Website digunakan untuk menginformasikan apa yang kita tawarkan kepada pengguna internet serta siapakah diri kita sebenarnya. Akan lebih baik jika website Anda mengikuti jati diri Anda, jati diri bisnis Anda. Apalagi jika Anda memiliki produk atau servis yang premium, bagaimana Anda akan memenuhi ekspektasi calon pembeli jika hanya menggunakan desain yang biasa-biasa saja? Tidak hanya dari sisi desain saja, Anda masih perlu meningkatkan kepercayaan dari segala sisi yang dibutuhkan calon pelanggan seperti keamanan transaksi, sertifikat atau legalitas, alamat bisnis yang jelas, dan lain sebagainya. So, kebutuhan orang perlu dikombinasikan dengan kepercayaan sehingga orang lebih yakin terhadap bisnis Anda.

BENEFIT

Alasan yang ketiga adalah benefit. Produk atau jasanya Anda harus memiliki benefit bagi orang lain. Benefit merupakan salah satu yang mempengaruhi emosional dan value yang bisa dirasakan dan didapatkan oleh calon pelanggan. Sebagai contohnya jika produk Anda adalah laptop, maka benefit yang bisa kita berikan atau informasikan kepada calon pelanggan adalah seperti mudah dibawa ke mana saja daripada kita menyebutkan laptop yang dijual ringan hanya 1 kg. Lalu, seperti kerja atau main game tanpa rasakan lag atau lemot lagi, daripada menyebutkan hal-hal spesifikasi yang terlalu teknis sehingga orang susah buat mengerti. Jadi hal-hal seperti itu dapat membangkitkan emosional yang lebih dekat kepada calon pelanggan kita.

PENAWARAN YANG UNIK

Kemudian yang keempat adalah penawaran yang unik atau spesial. Orang-orang saat ini sangat senang dengan penawaran spesial seperti diskon, cashback, year end sale, flash sale. So, hal ini merupakan salah satu yang paling sering digunakan dalam dunia marketing, khususnya online sekarang ini. Namun perlu dibuat strategi dari sisi marketing juga. Jadi jangan sampai hanya fokus pada penawarannya yang berujung rugi.

AHLI DI BIDANGNYA

Selanjutnya alasan kelima adalah Anda ahli di bidangnya. Pelanggan ingin tahu bahwa Anda memahami mereka dan bisnisnya mereka. Jadi ketika kita menjadi ahli di satu bidang, maka calon pelanggan lebih mempercayai bahwa kita dapat benar-benar membantu mereka menyelesaikan permasalahnya. So, kita perlu membuktikan secara online bahwa kita adalah ahli di bidangnya khususnya di masing-masing aset online kita seperti jika di media sosial, kita bisa melakukan posting konten edukasi, tips atau lain sebagainya terkait keahlian di bidang kita. Kemudian juga bisa menyertakan sertifikat spesialis di satu bidang di dalam website kita ataupun di channel lainnya.

TUNJUKKAN KUALITAS

Yang keenam adalah tunjukkan kualitas. Ada pepatah mengatakan Anda tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama yang baik. Jika Anda ingin menarik pelanggan ke bisnis Anda daripada pesaing Anda, maka segala sesuatu tentangnya harus membuat kesan pertama yang baik. Tapi bagaimana cara membangun kesan yang baik atau kualitas produk atau jasanya kita? Anda bisa mulai dari penggunaan desain atau foto produk yang bagus, berkualitas tinggi untuk setiap aset online Anda. Kemudian tunjukkan ke calon pelanggan bagaimana pelanggan setia Anda merasakan dan senang menggunakan produk atau jasa dari bisnis Anda. So, ini juga bagian dari membangun kepercayaan dari sisi kualitas yang kita berikan.

REKOMENDASI DARI ORANG LAIN

Alasan terakhir ke-7 adalah adanya rujukan rekomendasi dari orang lain. Rekomendasi adalah salah satu alasan paling kuat dan cepat dalam mendatangkan penjualan ke bisnis Anda. Rekomendasi biasanya datang dari seseorang yang telah mengenal produk atau jasanya Anda, telah merasakan bagaimana manfaatnya dan dirasakan juga akan berguna banget bagi orang lain, sehingga akan dibagikan olehnya secara cuma-cuma. So, seseorang itu akan menjadi salah satu influencer Anda yang akan membantu meningkatkan kepercayaan terhadap satu produk dan jasa.

So, itu tadi 7 alasannya: kebutuhan, dapat dipercaya, benefit, penawaran unik, ahli dibidangnya, kualitas, serta rekomendasi. Terima kasih telah menonton video ini. Semoga video ini bermanfaat dan jangan lupa dishare. Jangan lupa juga follow social media ToffeeDev untuk update konten-konten menarik lainnya. Saya David Antonny, sampai jumpa di Toffee #SharingMonday berikutnya.

Share this on :

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Follow Us

Scroll to Top
WhatsApp chat