7 Fakta Menarik dan Studi Kasus Pentingnya SEO

Fakta-fakta menarik dan studi kasus merupakan cara tepat untuk mempelajari betapa pentingnya SEO (Search Engine Optimization). Kerap kali, seseorang berkutat dengan teori dan mengaplikasikannya sendiri ke situs webnya, berharap membuahkan hasil. Nyatanya, melihat hasil dari orang lain dan mengikuti mereka dengan cara yang cerdas justru lebih baik.

Selama menyimak tentang studi kasus dan fakta yang ada di lapangan, Anda akan menemukan kunci untuk mengimplementasikan SEO terbaik. Tambahan lagi, SEO terus-menerus berubah. Jadi, perlu untuk mengambil inspirasi dari riset yang baru dipublikasikan beberapa tahun belakangan agar teknik SEO tetap up to date.

7 Fakta Menarik dan Studi Kasus Pentingnya SEO Untuk Bisnis

Apa saja fakta dan studi kasus yang bisa Anda pelajari untuk menaikkan peringkat situs web? Berikut ini daftarnya!

1. Lebih dari 85.000 pencarian terjadi di Google setiap detik

Dilansir oleh Internet Live Stats, sebanyak 88.099 bahkan lebih penelusuran per detik terjadi di Google. Riset ini bisa jadi tidak menunjukkan angka yang pasti, apalagi Google tidak pernah memberikan info tersebut kepada khalayak. Namun, jumlah sebanyak itu sudah menjadi perkiraan yang bagus. Sampai Anda membaca kalimat ini, bisa-bisa sudah ada jutaan pencarian yang berlangsung. Fakta inilah membuat kita mengerti betapa luasnya jangkauan SEO dan mengapa alat ini sangat penting.

Baca Juga: 4 Tips untuk Local SEO yang Perlu Diketahui Setiap Bisnis

2. Sekitar 90,88% dari total halaman di Google “tidak terlihat”

Pada tahun 2018, Ahrefs melakukan studi terhadap lebih dari 1 miliar halaman web untuk melihat berapa banyak halaman yang “invisible” di mesin pencarian. Hasilnya, ada 90,88 persen halaman yang tak memperoleh lalu lintas organik!

Apakah Anda ingin termasuk di dalamnya? Pasti jawabannya “tidak”, bukan? Namun, jika bersikeras tidak mau menggunakan SEO, sebuah bagian terbesar dalam memperoleh tautan balik dari situs web unik, Anda bisa-bisa berakhir di angka 90,88 persen ini, lo.

Kesimpulannya, membangun tautan balik adalah teknik terbaik dari SEO. Backlink sangat krusial jika ingin mendapatkan lalu lintas dari Google. 

Baca Juga: Mengerti Lebih Banyak Tentang Local SEO

3. Para kompetitor sudah mencuri bisnis Anda dengan SEO

Apakah Anda seorang pebisnis di internet atau pelaku usaha lokal? Tanpa mempunyai kata kunci terbaik dalam bidang Anda di Google, dijamin orang lainlah yang mendapatkannya. Apabila hanya mengandalkan iklan media sosial atau mencoba memperoleh distribusi dari Twitter, sudah pasti kompetitor akan melampaui Anda.

Menurut riset dari BrightEdge, sebanyak 51 persen dari semua lalu lintas situs web datang dari pencarian organik. Kemudian, hanya 10 persen yang didapat dari penelusuran berbayar, 5 persen dari jejaring sosial, dan 34 persen dari sumber lain.

Nah, dari studi tersebut, bisa dilihat kesimpulannya, bukan? Tepat! SEO itu 10 kali lebih efektif daripada media sosial. Optimisasi mesin pencari menanggung 51 persen lalu lintas sebuah situs web dan menghasilkan 40 persen pendapatan.

Pernah berada di peringkat pertama? Itu artinya mayoritas pengguna yang mencari kata kunci terkait menemukan Anda. Asumsikan jika 30 persen dari total klik tertuju pada SERP nomor 1, yang tentu saja merupakan hal lumrah. Jumlah tersebut setara dengan 200 pengunjung per bulan apabila volume kata kunci sebanyak 600 pencarian setiap bulan.

Bagaimana jika berada di posisi paling bawah dalam SERP? Paling-paling, hanya beberapa kunjungan dalam sebulan. Itulah alasannya, Anda sudah harus memulai SEO dari sekarang!

Jasa SEO

4. SEO meningkatkan lalu lintas untuk situs web terlokalisasi

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Latitude Group membahas tentang performa SEO dalam meningkatkan lalu lintas situs web perhotelan berbahasa Arab. Strategi SEO yang dijalankan berupa pengubahan CMS, audit teknis untuk mengoptimalkan kata kunci tidak bermerek, penggabungan jangkauan konten dengan media sosial, serta pembuatan konten segar yang dibagikan ke jejaring sosial.

Hasilnya, sebanyak 218 persen orang Arab berkunjung setiap tahun, 45 persen pemesanan kamar dari sumber organik, dan 70 persen dari 10 landing page di akhir tahun. Itu juga berarti bahwa sangat penting melakukan pembaruan konten secara rutin.

Baca Juga: 9 Kebiasaan Buruk Penyebab SEO Anda Gagal

5. SEO meningkatkan lalu lintas blog sebanyak 1.136%

Pada 2015, Ahrefs memiliki popularitas yang biasa-biasa saja. Walau sudah memublikasikan 3 kiriman setiap minggu, hanya ada 15 ribu pengunjung setiap bulan. Namun, setelah menerapkan fokus terhadap kualitas dibanding kuantitas, pengembang situs web ini menyadari kekuatan dari pemasaran konten. Cukup dengan 2 kiriman per minggu, lalu lintas blog tumbuh menjadi 10 kali lipat!

Lewat studi kasus ini, ada 4 kriteria yang menjadi kunci kesuksesan Ahrefs. Penting untuk memublikasikan konten dengan potensi lalu lintas pencarian organik. Kemudian, terbitkan konten dengan potensi bisnis yang tinggi. Tidak lupa, kirimkan konten yang unik dan bermutu. Terakhir, jangan berhenti mempromosikan konten hingga tujuan bisa tercapai.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Keyword Dalam SEO

6. Peningkatan mulai nol hingga 121.883 pengunjung unik kurang dari 6 bulan berkat SEO

Sebelum mengimplementasikan SEO, sebuah perusahaan fintech asal Swedia, Northmill, hanya memiliki 127 total tinjauan di sebuah konten informasi yang membahas tentang pengembalian pajak. Konten yang mereka inginkan untuk dilihat audiens malah tersembunyi dan orang-orang yang meliriknya pun tidak berminat.

Sesudah melakukan riset yang mengungkapkan tentang kata kunci nan belum dimanfaatkan, Northmill mengoptimalkan konten untuk menyesuaikan istilah yang mereka harapkan untuk dicari. Hasilnya, peringkat Northmill melonjak secara signifikan!

Northmill memasang bilah baru yang mengajak pengunjung untuk mengekliknya. Call-to-action simpel ini ternyata membawa hampir 300 pengunjung baru ke situs web mereka. SEO membuat Northmill berada di posisi 3 terbaik pencarian kata kunci dengan total lebih dari 50 ribu per bulan. Kemudian, perusahaan ini juga memperoleh sekitar 1,4 juta total impresi di SERP, 700 klik di overlay, dan 121,883 pengunjung unik.

7. Lalu lintas organik meningkat sebanyak 11.065% dalam 6 bulan dengan SEO

Studi kasus ini dipublikasikan oleh Robbie Richards. Dia menjelaskan tentang bagaimana membantu UAV Coach meraih posisi pertama di Google, mengalahkan nama-nama besar seperti Mashable. Selain itu, Robbie juga membahas soal peningkatan lalu lintas organik  sebesar 11,065 persen dalam kurun waktu 6 bulan menggunakan 6 langkah metodologi SEO.

Dengan riset kata kunci strategis dan analisis kompetitor, dia menuai kesuksesan dari SEO. UAV Coach memperoleh 2.335 pelanggan, 152,732 tinjauan halaman organik setelah 6 bulan pertama, dan 21,4 persen dari total lalu lintas situs web.

Studi kasus dan fakta-fakta menarik di lapangan adalah cara ampuh untuk belajar SEO secara praktik. Info-info tersebut mendemonstrasikan pengetahuan melalui hasil dan contoh yang aktual. Inilah yang menjadikan fakta dan riset sebagai sumber yang kaya akan ilmu.

Perlu diingat! Pastikan Anda melakukan studi untuk memahami target audiens. Selain itu, perlu untuk membuat konten-konten bermutu tinggi dan mempromosikannya dengan bantuan tautan balik. Kemudian, cobalah berkonsultasi dengan digital marketing agency dan Jasa SEO tepercaya, seperti ToffeeDev.

Semoga Anda bisa menemukan inspirasi setelah membaca pembahasan di atas. Punya sumber informasi tambahan? Kami ingin mendengar opini Anda melalui kolom komentar di bawah!

Share This Article

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Step bye step SEO

Related Post

WhatsApp chat