7 Tips Andalan Agar Bisnis Anda Bisa Sukses Dengan SEO

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Share This Article

Di era digital ini, internet tidak hanya digunakan untuk kegiatan pribadi, melainkan juga kepentingan bisnis. Banyak pebisnis lokal memanfaatkan internet untuk memasarkan produknya. Dengan teknik Search Engine Optimization (SEO), Anda bisa memperkenalkan bisnis sekaligus mendorong popularitasnya melalui website. 

SEO merupakan elemen rumit dan metodis, tetapi sangat penting untuk perkembangan bisnis. SEO memudahkan website ditemukan di halaman situs penelusuran, meningkatkan kredibilitas, membangun kesadaran merek, dan memperbesar peluang terjadinya konversi. Mengingat persaingan bisnis yang begitu ketat, Anda bisa memulainya dengan memanfaatkan Local SEO. 

Pengertian Local Search Engine Optimization 

Secara sederhana, local SEO merupakan metode optimasi situs bisnis untuk pencarian lokal menggunakan keyword wilayah geografis. Contohnya, kos pasutri di Cilacap atau kafe di Karanganyar. Dengan menerapkan SEO lokal, bisnis Anda akan muncul di map pack atau listing organik. Hal ini memungkinkan Anda meraih lebih banyak angka kunjungan dan memperbesar peluang mendapatkan calon konsumen potensial. 

Dibandingkan pemasaran konvensional, teknik pemasaran SEO lokal lebih efektif dan memungkinkan Anda mengatur saluran distribusi berdasarkan target market. Penggunaan SEO lokal untuk optimasi website dipilih agar pekerjaan atau layanan fokus ke satu tempat lebih dulu sebelum menyebar ke lokasi lain. Pengerjaan SEO juga makin mudah lantaran tingkat persaingannya rendah. 

Selain itu, SEO lokal juga memudahkan Anda mengetahui perkembangan trafik dan leads. Dengan anggaran yang relatif terjangkau, Anda memiliki peluang besar untuk menempatkan bisnis di halaman hasil penelusuran Google. Artinya, Anda selangkah lebih maju untuk meraih kesuksesan yang diidamkan. 

Baca Juga: 4 Cara Mengembangkan Bisnis Lokal dengan SEO

Tips Mengoptimalkan SEO Untuk Bisnis Lokal 

Tertarik untuk mengoptimalkan lokal SEO? Berikut tips yang dapat Anda coba. 

1. Daftar Google My Business

Google My Business (GMB) merupakan layanan yang ditujukkan bagi pemilik usaha agar bisnisnya dapat ditemukan di local map listings hasil mesin pencari. Untuk mendaftar, Anda hanya perlu mengunjungi halaman Google My Business kemudian klik Start Now. Nantinya, Anda akan diarahkan ke halaman Google Maps untuk mencari lokasi usaha. 

Jika sudah ada, maka Anda hanya perlu melakukan verifikasi bahwa usaha tersebut milik Anda. Apabila usaha tidak ditemukan, pilih “None of these match, Add your business”. Lengkapi informasi yang dibutuhkan, mulai dari nama bisnis, alamat bisnis, nomor telepon, jadwal operasional, dan gambar pendukung. Google akan melakukan verifikasi untuk memastikan data tersebut telah sesuai dengan mengirimkan pin rahasia yang akan dikirim ke alamat Anda. Dengan pin rahasia tersebut, Anda bisa mengklaim bisnis.  

Lakukan optimasi Google My Business dengan memiliki logo atau gambar menarik yang mampu menarik audiens mengunjungi website Anda. Anda juga diperbolehkan menambahkan gambar lain untuk memudahkan audiens mengenali bisnis dan produk yang ditawarkan. Untuk mengoptimasi SEO, tambahkan target keyword ke dalam nama gambar. Pilih kategori sesuai bisnis Anda. 

Pastikan seluruh informasi bisnis sudah lengkap dan mencapai 100%. Mengingat format penulisan memengaruhi strategi lokal SEO, catat format penulisan informasi bisnis dan pastikan bahwa seluruh format yang digunakan konsisten.

 Jasa SEO

2. Keyword Untuk Lokal SEO

Supaya bisnis Anda muncul di halaman utama mesin telusur, gunakan keyword yang tepat. Mulailah dengan melakukan riset kata kunci. Anda bisa menggunakan tools, seperti Google Keyword Planner (GKP) atau Google Trends untuk memudahkan pencarian kata kunci populer yang sering dicari.  Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui seberapa banyak pengguna lain mencari kata kunci yang relevan dengan usaha Anda. 

Cara lain yang dapat Anda gunakan adalah menargetkan kata kunci lokal. Teknik sederhana ini sangat mudah diterapkan. Anda hanya perlu menambahkan lokasi bisnis di belakang keyword utama. Meskipun volume pencarian lebih rendah, kata kunci lokal sering digunakan oleh audiens potensial sehingga peluang konversi lebih tinggi.

3. Buat Konten

Untuk menarik audiens, buatlah konten bersifat lokal, seperti menulis artikel mengenai tempat nongkrong di daerah tersebut, aktivitas masyarakat sekitar, acara lokal tahunan, atau video yang dapat mendukung bisnis Anda. Gunakan halaman website yang berbeda untuk setiap lokasi. Dengan membuat konten lokal, Anda bisa meraih peringkat tinggi di setiap lokasi. 

Baca Juga: 4 Tips untuk Local SEO yang Perlu Diketahui Setiap Bisnis

4. Optimasi SEO On-Page

Cara selanjutnya agar bisnis lokal makin dikenal luas adalah mengoptimasi SEO on-page. Pastikan bahwa website atau landing page Anda sudah terindeks Google. Jika Anda memiliki bisnis yang sama di lokasi berbeda, maka lakukan optimasi URL supaya pencarian lebih optimal. 

Hal lain yang tak kalah penting adalah menambahkan kata kunci ke dalam judul, isi konten, heading, URL, dan meta deskripsi. Apabila Anda kesulitan memahami bagaimana cara agar konten muncul di halaman telusur, jangan ragu menggunakan jasa pakar SEO profesional. Dengan bantuan ahli, optimasi SEO untuk bisnis lokal akan lebih optimal. Bisnis Anda pun makin dikenal dan maju sesuai yang diharapkan. 

5. Link Building

Link building atau lebih dikenal dengan sebutan backlink merupakan faktor penting dalam memajukan bisnis. Dengan link building, Anda bisa mendapatkan link dari website atau industri lokal lain yang masih relevan dengan bisnis Anda. Meskipun tampak sepele, kegiatan bertukar link dapat meningkatkan kepercayaan Google terhadap website Anda. 

Selain itu, link building juga membuka peluang baru untuk menjalin kerja sama menguntungkan dengan pemilik bisnis atau industri lain, meningkatkan merek bisnis, menarik lebih banyak calon konsumen, dan meningkatkan nilai SEO. Untuk mendapatkan authority tinggi, pastikan link berasal dari website yang relevan dengan situs Anda, memiliki authority tinggi, mengandung kata kunci dengan tema sama, dan menempatkan link di bagian isi serta atas halaman. 

6. Ulasan Pelanggan

Tahukah Anda bahwa sebagian besar orang menjadikan ulasan pelanggan sebagai pertimbangan sebelum berbelanja? Membangun ulasan tidak hanya memperluas jangkauan bisnis, melainkan juga membuat calon konsumen mengetahui produk dan keunggulan yang ditawarkan. Ulasan yang positif juga lebih cepat menarik atensi calon konsumen potensial. Makin banyak ulasan positif, makin tinggi peluang meraih konversi. 

Untuk mendapatkan ulasan yang baik, tingkatkan kualitas pelayanan bisnis Anda. Mintalah pembeli untuk meninggalkan ulasan setelah transaksi berlangsung dengan mengirim pesan pengingat, email, atau WhatsApp. Pastikan pula untuk menanggapi ulasan secara profesional dengan cara mengucapkan terima kasih dan menerima keluhan serta memberikan solusi peningkatan produk ataupun pelayanan. 

7. Analisis Pesaing

Menganalisis pesaing bisa membantu Anda menyusun strategi lokal SEO paling tepat. Dengan analisis, Anda akan menemukan siapa saja pesaing bisnis dengan kata kunci yang sama, melihat link building dan citation kompetitor, serta mengecek jumlah ulasan yang diperlukan untuk meningkatkan peringkat di halaman mesin telusur. Beberapa hal yang harus diperhatikan adalah page authority, domain authority, dan link yang pesaing Anda dapatkan. Hal ini akan membantu Anda mengetahui trafik dan popularitas bisnis pesaing. 

Demikianlah sejumlah tips yang bisa diterapkan untuk mengoptimalkan SEO. Apabila dirasa sulit, jangan ragu untuk menghubungi master SEO. Dijamin, bisnis lokal Anda akan meningkat pesat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Comments

Related Post