Bagaimana Iklan Yang Baik? Ini 6 Ciri-Cirinya!

bagaimana iklan yang baik

Iklan merupakan salah satu bentuk pesan promosi barang atau jasa yang disampaikan melalui media tertentu. Pesan promosi ini memiliki peran penting dalam membangun citra serta meningkatkan penjualan bisnis Anda. Mengetahui bagaimana iklan yang baik tentunya dapat membantu Anda menentukan strategi yang sesuai.

Dalam dunia bisnis sendiri, iklan telah menjadi salah satu fokus utama. Mayoritas perusahaan menempatkan iklan sebagai pilar penting untuk kesuksesan bisnis, sehingga memerlukan tim khusus yaitu marketing atau pemasaran. 

Tim ini yang berperan dalam mengelola bagaimana penyusunan iklan yang baik, persuasif dan bermanfaat baik untuk perusahaan maupun konsumen. Yuk simak informasi lebih lengkapnya di bawah ini.

6 Ciri-Ciri Iklan Yang Baik

Ciri-Ciri Iklan Yang Baik

Iklan merupakan pesan yang akan dikonsumsi oleh publik, maka pembuatannya pun harus totalitas. Sebuah iklan yang baik haruslah mampu menyampaikan informasi yang benar dan bermanfaat, tetapi tetap memprioritaskan ajakan bertransaksi. Anda perlu untuk mengetahui 5 ciri-ciri iklan yang baik di bawah ini sebagai dasar penyusunan strategi periklanan bisnis.

1. Informatif

Ciri pertama dari sebuah iklan yang baik memiliki makna yang informatif. Iklan haruslah berisi informasi yang tepat sesuai dengan apa yang dibutuhkan konsumen. Informasi tersebut dapat bersifat mendetail seperti apa saja komposisi dari sebuah produk, bagaimana sistem layanan jasa yang disediakan, apa manfaat yang didapatkan konsumen dan lain sebagainya. 

Sifat alamiah iklan adalah menyampaikan informasi, sehingga barang atau jasa perusahaan dapat dikenal oleh konsumen dan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan mereka.

Baca Juga: Langkah-langkah Membuat Iklan Digital yang Baik

2. Komunikatif

Komunikatif dalam iklan maksudnya adalah menggunakan cara penyampaian yang tepat. Pebisnis harus memiliki identitas yang membuat mereka dekat dengan konsumen dan memberikan kesan pendekatan yang positif. 

Misalnya adalah sebuah slogan dalam iklan, “Kami hadir untuk atasi kecemasan Anda” akan terkesan lebih komunikatif dibanding dengan “Gunakan Brand X sekarang juga dan nikmati hidup tanpa kecemasan”.

Banner - Ads General

3. Mudah Dipahami

Penggunaan bahasa dalam sebuah iklan menjadi hal yang perlu untuk diperhatikan. Sebuah iklan yang baik akan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Jadi, ketika seseorang dengan golongan apa pun membaca iklan Anda, maka pesannya tetap akan tersampaikan dengan baik. 

Misalnya dengan menghindari penggunaan kata-kata medis yang kurang dipahami orang awam, kemudian bahasa asing yang perlu penerjemahan dan lain sebagainya.

4. Pengemasan Menarik

Tidak hanya bagian isi atau pesan yang ingin disampaikan, pengemasan iklan juga penting untuk diperhatikan. Visualisasi iklan yang monoton atau membosankan pastinya dapat memengaruhi minat konsumen untuk menyimaknya. Baik itu iklan media cetak atau media digital, jika dikemas dengan cara unik dan menarik akan tentu lebih berpotensi untuk meningkatkan minat konsumen.

5. Persuasif

Iklan sendiri berfungsi sebagai pesan promosi bisnis, maka sebuah iklan yang baik haruslah mengandung kalimat persuasif. Ini akan menjadi poin penting untuk meningkatkan transaksi bisnis terhadap produk atau jasa yang Anda jual. 

Beberapa kalimat persuasif yang dapat digunakan adalah, “Merasa ragu dengan kondisi mental Anda? Yuk hubungi Brand X sekarang juga, segera dapatkan bantuan terbaik untuk diri Anda”. Jadi, kalimat persuasif ini akan mengarahkan konsumen untuk menggunakan barang atau jasa yang Anda tawarkan.

6. Memikat Berdasarkan Fakta

Iklan harus menarik, memikat, dan persuasif dalam sifatnya. Iklan yang efektif dapat menarik perhatian audiens sehingga mereka termotivasi untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk. Pesan yang disampaikan dalam iklan haruslah terfokus dan objektif pada produk atau perusahaan yang dipromosikan.

Baca Juga: Beberapa Contoh Teks Iklan yang Efektif untuk Mempromosikan Produk

8 Unsur-Unsur Penting Dalam Iklan

Unsur-Unsur Penting Dalam Iklan
Young startups business meeting to discuss the situation on the marketing in the meeting room. Business teamwork meeting concept.

Ketika menyusun sebuah iklan, Anda perlu memperhatikan beberapa unsur untuk membuat iklan menjadi efektif dan efisien, selain fokus pada gambar serta nama produknya. Berikut ini merupakan 7 unsur-unsur penting lainnya dalam iklan yang perlu Anda ketahui.

1. Pentingnya Nama dan Gambar Produk dalam Periklanan

Nama produk merupakan elemen pertama yang sangat penting dalam proses periklanan. Ini karena pada tahap awal, calon konsumen pertama kali melihat nama produk tersebut. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menciptakan nama produk yang kreatif dan menarik.

Hanya menampilkan nama produk tanpa adanya gambar visual dalam sebuah iklan akan terasa biasa dan kurang menarik. Oleh karena itu, penting untuk menyertakan gambar visual agar iklan terlihat lebih menarik dan dapat menarik perhatian konsumen.

Maka dari itu, mencantumkan nama produk dan gambar produk dalam iklan sangatlah penting. Kedua elemen ini harus disertakan sebagai identitas dari merek produk yang sedang dipromosikan.

2. Menampilkan Keunggulan

Hal pertama yang penting untuk diperhatikan dalam iklan adalah menampilkan keunggulan guna menarik perhatian. Sebuah iklan haruslah memberikan kesan atau nilai jual yang baik, yaitu keunggulan dibandingkan kompetitornya. Keunggulan barang atau jasa bisnis yang Anda tampilkan dalam sebuah iklan dapat mengundang atensi konsumen untuk mengetahui informasi dan melakukan transaksi pada bisnis yang diiklankan.

Baca Juga: Apa Saja Karakteristik yang Harus Dimiliki Sebuah Iklan? 

3. Menggunakan Kalimat Deskriptif

Salah satu ciri iklan yang baik adalah bersifat informatif atau memberikan informasi detail mengenai barang atau jasa yang ditawarkan. Untuk itu, Anda perlu menggunakan kalimat deskriptif untuk memperjelas informasi tersebut. Penggunaan kalimat deskriptif ini akan lebih mudah dipahami oleh konsumen dan informasi produk pun terserap dengan baik.

4. Kalimat Persuasif

Unsur terpenting untuk mengarahkan konsumen terhadap barang atau jasa yang Anda tawarkan adalah kalimat persuasif. Sebuah iklan harus menggunakan kalimat ajakan, hal ini untuk menegaskan fungsinya dalam meningkatkan atensi konsumen pada barang atau jasa bisnis Anda. Beberapa pebisnis biasanya membentuk slogan khusus sebagai nilai persuasif mereka terhadap konsumen, misalnya “Brand X, seleraku”.

Banner - Ebook Ads

5. Menciptakan Citra Positif

Sebuah iklan adalah cerminan dari bisnis Anda sendiri, menjadi identitas yang diingat oleh konsumen. Untuk itu, unsur penting dalam iklan yang terakhir adalah menciptakan citra yang positif. Anda harus menyusun visualisasi maupun isi dari iklan yang menunjukkan citra positif dari barang atau jasa yang ditawarkan. Anda tentunya tidak ingin iklan yang harusnya menghasilkan keuntungan justru berbalik memberikan kerugian karena menciptakan citra negatif pada konsumen.

6. Menumbuhkan Minat

Iklan yang dipasang harus disesuaikan dengan minat atau ketertarikan dari calon konsumen yang dituju. Dengan demikian, calon konsumen akan merasa penasaran dengan produk yang ditawarkan dan tergugah untuk membelinya.

7. Membangun Keinginan

Setelah berhasil menumbuhkan ketertarikan sehingga calon konsumen menjadi berminat, munculah keinginan dari calon konsumen untuk mengetahui lebih lanjut tentang produkmu, bahkan hingga melakukan pembelian.

8. Menambahkan Informasi Kontak

Tuliskanlah data kontak yang lengkap, termasuk nomor telepon, akun media sosial, serta alamat toko pada iklan Anda. Dengan memasukkan informasi kontak ini, maka akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap toko Anda. Ketika calon konsumen tertarik untuk membeli produk yang Anda promosikan, dengan menyertakan informasi kontak, mereka juga akan mengetahui cara untuk menghubungi Anda.

3 Tujuan Iklan

Tujuan Iklan

Setelah mengetahui ciri-ciri dan unsur penting dalam sebuah iklan, lalu apa fungsinya? Bagaimana peran penting iklan dalam pengembangan bisnis Anda? Yuk simak 3 tujuan iklan yang perlu Anda perhatikan di bawah ini.

1. Memasarkan Produk/Layanan Jasa

Tujuan pertama dari sebuah iklan adalah memasarkan produk atau layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan bisnis. Sebagai pesan promosi, iklan memiliki tujuan untuk menyebarluaskan keberadaan produk atau layanan jasa kepada target pasar perusahaan. Jadi, produk atau jasa Anda tidak hanya dikenal secara mulut ke mulut tetapi mampu hingga ke ranah global sekalipun.

2. Menghasilkan Penjualan

Lalu, bagaimana jika produk atau layanan jasa telah dipasarkan? Tujuan selanjutnya dari sebuah iklan adalah menghasilkan penjualan. Ketika konsumen dapat mengakses produk atau layanan jasa secara mudah, maka potensi terjadinya transaksi penjualan pun akan semakin tinggi. Anda dapat meraup keuntungan bisnis secara maksimal, apabila iklan juga bekerja secara optimal dengan pengaruh besar terhadap konsumen.

Baca Juga: Inilah Cara Membuat Iklan Yang Menarik

3. Membangun Brand Awareness

Tujuan iklan yang terakhir adalah membangun brand awareness. Bagaimana maksudnya? Brand awareness merupakan kesadaran konsumen terhadap produk atau layanan jasa Anda yang beredar di pasar. Semakin masif iklan yang Anda distribusikan, maka potensi produk menjadi semakin terkenal pun akan tinggi. Nah, popularitas produk atau layanan jasa ini menjadi penting untuk Anda mendapatkan keuntungan bisnis yang melimpah.

Banner - Lead Gen Ads

Itulah tadi informasi mengenai bagaimana iklan yang baik beserta ciri-ciri, unsur penting serta tujuannya. Mengingat pentingnya peran iklan dalam pengembangan bisnis Anda, maka perlu strategi dan langkah yang tepat untuk mengoptimalkan penggunaannya. Iklan dapat menjadi wajah atau identitas bisnis Anda, maka pastikan kualitas terbaik sesuai dengan citra positif yang ingin dibangun.

Anda dapat menggunakan berbagai jasa periklanan yang dikelola oleh para ahli sehingga menyajikan hasil yang memuaskan. Salah satu jenis iklan yang populer saat ini adalah Google Ads, teknik marketing yang memanfaatkan Google sebagai search engine paling banyak digunakan. 

Jasa Google Ads dapat membantu Anda untuk optimalisasi iklan untuk membantu bisnis dan perusahaan semakin berkembang. Yuk hubungi Toffeedev sekarang juga, konsultasikan kebutuhan periklanan Anda bersama kami.

Share this post :

Capai Target Pasar Bisnis Anda!

Dapatkan Konsultasi Gratis bersama ToffeeDev!

Scroll to Top